iklan

Penjelasan Gerak Lurus Berubah Beraturan Dan Gerak Jatuh Bebas

Penjelasan gerak lurus berubah beraturan dan gerak jatuh bebas- Hello semua, kalian masih berada di blog penuh edukasi ini. Masih membahas materi Fisika asyik. Setelah pertemuan sebelumnya membahas perihal konsep momentum dan impuls dan HukumNewton perihal gerak, kali ini pak guru akan mengajak kalian untuk memperdalam konsep perihal gerak dalam mekanika. Tahukah kalian apa gerak itu? Apa saja jenis gerak dalam konsep Fisika? Nah untuk semakin paham, mari simak baik-baik klarifikasi berikut! Check it out!

Penjelasan gerak lurus berubah beraturan dan gerak jatuh bebas Penjelasan gerak lurus berubah beraturan dan gerak jatuh bebas


Kalia tentu masih ingat, contohnya untuk menggerakkan sebuah balok yang membisu di atas lantai, kita sanggup mendorongnya. Dorongan kita ini yakni imbas luar terhadap balok tadi yang menimbulkan benda tersebut bergerak. Dari pengalaman sehari-hari, dikala imbas luar, yaitu dorongan kita tadi, dihilangkan dari balok, maka balok tersebut lama-lama akan berkurang kecepatannya dan alhasil diam. Agar sebuah benda terus bergerak kita perlu memberi dorongan pada benda tadi terus menerus, dan bila imbas luar tersebut hilang, maka benda akan kembali diam??? Tetapi apakah imbas luar pada benda tadi benar-benar sudah hilang? Bagaimana dengan imbas lantai terhadap benda tadi, yang jelas-jelas menghambat gerak benda?

Kasus lain lagi contohnya kalian duduk membisu di dalam kereta, di luar melihat orang yang bangun membisu dan orang naik sepeda motor. Siapakah di sini yang bergerak? Atau matahari bergerak dari timur ke barat.

Jadi apa gerak itu? Gerak yakni perubahan posisi benda terhadap tiitk pola tertentu. Kaprikornus dalam kasus di atas, kalian membisu relative terhadap kereta dan bergerak relative terhadap orang diluar kereta. Bumi bergerak relative terhadap matahari begitupula matahari.

Dalam fisika macam gerak berdasarkan lintasannya terbagi menjadi gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola. Pada kesempatan ini pak guru akan menjelaskan konspe perihal gerak lurus. Gerak lurus itu sendiri terbagi menjadi dua yakni geraklurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). ‘

Gerak lurus berubah beraturan yakni gerak benda yang lintasan bendanya berupa garis lurus dan kecepatan benda berubah dengan percepatan konstan (v tidak tetap dan percepatan tetap) . Dapat dirumuskan:
vt=vo+ a.t
s= vo.t+1/2 at2
vt2=vo2+ 2.a.s
dengan vt = kecepatan final (m/s)
             vo = kecepatan awal (m/s)
             a  = percepatan benda (m/s2)
             t  = waktu (s)
             s= jarak tempuh (m)
adapun gerak jatuh bebas merupakan gerak vertical yang lintasan benda berupa garis lurus dna percepatan yang mempengaruhi yakni percepatan gravitasi bumi (g). Jika gerak ke atas maka benda mengalami perlambatan dan jikalau bergerak ke bawah benda mengalami percepatan. Secara umum persamaannya sebagai berikut:
vt=vo+ g.t
h= vo.t+1/2 gt2
vt2=vo2+ 2.g.h
dengan vt = kecepatan final (m/s)
             vo = kecepatan awal (m/s)
             g  = percepatan gravitasi bumi (m/s2)
             t  = waktu (s)
             h= jarak tempuh/ ketinggian benda relatif terhadap permukaan (m)
Bagaimana uraian penjelasannya? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi perihal gerak lurus berubah beraturan dan gerak jatuh bebas. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,, alasannya yakni akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!
Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Gerak Lurus Berubah Beraturan Dan Gerak Jatuh Bebas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel