iklan

Pengertian Galaksi Dan Macam-Macam Galaksi

Pak guru akan menjelaskan pengertian galaksi dan macam-macam galaksi yang ada di sekitar galaksi kita yaitu galaksi bima sakti. Pengertian galaksi ialah sekumpulan bintang yang membentuk sistem dengan salah satu bintang yang paling besar sebagai sentra galaksi sedangkan bintang yang lainnya akan mengitari bintang besar tersebut.
Pak guru akan menjelaskan pengertian galaksi dan macam Pengertian galaksi dan macam-macam galaksi
Seperti pada galaksi bima sakti yang kita tempati kini ini matahari sebagai sentra tata surya galaksi kita. sedangkan planet-planet lain ibarat mars, saturnus, jupiter dan lainnya mengelilingi matahari lantaran gaya tarik atau gaya gravitasi matahari yang begitu besar. Di luar sana masih banyak bintang yang mempunyai ukuran lebih besar dari matahari. Berapa jumlah bintang yang ada di suatu galaksi? Jumlahnya ialah miliaran. Subhanalloh, betapa luasnya langit ini. Padahal gres langit pertama. Bagaimana dengan langit yang kedua?
Pada galaksi kita yaitu bima sakti atau dalam bahasa Inggrisnya ialah Milky Way mempunyai 400 miliar bintang. Bagaimana cara ilmuwan melihat galaksi? Caranya ialah dengan memakai teleskop. Teleskop yang paling canggih ketika ini ialah teleskop Huble.
Macam-macam galaksi
Di alam semesta ini berbagai galaksi. Namun hanya beberapa yang telah teridentifikasi oleh ilmuwan astromoni. Apa saja macam-macam galaksi tersebut?
1. Galaksi bima sakti.
Galaksi yang kita huni kini ini ditemukan pada tahun 1783 oleh astronom yang berasal dari Inggris yang berjulukan Hershel. Galaksi kita mempunyai kurang lebih 400 miliar bintang. Pusatnya ialah matahari dan planet atau bintang-bintang yang lainnya mengitari matahari.
2. Galaksi andromeda
Galaksi andromeda merupakan galaksi yang besar. Diameter andromeda dua kali dari diameter galaksi bimasakti. Galaksi ini gampang diamati dengan teleskop lantaran bentuknya yang besar. Jarak galaksi bima sakti ke galaksi andromeda ialah 2,5 juta tahun cahaya.
3. Galaksi magelan
Galaksi magelan merupakan gayaksi yang terdekat dengan bima sakti. Jaraknya dari bima sakti ialah 150.000 tahun cahaya. Bentuk dari galaksi magelan tidak beraturan.
4. Galaksi black eye atau galaksi mata hitam
Galaksi ini pertama kali ditemukan oleh Charles Messier astronom dari Prancis. Charles menamakan galaksi black eye lantaran bentuk galaksi ini terlihat ibarat dengan mata manusia. Sifat galaksi ini asing lantaran mempunyi cinci kabut dan warnanya gelap. Jarak galaksi black eye dengan galaksi bima sakti sangat jauh yaitu kurang lebih 17 juta tahun cahaya.
5. Galaksi ursa mayor
Galaksi ini mempunyai jarak yang jauh juga dengan kita. jaraknya ialah 10 juta tahun cahaya. Bentuk dari galaksi ursa mayor ialah rapat dan elips (lonjong).
6. Galaksi jauh.
Galaksi jauh dengan galaksi ursa mayor mempunyai jarak yang sama dengan galaksi bima sakti yaitu 10 juta tahun cahaya. Galaksi jauh terdiri dari beberapa galaksi. Baru ada tiga galaksi yang dinamai yaitu Whipool, Triangulum, dan Silvery.
Demikian pembahasan pengertian galaksi dan macam-macam galaksi. Setelah kita mengetahui betapa banyak galaksi yang ada di alam semesta ini ternyata bumi ini sangat kecil. Besarnya tidak ada apa-apanya dengan matahari maupun bintang-bintang di galaksi lain. Apalagi dengan insan yang ada di bumi ini sangat kecil. Oleh alasannya ialah itu kita tidak boles sombong lantaran insan itu tidak mempunyai apa-apa. Hayo... siapa yang mempunyai ilmu yang lebih dapat membagikannya kepada teman yang lain dan dihentikan sombong. Yang berhak sombong ialah Tuhan pencipta alam semesta.

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Galaksi Dan Macam-Macam Galaksi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel