iklan

Pengertian Besaran Vektor Dan Rujukan Besaran Vektor

Pengertian besaran vektor dan pola besaran vektor-Hai hai, masih membahas wacana besaran. Kali ini pak guru akan membahas lebih mendalam wacana BESARAN VEKTOR. Sekilas pembahasan terdahulu bahwa Besaran dalam fisika ada dua macam yakni besaran pokok dan besaran turunan. Nah dari besaran turunan tersebut nanti akan terdapat besaran yang berupa besaran vekor dan besaran skalar. 

Besaran vektor ialah besaran dalam fisika yang mempunyai besar (magnitude) dan arah (direction). Kaprikornus dalam mengungkapkan besaran ini tidak cukup hanya besarnya saja, tetapi perlu menyebutkan arahnya kemana, alasannya ialah arah berbeda dengan besar yang sama akan ebrbeda akhirnya jikalau sudah masuk dalam perhitungan Sebagian besar besaran dalam fisika merupakan besaran vektor. Sehingga dalam fisika juga nanti akan dikenal dengan operasi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) vektor dan skalar.
Dalam perhitungan beberapa masalah dan fenomena dalam fisika, perlu dipahami konsep vektor ini atau biasanya nanti akan dibahas lebih lanjut dalam analisis vektor.

Contoh besaran vektor ini ialah Gaya (Force), kecepatan (velocity), torsi (torque), perpindahan (displacement), momentum, percepatan, luasan, besar lengan berkuasa medan magnet (H), besar lengan berkuasa medan listrik (E), dll. Contoh kasusnya sebagai berikut:
Seseorang bergerak ke arah timur sejauh 3 km, lalu berbelok ke arah utara sejauh 4 km, maka perpindahan orang tersebut ialah 5 km ke arah timur laut. Setuju? Mari kita buktikan!
 
Nah terang bukan akalu besaran vektor itu harus dengan disertai arah?
Itulah pembahasan wacana besaran vektor dan contohnya, biar tidak keliru ya dalam memahami fenomena dan kasus-kasus dalam fisika :). Fisika itu asyik ya :). Terus mampir ke blog ini ya,,, untuk berguru fisika lebih medalam. Fisika is excellent!!!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Besaran Vektor Dan Rujukan Besaran Vektor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel