iklan

Pengertian Amortisasi Dan Misalnya (Soal Dan Jurnal)

Pengertian Amortisasi


Amortisasi adalah suatu mekanisme akuntansi yang dengan cara sedikit demi sedikit akan mengurangi nilai biaya dan aset (aktiva tak berwujud) , dengan umur irit yang terbatas melalui pembebanan secara bersiklus ke pendapatan.

adalah suatu mekanisme akuntansi yang dengan cara sedikit demi sedikit akan mengurangi nilai biaya dan  Pengertian Amortisasi dan Contohnya (Soal dan Jurnal)

Amortisasi sanggup juga diartikan sebagai penurunan nilai penyusutan dari sebuah asset yang mempunyai umur irit yang lama.

Istilah Amortisasi dalam akuntansi diartikan sebagai pengalokasian biaya aktiva  tak berwujud yang mengacu pada pengurangan kewajiban dengan pembayaran pokok beserta bunga secara teratur dalam jumlah tertentu hingga pemberian terbayar saat tanggal jatuh tempo.

Lalu apa bedanya dengan depresiasi dan deplesi ?

Depresiasi adalah alokasi biaya penyusutan terhadap aset tetap selama masa keuntungannya (umur ekonomis) aset tersebut.

Deplesi yakni penyusutan pada bidang sumberdaya pertambangan.

Sedangkan pengertian amortisasi sendiri yakni suatu penurunan atau pengurangan nilai aktiva tidak berwujud setiap periode akuntansi.

Perusahaan melaksanakan pembatalan untuk aset tak berwujud melalui amortisasi menyerupai Goodwill. Sering juga dilakukan amortisasi terhadap setiap nilai yang dibayar di atas nilai pembelian preferen atau obligasi. Sedangkan Dana Amortisasi (Amortization Fund) merupakan pengumpulan dana secara bersiklus untuk membayar beban amortisasi tersebut. Tujuan dari amortisasi yakni untuk mencerminkan nilai penjualan kembali.

Contoh Amortisasi


1. Sebuah perusahaan mempunyai pemberian sebesar Rp. 1.000.000 dan setiap tahun diangsur sebesar Rp. 50.000 pertahun, maka dianggap perusahaan telah mengamortisasi pemberian sebesar  Rp. 50.000 setiap tahun.

2. Sebuah perusahaan industri mempunyai Hak Paten atas mesin seharga selama 10 tahun. Jika industri tersebut menghabiskan dana sebesar Rp. 100.000.000 untuk pengembangan produk, maka akan diakui dan dicatat sebesar Rp. 10.000.000 pertahun selama 10 tahun sebagai biaya amortisasi.

Contoh Jurnal


Pengurangan nilai pada aktiva tak berwujud ini dilakukan dengan cara mendebet akun beban amortisasi dan mengkredit akun aktiva tak berwujud.

Keterangan

Debet (Rp.)

Kredit (Rp.)

Beban Amortisasi Obligasi

10.000.000

 
             Obligasi  

10.000.000

Demikianlah artikel tentang Pengertian Amortisasi dan Contohnya (Soal dan Jurnal)

Semoga Bermanfaat bagi pembaca AkuntansiLengkap.com

Sekian dan Terimakasih

Kunjungi Juga:

 


Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Amortisasi Dan Misalnya (Soal Dan Jurnal)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel