iklan

3 Langkah Gampang Cara Menanam Pepaya California

gambar hasil panen pepaya california image 3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California
gambar hasil panen pepaya california

Pepaya yaitu salah satu buah yang banyak terdapat di aneka macam daerah di belahan dunia. Karena tumbuhan pepaya sanggup tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, tidak peduli di lahan kering maupun basah, serta dengan iklim sub tropis maupun tropis tumbuhan pepaya sanggup tumbuh dengan baik.


Salah satu jenis pepaya yang banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu varietas pepaya california. Cara menanam pepaya california sesungguhnya hampir sama dengan menanam pepaya varietas lainnya.


Keunggulan dari jenis pepaya ini yaitu mempunyai hasil panen yang banyak, dan lebih tahan terhadap hama penyakit. Tentunya yang menciptakan para petani lebih menentukan budidaya pepaya california dibandingkan jenis pepaya yang lain. Anda ingin mencoba budidaya california, berikut klarifikasi umum perihal jenis pepaya california.


Tanaman pepaya pada awalnya berasal dari dataran Amerika latin menyerupai Costa Rika dan Meksiko, sedangkan varietas pepaya california pada mulanya dibudidayakan di wilayah negara kepingan Amerika Serikat, yang beriklim tropis yaitu tepatnya di wilayah California. Itulah sebabnya varietas ini disebut jenis pepaya california.


Pengetahuan Dasar Cara Menanam Pepaya California


Cara menanam pepaya california akan jauh lebih maksimal kalau Anda menentukan daerah yang kondisi hembusan angin di lingkungan sekitar tidak terlalu kencang, hal itu dimaksudkan biar proses penyerbukan bunga sanggup berjalan lancar.  Kedua hal yang harus Anda perhatikan yaitu cara menanam pepaya california juga sebaiknya berada dalam lahan yang mempunyai curah hujan sedang yaitu kisaran 1.000 hingga 2.000 mm/th.


Sedangkan suhu udara yang sempurna untuk cara menanam pepaya california yaitu 22 hingga 27 derajat celcius, dengan persentase kelembaban tanah kurang lebih 40%, serta mempunyai kandungan asam netral, yaitu antara PH 6 hingga 7. Jika tanah terlalu asam, PH kurang dari 5, maka perlu dilakukan pengapuran terlebih dahulu dengan dolomit biar PH tanah menjadi netral.


Cara menanam pepaya california juga perlu untuk menentukan lahan yang bertekstur gembur serta mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi dimana di dalam tanah tersebut terkandung aneka macam macam unsur hara yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tumbuhan pepaya california tersebut.


Ketersediaan air tanah juga harus diperhatikan untuk cara menanam pepaya california, jangan hingga tumbuhan pepaya mengalami kekurangan pasokan air sehingga sanggup menimbulkan pertumbuhan tumbuhan menjadi kurus kemudian mati. Namun demikian, air yang terlalu banyak hingga menggenang pun tidak dianjurkan dalam cara menanam pepaya california. Sebab genangan air sanggup menimbulkan tumbuhnya jamur yang sanggup merugikan tumbuhan pepaya.


Cara menanam pepaya california juga sanggup Anda lakukan sendiri dirumah, dengan memanfaatkan halaman depan rumah, maupun halaman depan rumah Anda. Inilah 3 langkah gampang cara menanam pepaya california yaitu sebagai berikut :


3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California



  1. Pembibitan


Langkah pertama cara menanam pepaya california yaitu menentukan bibit pepaya california unggul yang sudah terbukti kualitas pertumbuhan serta hasil panennya yang melimpah. Atau sanggup juga dengan cara pembibitan pribadi dari biji buah pepaya california untuk kemudian disemai terlebih dahulu sebelum ditanam.


gambar hasil panen pepaya california image 3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California
gambar cara menanam pepaya california – pembibitan tepat

gambar hasil panen pepaya california image 3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California
gambar cara menanam pepaya california – pembibitan siap tanam

Untuk Anda yang hendak menanam pepaya di halaman rumah, akan lebih baik kalau bibit pepaya yang dipakai yaitu dengan cara membeli bibit siap tanam yang banyak dijual oleh para petani pepaya california di sekitar Anda. Hal ini akan lebih memastikan bahwa bibit pepaya tersebut benar-benar bibit pepaya terbaik, serta Anda tidak perlu repot melaksanakan tahap persemaian dalam cara menanam pepaya california.



  1. Media Tanam


Setelah bibit siap tanam sudah Anda dapatkan, cara menanam pepaya california selanjutnya yaitu mengolah tanah yang akan Anda gunakan untuk menanam bibit pepaya tersebut. Sebaiknya gemburkan lahan terlebih dahulu, disusul dengan santunan pupuk sangkar secukupnya kemudian diamkan tanah yang telah dicangkul tersebut selama 1 ahad biar racun tanah terbawa angin.


Setelah 1 ahad tanah yang telah dicampur dengan pupuk sangkar tersebut didiamkan, masukkan bibit pepaya California kedalam lubang tanam, kemudian tutup kembali dengan tanah yang sebelumnya telah dicampur dengan bubuk serta pupuk sangkar dengan takaran 1 : 1 : 1.



  1. Pemeliharaan


Meskipun Anda tidak menanam pepaya dalam jumlah besar dan hanya menanam di halaman rumah, tahap pemelihraan tumbuhan tetaplah diperlukan, biar menjaga pertumbuhan serta hasil panen pepaya yang Anda tanam sanggup menuai hasil sesuai dengan yang diharapkan.


Jenis perawatan tumbuhan dalam cara menanam pepaya California yang baik diantaranya yaitu penyiangan, pengairan, serta pemupukan susulan. Penyiangan yaitu tahap membersihkan sekitar tumbuhan dari adanya rumput liar maupun tumbuhan pengganggu lainnya yang sanggup mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan pepaya Anda.


Cara menanam pepaya California juga patut memperhatikan proses penyiraman tumbuhan pepaya Anda rutin setiap pagi hari sebelum matahari terlalu terik, namun usahakan menyiram dengan air secukupnya, alasannya yaitu air yang menggenang di sekitar tumbuhan pepaya justru sanggup menimbulkan timbulnya jamur yang berdampak jelek bagi perkembangan tumbuhan pepaya California.


Pemberian pupuk juga penting dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah disekitar tumbuhan pepaya California. Lakukan pemupukan paling tidak 2 bulan sekali dimulai pada ketika tumbuhan papaya menginjak usia tanam kurang leboih 6 bulan, dengan memakai pupuk sangkar yang sudah difermentasikan atau sudah matang.


Baca : Selengkapnya Metode Mudah Cara Membuat Pupuk Tanaman Perangsang Buah Dan Bunga, Agar Hasil Maksimal


Setelah usia tumbuhan pepaya California Anda berumur 9 hingga 10 bulan, biasanya sudah sanggup dipanen dengan ditandai menguningnya buah pepaya tersebut. Dan sesudah mulai panen pertama, tumbuhan pepaya akan terus menghasilkan buah hingga memasuki usia tidak produktif yaitu sesudah usia tanam memasuki umur 5 hingga 6 tahun tergantung dari perawatan tumbuhan yang Anda lakukan.


Bagaimana ? gampang bukan cara menanam pepaya california. Tentunya menanam pepaya sendiri, akan menciptakan Anda lebih menghargai setiap proses, buah lebih terasa nimat dan segar dari pada membeli…




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Langkah Gampang Cara Menanam Pepaya California"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel