iklan

Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun

gambar panduan cara menanam ubi kayu image Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun
gambar panduan cara menanam ubi kayu

Ubi kayu, atau kerap disebut juga sebagai ketela pohon, merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian yang mengandung sumber karbohidrat tinggi sehingga termasuk dalam salah satu makanan pokok di Indonesia sesudah beras dan Jagung. Cara menanam ubi kayu biasanya dilakukan dengan cara perkembangan vegetatif jenis stek batang.


Umumnya budidaya umbi kayu yang banyak dilakukan oleh para petani, tergolong sebagai aktivitas sampingan perjuangan tani. Cara menanam ubi kayu dilakukan sebagai selingan untuk menanami sawah mereka pada ketika isu terkini kemarau, dimana kalau isu terkini penghujan sawah tersebut akan ditanami padi oleh para petani.


Dalam taksonomi dunia biologi, pembagian terstruktur mengenai umbi kayu termasuk dalam Genus Manihot, dengan nama latin Manihot utilisima. Sedangkan family dari umbi kayu termasuk keluarga Euphorbiaceae, termasuk dalam Ordo Euphorbiales, Kelasnya yaitu kelas Dicotyle, Sub divisi dari Angiospermae, dan divisi Spermathophita, dan masuk dalam Kerajaan Plantae atau tumbuhan.


Panduan Cara Menanam Ubi Kayu


Untuk mengetahui lebih lanjut wacana cara menanam ubi kayu, terlebih dahulu Anda pahami syarat pertumbuhan dari ubi kayu tersebut :



  • Curah hujan antara 1.000 sampai 2.500 mm/th

  • Suhu terendah bagi ubi kayu yaitu 10 derajat celcius

  • Kelembaban udara dari lahan untuk menanam ubi kayu antara 60% – 65%

  • Membutuhkan sinar matahari sepanjang hari

  • Jenis tanah yang dianjurkan yaitu jenis grumosol, andosol, serta alluvial latosol.

  • Lahan kaya akan unsur hara yang dibutuhkan tanaman

  • PH ideal cara menanam ubi kayu yaitu 5 sampai 6 .


Setelah Anda memilih lokasi lahan yang sesuai dengan kriteria diatas, maka langkah berikutnya cara menanam ubi kayu  adalah sebagai berikut :


1. Bibit

Cara menanam ubi kayu yang baik diawali dengan mendapat bibit ubi kayu yang baik pula supaya hasil yang didapatkan sesuai dengan impian Anda. Beberapa ciri-ciri bibit ubi kayu yang ideal yaitu :



  • Ubi kayu berasal dari induk yang cukup bau tanah ( 1 tahun )

  • Pertumbuhan ubi kayu sehat dan seragam

  • Batang ubi kayu telah berkayu, lurus, dengan diameter 2 sampai 3 cm

  • Belum terdapat pertumbuhan tunas baru

  • Bibit ubi kayu berupa stek batang


gambar panduan cara menanam ubi kayu image Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun
gambar bibit memalui stek

2.  Penataan Lahan

Persiapan lahan harus dilakukan diawal. Mengingat cara menanam ubi kayu memerlukan media tanam yang baik. Hal yang perlu Anda ketahui juga adalah penentuan jadwal kapan akan mulai mengarap lahan, sebaiknya dimulai diawal isu terkini penghujan.


Langkah persiapan lahan :



  • Bersihkan lahan dari gulma dan tumbuhan liar yang mengganggu

  • Cangkul atau bajaklah lahan supaya menjadi gembur, lalu diamkan selama kurang lebih 1 ahad supaya racun tanah hilang terbawa angin.

  • Berikan pupuk sangkar yang sudah matang untuk menambah kandungan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

  • Cara menanam ubi kayu selanjutnya yaitu dengan menciptakan bedengan dengan panjang diubahsuaikan dengan kondisi lahan, lebar kurang lebih 100 cm, tinggi 30cm, serta diberikan jarak antar bedengan yang juga berfungsi sebagai drainase dengan jarak kurang lebih 50cm.


3. Proses Cara Menanam Ubi Kayu

Cara menanam ubi kayu yang baik, terutama kalau jenis lahan Anda yaitu jenis lahan kering atau tegalan, maka sebaiknya awal masa tanam dimulai pada awal isu terkini penghujan supaya bibit yang gres ditanam mendapat pasokan air hujan yang cukup disamping tentu saja dibantu dengan penyiraman secara berkala.


gambar panduan cara menanam ubi kayu image Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun
gambar cara menanam ubi kayu

Setelah bibit tersedia, cara menanam ubi kayu yaitu dengan cara meruncingkan batang stek ubi kayu, lalu pribadi ditancapkan kedalam bedengan sedalam sepertiga dari batang bibit stek ubi kayu tersebut. Jarak antar batang stek yang ditanam yaitu kurang lebih 20 – 30 cm tergantung luas bedengan yang Anda buat.


4. Pemeliharaan

Tahap selanjutnya wacana cara menanam ubi kayu yang baik sesudah masa tanam yaitu memelihara kelanjutan dari bibit tersebut supaya tumbuh tepat dan sanggup dipanen sesuai dengan harapan.


Gantilah bibit ubi kayu yang tidak tumbuh tepat dengan bibit yang gres supaya pertumbuhan ubi kayu di lahan Anda sanggup tumbuh seragam. Cara menanam ubi kayu selanjutnya yaitu dengan membersihkan gulma dan tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan dari tumbuhan ubi kayu. Kedua tahap penyulaman dan penyiangan tersebut sanggup dilakukan pada ketika bersamaan.


Cara menanam ubi kayu juga penting untuk dilakukan pemangkasan pada tumbuhan yang berlebihan perkembangan tunasnya. Sebaiknya setiap tumbuhan ubi kayu hanya bercabang 2 sampai 3 cabang saja. Pangkaslah cabang yang tumbuh berlebihan pada tumbuhan ubi kayu Anda.


Pemupukan susulan juga penting dilakukan dalam cara menanam ubi kayu yang benar supaya kandungan unsur hara di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tumbuhan ubi kayu sanggup terjaga ketersediannya. Lakukan juga penyiraman secara rutin terutama kalau menghadapi isu terkini kemarau, penyiraman sanggup dilakukan setiap pagi hari.


5. Panen Ubi Kayu


Tahap terahir dari cara menanam ubi kayu yaitu masa panen dimana biasanya pada varietas ubi kayu konvensional sanggup dipanen pada usia tanam 10 sampai 12 bulan. Pemanenan dilakukan dengan cara mencabut seluruh umbi yang ada di dalam tanah, serta gunakan garpu tanah untuk umbi yang kerap tertinggal didalam tanah.


Demikian tadi ulasan singkat yang membahas wacana cara menanam ubi kayu yang benar, semoga sanggup menambah pengetahuan Anda.  Selamat Berkebun !!!




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel