iklan

Cara Seting Smtp Untuk Dua Email Di Thunderbird

Dua hari yang kemudian saya tidak sanggup mendapatkan email dari domain .co.id sampai karenanya saya menghubungi Divisi IT daerah saya bekerja. Setelah ditanyakan ternyata dikala itu sedang dilakukan proses perpanjangan domain dari kantor saya bekerja. Setelah menunggu beberapa dikala karenanya Divisi IT menyatakan bahwa email sudah sanggup dipergunakan. Namun saya diberi warta bahwa untuk seting POP atau IMAP dan SMTP berubah yang sebelumnya .co.id menjadi .com
Perubahan tersebut menyebabkan pertanyaan mengapa seting harus berubah, sedangkan pihak perusahaan hanya melaksanakan perpanjangan kontraknya. Berhubung dikala itu saya sedang memerlukan email yang dikirimkan kepada saya, maka sayapun eksklusif merubah seting server dengan panduan yang telah diberikan oleh divisi IT berupa seting manual mail client.

Program email yang saya gunakan ialah thunderbird, alasannya ialah aktivitas ini berdasarkan saya sanggup dipakai untuk dua gmail dengan seting server yang sama. Akhirnya sayapun melaksanakan perubahan pada bab incoming server dan outgoing server pada seting akun di thunderbird, dan karenanya saya sanggup mendapatkan email. Namun disaat saya akan membalas email tersebut, saya diminta untuk mengisi password. Tetapi sehabis saya mengisi password, email tidak sanggup terkirim alasannya ialah tetap meminta password sampai karenanya muncul notifikasi "sending of message failed".

Setelah saya menghubungi pihak divisi IT, saya menerima tanggapan untuk menunggu alasannya ialah sedang menciptakan ticketing sebagai salah satu syarat disaat mengajukan keluhan. Karena ketidaksabaran saya karenanya saya masuk ke web penyedia hosting tersebut dan menghubungi customer sevice, sampai karenanya saya diminta untuk melaksanakan perubahan seting server dari mulai seting port 465 menjadi 587 dan connection security dari SSL/TLS menjadi STARTTLS. Namun langkah diatas tidak sanggup menuntaskan masalah.

Setting Account email pada bab Outgoing Server (SMTP) Thunderbird

1. Menghapus seting gmail sebelumnya
2. Pilih sajian Add..
3. Pada Menu SMTP Server : masukan server name dengan smtp.googlemail.com
4. Rubah Connection Security dengan memakai SSL/TLS yang akan merubah Port menjadi 465
5. Pilih Authentication method dengan OAuth2. Pada langkah ini anda diminta untuk mengisi password dari gmail dan memverifikasinya untuk dipakai di thunderbird.
6. Isi Username dengan alamat gmail.
7. Pilih sajian OK
8. Masih pada seting SMTP pilih sajian Set Default pada seting SMTP gmail tersebut semoga menjadi Default.
Setelah saya selesai menjalankan delapan langkah tersebut karenanya email sanggup terkirim.

Dari insiden ini karenanya saya mempunyai kesimpulan bahwa kalau kita memakai beberapa email pada thunderbird dan seting outgoing server (SMTP) ialah sama dalam hal seting port, dan connection security maka kita sanggup memakai salah satu seting server tersebut. Mungkin seting ini sanggup saja berbeda kalau anda mempunyai dua email yang berbeda. Seperti kalau anda mempunyai email yang yahoo dan gmail yang akan disimpan di seting thunderbird, sebaiknya anda memakai dua seting yang berbeda yaitu gunakan seting pop untuk email yahoo dan IMAP untuk gmail. Dengan cara ini kemungkinan besar anda akan berhasil untuk memakai dua email tersebut dalam aktivitas thunderbird.

Namun kalau tidak berhasil dalam pengertian alamat pengirim ialah sesuai dengan seting user dari outgoing server, maka anda harus melaksanakan seting email gres pada thunderbird anda. Misalkan pada klarifikasi di atas anda memakai domain lain, maka sehabis berhasil melaksanakan seting outgoing server terhadap domain tersebut, maka anda harus melaksanakan seting pada akun lainnya (misalkan gmail) semoga mendapatkan konfigurasi yang tepat. Semoga pengalaman saya ini sanggup membantu bagi anda yang mengalami hal yang sama.
Sumber http://berbagi73.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Seting Smtp Untuk Dua Email Di Thunderbird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel