iklan

Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak Sd Dan Pemula

Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula–Bagaimana cara memperkanalkan perangkat komputer kepada anak-anak, khususnya anak usia sekolah dasar (SD)? Bagaimana pula cara memperkenalkan perangkat komputer kepada orang-orang yang gres mencar ilmu komputer (pemula)? Apakah ada teknik dan cara khusus cara memperkenalkan perangkat komputer ketika pertamakali hendak mengajar mata pelajaran komputer kepada bawah umur dan pemula tersebut?


Admin blog www.modulkomputer.com akan menjawab beberapa pertanyaan diatas, dengan kapasitas admin ketika ini sebagai tenaga pengajar mata pelajaran Produktif di salah satu Sekolah Menengah kejuruan swasta di kabupaten Bogor. Dan pernah mengajar mata pelajaran TIK/Komputer selama kurang lebih 8 tahun di salah satu SD Swasta Terpadu di kota yang sama.


Bagaimana cara mengenalkan perangkat Komputer kepada anak usia sekolah dasar?


Point penting dari tanggapan ini adalah, yang akan kita asuh atau yang diberi tahu yakni anak-anak, fokusnya anak usia sekolah dasar (SD). Makara ada caranya, tidak sama ketika yang diajar yakni orang dewasa.


Anak usia sekolah dasar itu:



  1. Senang bermain

  2. Senang bergerak kesana kemari

  3. Senang melaksanakan sesuatunya secara langsung

  4. Senang bergerombol, berkelompok


Nah setidaknya 4 hal diatas menjadi kunci utama ketika hendak mengajar TIK anak SD. Itu general yah, baik mengajar mata pelajaran umum, maupun mengajar mata pelajaran komputer. 4 point itu wajib diketahui guru / pelatih yang hendak mengenalkan perangkat komputer kepada anak usia SD. Ingat, wajib ya.


Mengenalkan perangkat keras komputer (Hardware)


Sebelum ke materi aplikasi komputer yang terlebih dahulu dikenalkan kepada bawah umur yakni perangkat keras komputer (hardware). Kenapa?


Karena hardware ini yang akan mereka gunakan untuk mencar ilmu aplikasi komputer. Kalau cara memakai perangkat kerasnya belum tau bagaimana mereka dapat lanjut mencar ilmu aplikasi. Misalnya untuk mengetik niscaya memakai keyboard, untuk memindahkan kursor memakai mouse, untuk melihat hasil ketikan memakai monitor. Dan untuk memakai komputer juga harus tau dulu cara menghidupkan komputer. Dimana menghidupkannya, ya melalui tombol power. Tombol power ada dimana? ya ada di casing CPU.


Makanya mengenalkan hardware ini penting, terutama kaitannya dengan keselamatan bawah umur waktu mencar ilmu komputer nanti. Jangan hingga alasannya yakni kurang pengetahuan yang diberikan oleh guru, bawah umur jadi ceroboh sehingga berakibat cepat rusaknya perangkat komputer. Lebih fatal lagi alasannya yakni ketidaktahuan anak soal hardware, ada anak yang kesetrum. Nah, ini pentingnya mengenalkan perangkat komputer terlebih dahulu.


Hardware yang diperkenalkan lebih dahulu, yang sering bawah umur lihat waktu mencar ilmu komputer.


a. Monitor


Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula


Monitor merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk menampilkan data. Data tersebut dapat berupa gambar, video, atau teks.


Cara mengenalkan monitornya bagaimana?


Kalau didalam lab, atau ada hardwarenya. Tinggal ditunjuk saja dan eksklusif dijelaskan bahwa benda yang ditunjuk itu yakni Monitor, kegunaannya untuk menampilkan data, spesifiknya menyerupai yang sudah dijelaskan diatas.


Dan ingat, di rumah bawah umur mungkin sudah ada yang punya komputer atau laptop. Tentu type dan jenis monitornya beda-beda. Ini juga harus dijelaskan macam-macam monitor itu apa saja. Kalau di sekolah / kawasan mencar ilmu cuma ada satu jenis monitor, guru/instruktur dapat menampilkan visualnya baik melalui proyektor maupun melalui gambar peraga yang berisi macam-macam jenis monitor.


Bagian-bagian monitor juga harus dijelaskan, kenapa?


Karena jangan hingga sehabis remaja di satuan pendidikan yang lebih tinggi bawah umur belum tau bagaimana mematikan monitor, mengatur kecerahan cahaya, dan pengaturan standar lainnya yang ada pada tombol-tombol monitor.


b. Keyboard


Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula


Perangkat keras komputer berikutnya yang harus dikenalkan kepada bawah umur yakni Keyboard. Fungsi secara sederhana keyboard untuk memasukan data atau perintah ke komputer.


Jangan lupa dijelaskan pula beberapa fungsi tombol keyboard yang sering digunakan.


Tombol keyboard yang sering digunakan, dan harus lebih dahulu dikenalkan:



  1. Tombol Enter

  2. Tombol Space

  3. Tombol Caps Lock

  4. Tombol Delete

  5. Tombol Backspace

  6. Tombol Tabl

  7. Tombol Shift

  8. Tombol untuk mengetikan angka

  9. Tombol-tombol untuk mengetikan huruf


Perlu tidak mengenalkan jenis-jenis keyboard kepada anak-anak?


Ada banyak jenis keyboard, tetapi yang umum ditemukan dan sering dipakai cuma ada satu jenis keyboard, yaitu jenis QWERTY. Makara berdasarkan admin, tidak perlu mengenalkan jenis-jenis keyboard kepada anak-anak. Berbeda dengan jenis monitor yang berbeda-beda, untuk keyboard di Indonesia umumnya memakai yang QWERTY tersebut.


Baca: Panduan cara mengetik 10 jari bagi bawah umur dan pemula


c. Mouse


Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula


Mouse komputer merupakan perangkat keras yang fungsinya untuk menggerakan kursor yang tampil di layar monitor. Selain menggerakan kursor, mouse juga dipakai untuk menekan tombol-tombol perintah pada aplikasi komputer.


Mouse juga banyak jenisnya, ada yang memakai kabel, ada yang tidak, atau biasa disebut mouse wireless. Nah jikalau yang menyerupai ini perlu diperkenalkan kepada anak-anak. Karena bawah umur niscaya sering melihat ada mouse yang dapat digerak-gerakan tapi tidak ada kabelnya, yang menyerupai itu yakni mouse wireless.


d. CPU


Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak SD dan Pemula


CPU atau central processor unit bekerjsama tidak terlihat eksklusif oleh bawah umur alasannya yakni berada didalam casing. Tetapi ini perlu diluruskan, kadang anak beranggapan benda yang bentuknya kotak yang terbuat dari kaleng yang ada sambungan kabel ke monitor , keyboard, dan mouse itu yakni CPU. Padahal itu casing, yang didalam casing itu gres berisi CPU.


Jelaskan saja menyerupai itu, dengan bahasa yang sederhana, tidak perlu akademis menyerupai menjelaskan kepada anak kuliahan. Sesederhana mungkin supaya bawah umur paham dan tidak harus mikir lagi ketika mendengar klarifikasi gurunya.


Yang wajib dijelaskan, bukan fungsi perangkac CPU nya. Tapi tombol-tombol yang ada dalam casing kawasan CPU tersebut.


Tombol-tombol yang harus dikenalkan beserta fungsinya:



  1. Tombol power untuk menyalakan komputer

  2. Tombol restart

  3. Tempat CD/DVD

  4. Socket USB

  5. Socket audio / video


Materi pendukung bahasan ini: Cara Mematikan Komputer Yang Benar Bagi Pemula


Yang bab belakang casing perlu dikasih tau tidak kepada anak-anak?


Dibelakang casing kawasan socket mouse, keyboard, kabel VGA ke moniotr, socket USB, socket audio/video, dan socket kabel power yang menghubungkan powersupply dengan sumber arus listrik. Ini perlu dikenalkan kepada anak-anak, supaya bawah umur tidak menyentuh bab ini, alasannya yakni berbahaya terutama menyentuh bagian-bagian yang bekerjasama dengan arus listrik. Menjelaskan bagian-bagia ini semata-mata untuk mejaga keselamatan bawah umur pada ketika mencar ilmu komputer.


Materi mengenalkan perangkat keras komputer dapat dilihat pada materi pelajaran komputer untuk siswa kelas 3 sekolah dasar, lihat detil modulnya diini!


Itulah beberapa perangkat keras yang harus diperkenalkan kepada bawah umur ketika mereka akan mencar ilmu menggunakan, mengoperasikan perangkat komputer. Materi ini penting untuk materi pengetahuan bawah umur terhadap bentuk dan fungsi dari perangkat-perangkat keras yang sering mereka lihat setiap hari. Disamping pokok yang utama mengenalkan perangkat komputer kepada bawah umur ini tak lain untuk menjaga keselamatan ketika mencar ilmu komputer baik di lab sekolah maupun dirumah atau di forum kawasan mencar ilmu komputer lainnya.


Info untuk guru mata pelajaran komputer:

DAPATKAN MODUL BELAJAR KOMPUTER LENGKAP KELAS 1-6 SD UNTUK MEMUDAHKAN MENGAJAR MATA PELAJARAN TIK/KOMPUTER TINGKAT SD, DISINI!



Sumber https://modulkomputer.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Panduan Memperkenalkan Perangkat Komputer Kepada Anak Sd Dan Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel