Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja
Pernahkah Anda iri akan prestasi, barang yang dimiliki, atau hal tertentu yang dimiliki rekan kerja Anda? Jika ya, itu yakni hal biasa yang umum terjadi pada sejumlah karyawan.
Akan tetapi, rasa iri tersebut jangan hingga menciptakan Anda berperilaku negatif, contohnya membenci rekan Anda tersebut.
Mengapa? Karena Anda akan tidak nyaman bekerja atau bahkan dapat terdemotivasi.
Agar rasa iri tersebut tidak berdampak negatif kepada Anda, berikut 7 cara mengatasinya.
1. Beri ucapan selamat pada prestasi rekan kerja
Cara pertama yakni dengan memberi ucapan selamat secara nrimo pada prestasi rekan kerja Anda. Apa pun prestasinya, ucapan selamat dari Anda akan mencairkan suasana kompetisi di antara Anda berdua.
Selain itu, Anda juga akan memperlihatkan getaran nyata sehingga pertemanan Anda dengan beliau tersebut semakin erat.
Ucapan selamat itu bisa saja ibarat di bawah ini:
- “Selamat ya, semoga prestasi Anda tersebut memperlihatkan motivasi pemanis bagi saya untuk bekerja lebih baik”
- “Luar biasa Bro/Sis. Selamat ya…”
- “Good job my friend… Anda memang layak sanggup bintang”
Di sisi lain, jikalau Anda membenci prestasi rekan kerja Anda alasannya yakni takut tersaingi, Anda akan diliputi perasaan negatif sehingga pikiran atau suasana hati Anda juga negatif.
Misalnya sedih, kecewa, marah, sensitif, tidak percaya diri, atau rendah diri.
2. Fokus pada kemampuan diri sendiri
Cara kedua yakni dengan fokus kepada kemampuan diri sendiri. Dengan demikian, Anda akan mencurahkan energi dan waktu Anda untuk menuntaskan semua tugas-tugas Anda, bukan memikirkan prestasi rekan kerja Anda.
Ingat, setiap orang yang berprestasi alasannya yakni kemampuannya dalam bekerja.
Oleh karenanya, jikalau Anda fokus pada kemampuan Anda, Anda juga akan berprestasi ibarat rekan kerja Anda yang berprestasi tersebut.
3. Tingkatkan pembelajaran
Cara berikutnya yakni dengan meningkatkan pembelajaran terhadap aspek soft skills dan hard skills Anda.
Soft skills yakni hal-hal yang berkaitan dengan Emotional Intelligence Quotient (EQ) antara lain paradigma, optimisme, sopan santun, kebiasaan, administrasi emosi, dan sikap kerja Anda.
Sementara itu, hard skills meliputi keterampilan-keterampilan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan Anda.
Dengan meningkatkan pembelajaran, Anda akan memilki keterampilan-keterampilan gres yang sanggup meningkatkan produktivitas kerja Anda sehingga Anda tidak iri lagi kepada rekan kerja Anda.
4. Fokus pada pekerjaan Anda
Daripada iri kepada prestasi orang lain, lebih baik Anda fokus kepada pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda.
Oleh karenanya, energi dan waktu Anda akan bernilai sehingga hari-hari kerja Anda menyenangkan.
Selain itu, fokus ini akan membantu Anda berprestasi juga di departemen atau unit kawasan Anda bekerja.
5. Jauhi lingkungan yang memberi pikiran negatif
Jauhi juga rekan-rekan kerja yang biasa mempunyai sifat iri terhadap orang lain. Mengapa?
Karena kalau Anda bergabung dengan mereka, perasaan Anda akan semakin negatif (memancarkan aura negatif).
Bagaimana kalau seorang rekan kerja Anda memancing Anda untuk membicarakan rekan kerja Anda yang berprestasi dari sisi negatifnya?
Yang perlu Anda lakukan yakni menolak secara halus pancingan tersebut. Ini bisa berupa Anda meminta tidak diganggu alasannya yakni Anda sedang menuntaskan pekerjaan Anda.
Selain itu, hapus juga pesan dan atau surat elektronik (email) negatif ihwal rekan kerja yang berprestasi. Kalau perlu, jangan dibaca email-email tersebut alasannya yakni memang tidak ada gunanya bagi Anda.
6. Bangun kerja sama
Hubungi rekan kerja yang berprestasi untuk membangun pertemanan yang langgeng. Bentuk pertemanan ini bisa berupa kolaborasi dalam sebuah proyek baru atau yang sedang berlangsung.
Dengan bekerja sama dengan orang berprestasi tersebut, Anda akan ketularan ritme kerja yang aman sehingga Anda sanggup berubah menjadi lebih baik.
Patut diingat, supaya korelasi atau pertemanan ini hakiki, terapkan aturan memberi sebelum menerima. Tawarkan atau beri dukungan menurut kemampuan Anda kepada orang tersebut terlebih dahulu.
7. Bersyukur
Bersyukur yakni cara lain dalam mengatasi rasa iri pada rekan kerja. Dengan kata lain, Anda mensyukuri segala yang Anda punyai selama ini, tanpa perlu membandingkan dengan rekan kerja Anda.
Selain itu, rasa syukur ini akan membawa Anda ke suasana hati yang nyata (nyaman) sehingga Anda akan terus bersemangat menuntaskan semua kiprah atau pekerjaan Anda.
Penutup
Iri pada rekan kerja, baik dari sisi bahan atau prestasi, harus segera disingkirkan secepatnya alasannya yakni akan berdampak negatif kepada kinerja Anda.
Untuk tujuan tersebut, cobalah terapkan satu atau beberapa cara di atas sehingga menjadi kebiasaan baik yang membantu Anda menjadi seorang karyawan yang lebih sukses. (Sumber gambar: corinnepw)
Sumber https://www.duniakaryawan.com
0 Response to "Cara Mengatasi Rasa Iri Pada Rekan Kerja"
Posting Komentar