iklan

Manfaat Gelombang Elektromagnetik

Manfaat gelombang elektromagnetik- Berjumpa lagi dalam forum di blogpenuh ilmu ini. Masih membahas materi Fisika asyik. Setelah pertemuan kemaren membahas gelombang elektromagentik dan spektrum gelombang elektromagnetik, pertemuan kali ini pak guru akan melanjutkan perihal manfaat spektrum gelombang elektromagnetik. Penasaran? Baiklah simak klarifikasi berikut ini! Check this out!

gelombang elektromagentik dan spektrum gelombang elektromagnetik Manfaat gelombang elektromagnetik


Adapun jenis dan manfaat spektrum gelombang elektromagnetik ialah sebagai berikut:
1.    Gelombang radio
Merupakan spektrum gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang terpanjang dan energi radiasi terendah. Skala asumsi panjang gelombangnya ialah bumi atau bangunan/gedung-gedung di bumi. Dapat menembus atmosfer bumi, sehingga biasa dipakai untuk komunikasi via satelit atau komunikasi frekuensi rendah. Biasanya dibangkitkan oleh osilator listrik. gelombang radio juga masih mempunyai rentang frekuensi tertentu dna dipakai dalam komunikasi sesuai dengan rentang frekeunsinya. Dalam eksplorasi Geofisika gelombang ini juga dimanfaatkan dalam metode VLF (Very Low Frequency), Magnetotelluric (MT),
2.    Gelombang mikro
Spektrum gelombang elektromagnetik sesudah gelombang radio dengan skala panjang gelombangnya sesuai dengan ukuran manusia. Tidak sanggup menembus atmosfer bumi. Digunakan juga untuk via komunikasi di atas permukaan bumi, biasanya dalam gelombang handphone anda, komunikasi via radar. Digunakan juga sebagai panggangan microwave alasannya ialah gelombang yang dipancarkan mempunyai frekuensi yang sama dengan frekuensi air sehingga cocok dipakai dalam memasak.
3.    Radiasi inframerah / infrared
Spketrum gelombang elektromagnetik dengan skala panjang gelombangnya seukuran lubang jarum dan tembus pada lapisan atmosfer. Dimanfatakan mendeteksi benda menurut perbedaan suhu/ temperature, mislanya mendeteksi benda dalam koper atau melihat musuh yang bersembunyi di semak-semak menurut perbedaan suhu badan insan dan linmgkungan.
4.    Gelombang/ cahaya tampak
Merupakan spektrum gelombang elektromagnetik yang sanggup dilihat dengan mata telanjang, dan mempunyai kegunaan bagi penglihatan di muka bumi ini. Dimulai dari spekrum cahaya ungu (frekeunsi tertinggi) hingga cahaya merah (frekeunsi terendah). Skala panjang gelombangnya berupa ukuran binatang protozoa. Tembus pada lapisan atmosfer. Digunakan dalam penglihatan mahluk hidup, sanggup dilihat dalam proses insiden pelangi.
5.    Sinar ultraviolet (UV)
Spektrum gelombang elektromagnetik dengan skala panjang gelombangnya berupa ukuran molekul. Tidak tembus lapisan atmosfer. Biasanya dipakai untuk mensterilkan perangkat medis dari kuman-kuman berbahaya. Radiasi gelombang ini juga sanggup menimbulkan kanker kulit dan katarak mata bila terlalu usang teradiasi pada insan langsung. Untung bumi kita mempunyai lapisan ozone yang melindungi mahluk hidup dari radiasi eksklusif sinar ultraviolet.
6.    Sinar X (rontgen)
Spektrum gelombang elektromagnetik dengan skala panjang gelombangnya seukuran dimensi atom. Daya tembus cukup tinggi pada material. Tidak tembus pada lapisan atmosfer. Biasanya dibangkitkan dengan elektron dipercepat. Digunakan dalam dunia medis untuk melihat isi dalam  badan insan tanpa pembedahan atau biasa dipakai dalam kemoterapi. Dapat mendeteksi isi/ barang dalam tas logam.
7.    Sinar gamma
Spektrum gelombang elektormagnetik dengan panjang gelombang terendah, energi tertinggi dan daya tembus materi paling besar. Skala ukuran panjang gelombangnya seukuran dimensi inti atom. Muncul pada proses peluruhan dan reaksi pengereman (Bremstrahlung) elektron dalam inti atom. Digunakan untuk mendeteksi kebocoran logam dalam mesin industri.


Bagaimana uraian penjelasannya? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi perihal Manfaat gelombang elektromagentik. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Gelombang Elektromagnetik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel