iklan

Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati Gambir

Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati Gambir Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati GambirBisnis menguntungkan dengan modal kecil berikut ini sangat cocok untuk dikembangkan di pedesaan. Bisnis agro memang selalu mempunyai potensi yang tidak ada redupnya. Meski teknologi semakin modern, faktanya undangan terhadap produk agro tak mengambarkan tanda akan surut. Malah seiring perkembangan  teknologi tersebut, bisnis agro mengalami peningkatan undangan yang signifikan. Sangat menarik, alasannya pada umumnya bisnis agro cenderung membutuhkan modal kecil.


Itulah alasan kami mencoba menemukan wangsit bisnis menguntungkan dengan modal kecil dalam bidang agro. Dan bisnis agro pilihan kami kali ini, yakni bisnis budidaya tanaman melati gambir ternyata sangat menarik untuk kita ulas lebih dalam sebagai salah satu wujud bisnis menguntungkan dengan modal kecil.


Pada masa kemudian kebanyakan orang mengenal tanaman melati sekedar sebagai tanaman hias dengan aroma yang harum semerbak. Namun belakangan musim dan teknologi industri produk konsumsi meningkatkan undangan bunga melati gambir hingga bunga melati ini sangat layak untuk Anda kembangkan sebagai perjuangan budidaya yang profesional.


Sebenarnya semenjak dulu, bunga melati gambir memang kerap dimanfaatkan secara tradisional sebagai penambah aroma pada banyak sekali sajian termasuk teh dan juga kerap dimanfaatkan sebagai materi baku pewangi dan parfum. Melati gambir memang berbeda dengan jenis melati hias pada umumnya, kelopaknya cenderung lebih tipis sehingga tidak cocok menjadi rangkaian bunga hias, tetapi melati gambir mempunyai aroma yang jauh lebih berpengaruh dari melati varietas lain.


Baca juga: Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan


Dari sinilah kemudian sekarang berkembang undangan cukup besar terhadap bunga melati gambir segar untuk industri pembuatan minuman teh baik itu teh serbuk hingga minuman teh kemasan botol. Permintaan bunga melati gambir dari industri kimia produsen perawatan rumah tangga hingga produsen parfum kelas premium juga berkembang sangat pesat.


Tingginya undangan bunga melati gambir diakui oleh salah seorang pelaku budidaya tanaman bunga melati gambir dari daerah Garut, berjulukan Irman Suratman. Dengan lokasi di perbukitan dengan suhu udara yang relatif rendah memang mengakibatkan lokasi ini sangat cocok untuk budidaya tanaman bunga melati gambir. Irman pun tak ragu untuk mengembangkan bisnis menguntungkan dengan modal kecil dengan budidaya bunga melati gambir.


Menurutnya bunga melati gambir itu sangat menguntungkan, dengan memanfaatkan lahan miliknya seluas 1,5 hektar sebagai perkebunan bunga melati gambir, sekarang dalam satu bulan perjuangan Irman sanggup memproduksi melati gambir hingga 4 kwintal. Sementara harga perkilo bunga melati gambir segar mencapai 20 ribuan yang artinya setidaknya perjuangan ini sanggup menghasilkan omset bulanan sekitar 8 juta perbulan.


Selama ini Irman menjual melati gambirnya pada salah satu produsen minuman teh di kota Garut. Menurutnya undangan melati gambir dari produsen teh tersebut sendiri sanggup mencapai belasan ton tiap bulan. Dan untuk memenuhi kebutuhan ini produsen teh ini hingga menarik suplai bunga melati gambir dari banyak sekali kota di kisaran Jawa Barat.


Kisah lain tiba dari pelaku perjuangan pertanian asal daerah perbukitan Tegal berjulukan Sunaryo yang juga menggeluti bisnis melati gambir di samping bisnis perkebunan teh yang dijalankannya. Lokasi berdekatan dengan pusat industri pembuatan teh memudahkannya mendapat permintaan. Dalam 1 bulan, dia mengaku sanggup menghasilkan omset hingga 7 – 10 jutaan hanya dari penjualan melati gambir.


Malah rencananya dia ingin menambah lagi kapasitas produksinya alasannya mengincar pasar dari produsen parfum yang juga banyak muncul di pusat pertanian melati di kotanya. Konon berdasarkan Sunaryo undangan melati gambir sendiri juga cukup tinggi di pasar manca, hanya saja memang tidak semarak pamor dari produk pertanian lain.


Yang menarik mengenai bisnis menguntungkan dengan modal kecil ini, ialah modal awalnya yang relatif kecil. Menurut salah satu pengusaha bibit melati gambir asal Bogor berjulukan Alex Amsory, harga bibit tanaman bunga melati gambir relatif murah, apalagi bila undangan tiba dalam partai besar. Harga eceran untuk ukuran  30 cm sekitar Rp 3.500 saja, sedang harga grosirnya sanggup mencapai Rp 2.500 untuk 1000 bibit.


Baca juga: 8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan


Masih berdasarkan Alex Amsory, bisnis bibit melati gambir juga sama menguntungkannya dengan bisnis budidaya partai besar sebagaimana yang dikembangkan di Pamengpek. Karena menurutnya tanaman melati gambir sangat gampang untuk dikembang biakan, cukup dengan teknik stek dan sudah sanggup menghasilkan cukup banyak bibit. Dalam satu bulan setidaknya Alex sanggup menghasilkan sekitar 4000 bibit melati gambir siap tanam.


Siapa yang sangka tanaman yang selama ini banyak dikenal sebagai tanaman hias pewangi pekarangan rumah, ternyata mendapat cukup banyak perhatian di pasar. Dan sanggup bermetamorfosis satu wangsit bisnis menguntungkan dengan modal kecil.


sumber gambar: antarafoto.com



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati Gambir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel