iklan

Penjelasan Gerak Lurus Beraturan

Penjelasan gerak lurus beraturan- Hello semua, kalian masih berada di blog penuh edukasi ini. Masih membahas bahan Fisika asyik. Setelah pertemuan sebelumnya membahas perihal gerak lurus berubah beraturan dan gerak jatuh bebas, kali ini pak guru akan mengajak kalian untuk memperdalam konsep perihal gerak dalam mekanika yang paling sederhana yakni Gerka lurus beraturan. Mari simak baik-baik! Check it out!
 Setelah pertemuan sebelumnya membahas perihal  Penjelasan gerak lurus beraturan

Kalia tentu masih ingat, contohnya untuk menggerakkan sebuah balok yang membisu di atas lantai, kita sanggup mendorongnya. Dorongan kita ini yakni dampak luar terhadap balok tadi yang menjadikan benda tersebut bergerak. Dari pengalaman sehari-hari, saat dampak luar, yaitu dorongan kita tadi, dihilangkan dari balok, maka balok tersebut lama-lama akan berkurang kecepatannya dan karenanya diam. Agar sebuah benda terus bergerak kita perlu memberi dorongan pada benda tadi terus menerus, dan kalau dampak luar tersebut hilang, maka benda akan kembali diam??? Tetapi apakah dampak luar pada benda tadi benar-benar sudah hilang? Bagaimana dengan dampak lantai terhadap benda tadi, yang jelas-jelas menghambat gerak benda?

Pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai apa itu arti gerak. Dalam fisika macam gerak berdasarkan lintasannya terbagi menjadi gerak lurus, gerak melingkar, dan gerak parabola. Pada kesempatan ini pak guru akan menjelaskan konspe perihal gerak lurus. Gerak lurus itu sendiri terbagi menjadi dua yakni gerak lurus beraturan (GLB) dan geraklurus berubah beraturan (GLBB). Kali ini pak guru akan membahas perihal gerak lurus beraturan (GLB).

Gerak lurus beraturan yakni gerak benda yang lintasan bendanya berupa garis lurus dan kecepatan benda tetap serta percepatnnya nol . Dapat dirumuskan:
v=s/t
s= v.t
dengan v = kecepatan konstan benda (m/s)
             t  = waktu (s)
             s= jarak tempuh (m)
Bagaimana uraian penjelasannya? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi perihal gerak lurus beraturan. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan bahan Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penjelasan Gerak Lurus Beraturan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel