iklan

Rumus Energi Potensial

Rumus energi potensial- Masih membahas bahan Fisika. Konsep perihal Energi memang tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi di zaman sekarang, kita dituntut menemukan sumber altenatif energi baru. Dalam konsep Fisika juga dibahas konsep Energi. Apa sih bahwasanya energi itu? Bagaimana energi diciptakan? Bisakah energi dimusnahkan? Apa saja jenis energi itu? Nah untuk mengetahui semua pertanyaan tersebut, ada baiknya kita membahas apa itu energi itu. Baiklah kali ini pak guru akan membahas perihal energy, khususnya jenis energi potensial.
 Konsep perihal Energi memang tidak akan pernah ada habisnya Rumus energi potensial

Energi yaitu suatu tenaga yang tersimpan atau ada dan tidak sanggup diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya sanggup diubah ke bentuk energi lainya. Hal ini yang nantinya juga memunculkan konsep Hukum Kekekalan Energi.


Energi Potensial yaitu energi yang tersimpan dalam benda atau objek alasannya yaitu suatu posisi atau ketinggian objek tersebut terhadap contoh tertentu, biasanya ketinggian tertentu terhadap permukaan tanah (jadi energi potensial di permukaan tanah dianggap nol). Semakin jauh posisi benda tersebut terhadap permukaan bumi/ tanah, maka energi potensialnya semakin tinggi, begitu pula sebaliknya.
Energi potensial bergantung pada massa benda (m), ketinggian terhadap permukaan bumi (h). energi potensial merupakan besaran skalar. Sehingga rumusan energi potensial sanggup dirumuskan sebagai berikut:
Ep=m.g.h
Dengan Ep= energi potensial (joule/ J)
              m= massa benda (kg)
              g= percepatan gravitasi (m/s2)     
              h= ketinggian (m)

Konsep energi potensial, energi kinetik nantinya akan mengakibatkan konsep energi mekanik. Contoh energi potensial yaitu energi yang ada pada buah yang menggantung di pohon, air dalam bendungan, bola yang dilempar ke atas, benda di atas meja dan masih banyak lainnya.

Bagaimana? Praktis dipahami bukan? Itulah rumus Energi Potensial. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan bahan Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumus Energi Potensial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel