iklan

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Dan Bukti-Buktinya

ada beberapa teori dan juga pendapat yang menyatakan kapan bergotong-royong efek kebudayaan  Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia dan Bukti-Buktinya

Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia

ada beberapa teori dan juga pendapat yang menyatakan kapan bergotong-royong efek kebudayaan dan agama Islam mulai masuk di nusantara. Pendapat-pendapat tersebut bukan hanya diidasarkan pada bukti-bukti yang telah ditemukan, namun juga dikuatkan oleh adanya catatan-catatan sejarah yang dibentuk oleh bangsa lain di masa lalu.

1.Masuknya Islam semenjak Abad ke-7 Masehi

Sebagian andal sejarah menyebut jikalau sejarah masuknya Islam ke Indonesia sudah dimulai semenjak kala ke 7 Masehi. Pendapat ini diidasarkan pada info yang diperoleh dari para pedagang Arab. Dari info tersebut, dikeetahui bahwa para pedagang Arab ternyata telah menjaalin hubungan dagang dengan Indonesia pada masa perkembangan Keraajaan Sriwijaya pada kala ke 7.

2.Masuknya Islam semenjak Abad ke-11 Masehi

Sebagian andal sejarah lainnya beropini bahwa sejarah maasuknya Islam ke Indonesia dimulai pada kala ke 11 Masehi. Pendapat ini diidasarkan pada bukti adaanya sebuah kerikil nisan Fatimah binti Maimun yang berada di bersahabat Gresik Jawa Timur. Batu nisan ini berangka tahun 1082 Masehi.

3.Masuknya Islam semenjak Abad ke-13 Masehi

Di samping kedua pendapat di atas, beberapa andal lain justru meyakini apabila sejarah masuknya Islam ke Indonesia gres dimulai pada kala ke 13 Masehi. Pendapat ini didasarkan pada beberapa bukti yang leebih kuat, di antaranya dikaitkan dengan masa runtuhnya Dinasti Abassiah di Baghdad (1258), info dari Marocopolo (1292), info dari Ibnu Battuta (1345) dan kerikil nisan kubur Sultan Malik as Saleh di Samudra Pasai (1297), Pendapat tersebut juga diperkuat dengan masa penyebaran fatwa taasawuf di Indonesia.

Sejarah Penyebaran Islam di Indonesia

Pada masa kedatangan agama Islam, penyebarran agama Islam dilakukan oleh para pedagang Arab dibantu oleh para pedagang Persia dan India. Abad ke 7 Masehi yaitu awal kedatangan agama Islam. Pada masa ini, gres sebagiian kecil penduduk yang bersedia menganutnya alasannya yaitu masih berada dalam kekuaasaan raja-raja Hindu-Budha. Sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan proses penyebarannya berlaangsung dalam waktu yang usang yaitu dari kala ke 7 hingga kala ke 13 Masehi. Selama masa itu, para pedagang dari Arab, Gujarat, dan Persiia makin intensif membuatkan Islam di tempat yang mereka kunjung terutama di tempat sentra perdagangan. Di samping itu, para pedagaang Indonesia yang sudah masuk Islam dan para Mubaligh Indonesia juga ikut berperan dalam penyebaran Islam di aneka macam wiilayah Indonesia. Akibatnya, efek Islam di Indonesia makin bertambah luas di kalangan masyarakat terutama di tempat pantai. Pada tamat kala ke 12 Masehi, kekuaasaan politik dan ekonomi Kerajaan Sriwijaya mulai merosot. Seiring dengan kemunduran efek Sriwijaya, para pedagang Islam juga para mubalighnya kian ulet melaksanakan tugas politik. Misalnya, ketika mendukung tempat pantai yang ingin melepaskan diri dari kekuasaan Sriwiijaya. Menjelang berakhirnya kala ke 13 sekitar tahun 1285 bangun kerajaan bercorak Islam berjulukan Samudra Pasai.

demikianlah artikel dari ayoksinau.com mengenai Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia dan Bukti-Buktinya, biar sanggup menambah wawasan anda semuanya.

baca juga artikel menarik dibawah ini;


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Dan Bukti-Buktinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel