iklan

Kesetimbangan Benda Tegar Dan Pola Soal

Keseimbangan benda tegar dan pola soal- Hello semua, kalian masih berada di blog penuh ilmu ini. Masih membahas materi Fisika. Tahukah kalian, obyek yang dikaji dalam fisika sanggup digolongkan menjadi tiga jenis. Ketiga jenis obyek tersebut yaitu (1) partikel tunggal; (2) banyak partikel yang bersifat diskrit, baik partikel bebas maupun terikat (tegar); (3) banyak partikel yang bersifat kontinyu/malar, sebagai pola yaitu fluida dan benda tegar. Lalu apa sih benda tegar itu? Apa pula kesetimbangan benda tegar itu? Nah mari simak baik-baik klarifikasi berikut. Check it out!
Keseimbangan benda tegar dan pola soal Kesetimbangan benda tegar dan pola soal


Benda tegar adalah benda yang tidak mengalami perubahan bentuk atau setiap titik harus selalu berada pada jarak yang sama dengan titik-titik lainnya sehingga bentuknya hampir selalu bulat akhir efek gaya atau momen gaya. Pada kenyataanya semua benda akan mengalami perubahan bentuk apabila dipengaruhi oleh suatu gaya atau momen gaya sehingga istilah benda tegar merupakan suatu bentuk penyerdehaan atau idealisasi dalam memudahkan perhitungan. Dengan perubahannya sangat kecil, pengaruhnya terhadap keseimbangan statis sanggup diabaikan, sehingga pendekatan benda tegar cukup tepat. benda tegar yang sedang berputar mempunyai momen kelembaman, percepatan linear dan percepatan sudut.

Benda tegar sanggup dalam keadaan setimbang  jikalau memenuhi syarat ∑Fx dan ∑Fy = 0, serta ∑Ï„ = 0. Kaprikornus kita harus sudah memahami dinamika rotasi dan dinamika translasi.

Untuk pola soalnya sebagai berikut:

Sebuah pengungkit dipakai untuk menahan beban sebesar 5 kg. Jika jarak beban dengan titik setimbang yaitu 2m, berapa gaya yang diperlukaan biar sistem seimbang jikalau jarak gaya 4m?
Jawab:
Sistem menyerupai ini cukup dengan syarat ∑Ï„ = 0
∑Ï„ = 0
m.g.2-F.4=0
2.5.10=4F
F=100/4= 25N
Jadi memerlukan gaya sebesar 25N


Bagaimana? Praktis dipahami bukan? Itulah klarifikasi wacana kesetimbangan benda tegar dan pola soalnya. Semoga bermanfaat dan terus berkunjung ke blog ini ya,,,   karena akan ada pembahasan materi Fisika lainnya yang lebih menarik dan menantang. See you guys!

Sumber http://laportadoradesuenos.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kesetimbangan Benda Tegar Dan Pola Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel