iklan

“Bilangan Rasional” Pengertian, Jenis Dan Misalnya Terlengkap

“Bilangan Rasional” Pengertian, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Bilangan rasional merupakan bilangan yang sanggup dinyatakan sebagai a “Bilangan Rasional” Pengertian, Jenis dan Contohnya Terlengkap

Bilangan rasional merupakan bilangan yang sanggup dinyatakan sebagai a/b dimana a/b bilangan lingkaran dan b tidak sama dengan 0. Batasan bilangan rasional yaitu mulai dari selanga. Bilangan dibagi menjadi dua yaitu bilangan rasional dan irasional. Bilangan rasional mencakup bilangan asli, bilangan bulat, bilangan prima, bilangan cacah, dan bilangan lain yang subset dengan bilangan rasional.

Contoh bilangan rasional :

Apabila a/b = c/d maka, ad = bc

a/b + c/d = ad + bc / bd

a/b . c/d = ac / bd

Contoh bilangan rasional

  • (a/b) = -a/b = a / -b dan (a/b)-1 = b/a kalau a tidak sama dengan 0
  • a/b : c/d = ad / bc

Bilangan rasional yakni bilangan yang sanggup dinyatakan dalam bentuk a/b dengan a serta b ialah anggota bilangan bulat. Bilangan ini sanggup dinyatakan dalam pecahan dan desimal. Banyak orang beranggapan bahwa bilangan desimal itu ada komanya, padahal tidak selalu menyerupai itu. Penulisan bilangan tunggal contohnya 7 juga merupakan penulisan desimal. Karena tanda koma dipakai untuk hasil pembagian dua buah bilangan yang mempunyai sisa ataupun guna keperluan ketelitian serta keperluan penulisan angka penting.

Contoh bilangan rasional yaitu 2, 0.25, ¾, 1.333.. dan masih banyak lagi. Bilangan tadi merupakan anggota himpunan bilangan rasional alasannya ialah sanggup dinyatakan dalam bentuk pecahan dan masing-masing pembilang serta penyebutnya ialah anggota bilangan bulat.

Bilangan 2 sanggup dikatakan dalam bentuk pecahan 2/1, 0.25 menjadi ¼. Bilangan ¾ terang berbentuk pecahan dengan 3 sebagai pembilang dan 4 sebagai penyebut dan keduanya ialah bilangan bulat. Bilangan 1.333 juga disebut bilangan rasional alasannya ialah sanggup dinyatakan dalam pecahan 4/3.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai operasi bilangan rasional, maka harus pahami dahulu bagaimana cara mengubah penulisan bilangan rasional ke desimal juga sebaliknya.

Mengubah pecahan ke desimal

Mengubah pecahan ke desimal sanggup dilakukan dengan pembagian bersusun. Untuk pecahan dengan penyebut membagi habis bilangan kelipatan 10 caranya yaitu dengan mengalikan pembilang dan penyebut. Perhatikan contoh:

3/5 = 3/5 x 2/2 = 6/10 = 0,6.

3/5 mempunyai penyebut 5 dan membagi habis bilangan kelipatan 10. Guna menghasilkan bilangan kelipatan 10 pada penyebut perlu mengali bilangan 5 dengan 2. Pembilangnya juga perlu dikali dengan bilangan 2 maka akan didapat 6/10. 10 menawarkan banyak angka di belakang koma, alasannya ialah 10 ialah kelipatan ke 1 dari 10 maka angka di belakang koma pada desimal sebanyak satu angka. Pembilang pecahan tersebut yaitu 6, lantaran angka 6 hanya mempunyai satu angka maka 6 menjadi satu-satunya angka di belakang koma.

Demikianlah yang sanggup Anda ketahui mengenai contoh bilangan rasional dari ayoksinau.com. Semoga gosip teladan bilangan rasional sanggup bermanfaat.

Baca Juga :

 


Sumber https://www.ayoksinau.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "“Bilangan Rasional” Pengertian, Jenis Dan Misalnya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel