iklan

Macam Macam Gaya Fisika

Apa saja macam-macam gaya fisika atau jenis-jenis gaya ditinjau dari fisika? Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melaksanakan gaya. Pengertian gaya yakni dorongan atau tarikan yang dikerjakan pada benda. Saat kau melihat seseorang menarik gerobak atau mendorong gerobak siomay merupakan acara melaksanakan gaya.
 Pengertian gaya yakni dorongan atau tarikan yang dikerjakan pada benda Macam macam gaya fisika
mendorong gerobak termasuk gaya sentuh tipe gaya otot
Gaya pada fisika dibagi menjadi dua macam yaitu gaya sentuh dan gaya tidak sentuh. Gaya sentuh adalah gaya yang dikerjakan pada benda secara langsung. Artinya kita mengerjakan gaya melalui sentuhan. Contohnya kita menarik atau mendorong kursi. Kita secara pribadi menyentuh bangku tersebut.
Gaya tidak sentuh adalah gaya yang tidak secara pribadi dikerjakan pada benda. Contohnya ketika kau meletakkan magnet di atas jarum pentul. Maka jarum akan tertari atau mengikuti arah magnet digerakkan.
Macam-macam gaya sentuh:
1. Gaya otot.
Gaya otot yakni gaya yang dikerjakan pada benda yang berasal dari binatang atau manusia. Contohnya yakni kuda yang menarik kereta, ketika kita mendorong motor.
2. Gaya gesek.
Gaya gesek yakni gaya yang diakibatkan oleh benda yang bersentuhan dengan benda lain atau permukaan benda lain. Contohnya yakni meja di dorong ke arah kanan. Gaya geseknya akan ke arah kiri.
3. Gaya pegas
Gaya pegas yakni gaya yang terjadi pada pegas yang mengalami tarikan atau dorongan. Contohnya yakni ketika kita menarik busur panah, karet yang ditarik.
Macam-macam gaya tidak sentuh:
1. Gaya magnet
Gaya magnet yakni gaya yang ditimbulkan dari magnet menarik benda logam. Contohnya magnet menarik besi.
2. Gaya gravitasi
Gaya gravitasi yakni gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik bumi. Arah gaya gravitasi selalu ke bawah. Contohnya buah rambutan, mannga, kelapa selalu jatuh ke bahwa. Kita juga selalu ke bawah jikalau jatuh.
3. Gaya coulomb
Gaya coulomb yakni gaya yang diakibatkan oleh dua buah muatan listrik atau lebih yang mempunyai jarak tertentu. Contohnya muatan negatif berdekatan dengan muata positif. Maka akan mengakibatkan gaya listrik atau gaya coulomb.

Demikianlah klarifikasi macam-macam gaya pada fisika yang terdiri dari gaya sentuh dan tidak sentuh. Peristiwa yang kita alami sehari-hari selalu berkaitan dengan fisika.

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam Macam Gaya Fisika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel