iklan

Peranan Tik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-hari - Peranan teknologi info komunikasi dalam bidang sosial Indonesia merupakan negara kepulauan yang penduduknya terbesar dan hidup di pedesaan. Menurut data yang dikeluarkan oleh majalah the economist, 38 juta penduduk Indonesia berada dalam garis kemiskinan dan 70 persen di antaranya hidup di kawasan pedesaan. sedangkan sisanya berada di kawasan perkotaan. 

Dari sudut pandang ICT4PR information and communication technology for property reduction, kemiskinan di kawasan pedesaan disebabkan oleh beberapa hal: pendidikan yang rendah, tingkat kualitas kesehatan yang rendah, ekonomi yang lemah, kepemilikan alat-alat produktif yang terbatas, penguasaan teknologi yang kurang dan rendahnya keterampilan masyarakat.

 Peranan teknologi info komunikasi dalam bidang sosial Indonesia merupakan negara kep Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari-hari
TIK

Untuk menanggulangi kemiskinan di pedesaan pemerintah melalui Bapenas dan berhubungan dengan UNDP menciptakan sebuah jadwal yang disebut dengan ICTR4PR teknologi info dan komunikasi untuk mengurangi kemiskinan.

Baca juga:
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Berbagai Profesi dalam bidang Teknologi

UNDP melalui programnya ICTR4PR teknologi info dan komunikasi atau disebut juga telenter di 6 provinsi Indonesia yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Papua sebagai proyek percontohan telecenter yang dibangun di desa-desa yang dipilih menjadi sarana komunikasi dan sumber info untuk masyarakat setempat.

Telecenter tersebut memperlihatkan beberapa manfaat bagi masyarakat antara lain sebagai berikut :
a. Sebagai sumber info dan sarana berguru bagi masyarakat, masyarakat sanggup mendapat info wacana perkembangan kawasan lain dan berguru untuk membuatkan potensi kawasan sendiri.

b. Sebagai sarana melihat pasar yang lebih luas dari produk setempat masyarakat sanggup melihat kebutuhan-kebutuhan kawasan lain dan kemungkinan memasarkan produk lain kawasan mereka ke kawasan lain.

c. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat.
d. Meningkatkan info kesehatan membuatkan perdagangan melalui e-commerce.

Masyarakat yang menjalankan proyek ini tersebut mencicipi manfaat dari presenter yang dibangun di desa mereka, berapa masyarakat sukses manfaatkan telecenter untuk mendapat info dan berhasil membangun perjuangan bisnis. 

Telecenter berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, meski dianggap sukses namun masih ada beberapa hambatan yang dihadapi, sehingga belum mendapat hasil yang maksimal salah satu tantangan dari jadwal ini yaitu menyediakan sumber-sumber pembelajaran bagi masyarakat dan info yang relevan Sehingga kebutuhan masyarakat sanggup dipenuhi.

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Peranan Tik Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel