iklan

Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh”

Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh”

Pantun Nasehat merupakan sebuah pantun yang isinya berupa petuah Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh”

Pantun Nasehat merupakan sebuah pantun yang isinya berupa petuah-petuah bijak yang sifatnya membangun dan memberi motivasi positif terhadap yang membacanya maupun yang mendengarnya. Pantun ini dipakai untuk memberikan berupa pesan-pesan budbahasa dalam kehidupan manusia.

Seperti yang Anda ketahui bahwa di dalam kehidupan ini tentu berjalan dengan aneka macam liku kehidupan yang terkadang menciptakan seseorang jatuh membutuhkan sebuah spiritual mental untuk sanggup bangun kembali menghadapi kenyataan hidup ini. Pelajaran-pelajaran yang keras terkadang seseorang sulit mendapatkan masukan yang panjang dan berbelit-belit.

Nasehat yang disajikan dalam sebuah Pantun akan terdengar lebih mudah dan mempunyai unsur seni sehingga akan terdengar asyik dan tidak membosankan dalam mendengarkannya. Penyampaian butir-butir kata dalam pantun ini semuanya berisi usulan kebaikan untuk saling mengingatkan dalam hal positif yang bernilai luhur. berikut yaitu beberapa pola Pantun Nasehat yang sering Anda dengar.

Beberapa Pantun Nasehat Paling Bijak

Berakit-rakit Dahulu, Berenang-renang Ke Tepian, Bersakit-sakit Dahulu, Baru Kemudian Bersenang-senang

Arti dari pantun di atas ini sungguh menarik untuk dibahas alasannya yaitu memilki pesan yang begitu bijak dan mendalam. Layaknya sebuah pantun pada umumnya pada bait pertama dan bait kedua tidaklah memilki arti tetapi hanya pembuka kata saja yang harus memenuhi syarat dan mekanisme yang berlaku ibarat jumlah suku kata tiap bait terdiri dari delapan hingga dua belas suku kata.

Prosedur ini sudah dipakai dalam pembuatan pantun ini kemudian pada bait kedua dank ke empat barulah masuk pada inti nasehat yang disampaikan yaitu Bersakit-sakit Dahulu, Baru Kemudian Bersenang-senang. Arti dari bait ketiga dan ke empat isinya yaitu berupa nasehat kehidupan bahwa dalam hidup haruslah ada usaha untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Segala sesuatu tidak ada yang terjadi dengan instan tanpa sebuah proses yang harus ditempuh dalam mewujudkannya ibarat suatu prestasi, kesuksesan kerja maupun keinginan-keinginan lainnya. Seseorang yang memilki segudang prestasi pastilah melalui sebuah proses yang panjang dan keras dalam usaha belajarnya.

Sama halnya dikala seseorang memilki sasaran kehidupan yang mapan atau berkecukupan mustahil semua itu diraih tanpa kerja keras dan berpangku tangan saja. Tentunya seseorang akan melaksanakan segala cara dengan segenap kemampuannya biar meraih keinginan yang diimpikan.

Kalau Ada Sumur Di Ladang Bolehlah Kita Menumpang Mandi, Kalau Ada Umurku Panjang Bolehlah Kita Berjumpa Lagi

Anda niscaya sering mendengar pantun ini yang berarti memberikan bahwa setiap pertemuan niscaya ada perpisahan dan pantun ini biasanya dipakai dikala seseorang hendak berpisah dengan temannya alasannya yaitu kepentingan suatu hal. Pantun Nasehat ini dimaksudkan biar seseorang saling berfikir positif dikala mengalami sebuah perpisahan baik dengan sahabat maupun rekan kerja bahkan sang kekasih.

Sekian ulasan yang membahas tentang Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh” semoga ulasan dari ayoksinau.com bisa bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya :


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pantun Nasehat Paling Bijak “Paling Ampuh”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel