iklan

√ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus Yang Baik Dan Benar

Telur merupakan masakan yang kaya akan protein. Telur biasanya dikonsumsi oleh kebanyakan orang sebagai masakan pendamping. Pengolahan telur sendiri sangat bermacam-macam mulai dari diceplok, dadar, sampai direbus. Nah, untuk telur rebus pun sanggup diolah lagi menjadi banyak sekali macam masakan menyerupai telur sambal balado, semur telur, gulai, dll.


Namun, telur rebus mempunyai kesulitan tersendiri saat kita mengupas kulitnya. Walau terdengar sepele namun ternyata mengupas kulit telur dengan tepat dan mulus itu cukup sulit dilakukan. Jika Anda salah satu yang kesulitan mengupas kulit telur maka Anda tiba ke daerah yang tepat. Pasalnya, Bacaterus punya 10 cara termudah mengupas kulit telur rebus yang sempurna.


10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus


1. Pemilihan Telur yang Tepat


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: afrinafaiqa.blogspot.com


Untuk mendapat telur rebus yang tepat ternyata pemilihan telur juga menjadi salah satu faktor biar kulit telur rebut lebih gampang dikupas. Pilihlah telur yang sudah bau tanah atau tidak terlalu segar. Sebab, telur yang sudah bau tanah mempunyai kulit putih dengan tingkat pH yang tinggi sehingga menciptakan kulit putih telur tidak terlalu menempel pada cangkang.


Untuk membedakan telur yang segar dengan yang sudah tua, Anda cukup mencelupkannya ke dalam ember beirsi air maka kau sanggup melihat telur mana yang paling cocok untuk kau rebus. Namun, jangan gunakan telur busuk, ya. Pilihlah telur dengan umur sekitar 1 -2 ahad untuk memudahkan Anda mengupasnya.


2. Menggunakan Jarum Pentul


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: id.wikihow.com


Jarum pentul yaitu benda kecil yang biasa dipakai oleh para perempuan untuk mengaitkan kerudung. Namun ternyata benda kecil ini mempunyai kegunaan lain yang sanggup Anda manfaatkan, yaitu untuk mempermudah proses pengupasan telur rebus. Kok, bisa? Bagimana caranya?


Mudah saja, Anda cukup dengan menusukan jarum pada ujung telur, lakukan secara perlahan alasannya yaitu telur yang Anda pegang sanggup saja pecah alasannya yaitu Anda memegangnya terlalu kuat. Anda juga tidak perlu khawatir isi telur akan keluar alasannya yaitu lubang yang dihasilkan tidak terlalu besar.


Kemudian, Anda sanggup masukan telur yang telah dilubangi ke dalam air mendidih dan tunggu sampai matang. Nah, sesudah ini telur yang Anda rebus tadi akan lebih gampang dikupas kulitnya. Selamat menikmati telur rebusnya!


3. Masukan Telur ke Dalam Air Panas


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: id.upost.info


Memasukan telur dalam air panas? Anda niscaya bertanya apa maksud dari cara ini. Cara yang satu ini dilakukan saat proses perebusan telur. Mungkin kebanyakan orang biasanya merebus telur dengan cara memasukan telur pada air hambar di dalam panci kemudian dipanaskan di atas kompor sampai matang.


Ternyata cara tersebut kurang tepat alasannya yaitu hal tersebut akan menciptakan suhu putih telur menjadi lebih panas dan membran pada telur menempel pada cangkang. Cara yang tepat saat merebus telur yaitu menunggu air sampai mendidih barulah kita memasukan telur ke dalam air mendidih tersebut.


Selain menghindari suhu putih telur yang terlalu panas cara ini juga ternyata ampuh menciptakan telur rebus lebih cepat matang dan gampang untuk dikupas kulitnya.


4. Menggunakan Soda Kue


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar


Anda mungkin akan merasa kebingungan apa hubungannya antara telur rebus dan soda kue? Soda camilan anggun biasanya dipakai untuk membantu proses pembuatan camilan anggun sehingga hasil camilan anggun terlihat mempunyai rongga. Nah, relasi antara telur dan soda camilan anggun alasannya yaitu keduanya mempunyai fungsi yang sama dengan soda camilan anggun pada pembuatan kue, yaitu memberi rongga antara telur dengan cangkangnya.


Soda camilan anggun merupakan alkalin alami yang akan bereaksi menjadi basa saat kita memasukanya ke dalam air rebusan telur. Maka dari itulah, soda camilan anggun akan memudahkan kita dalam proses pengupasa telur. Caranya mudah, Anda cukup menambahkan 1 sendok soda camilan anggun maka kulit telur rebus Anda akan gampang dikupas.


5. Menggunakan Cuka


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: www.wikihow.com


Selain soda kue, cuka juga sanggup membantu Anda memudahkan dalam mengupas kulit telur rebus. Caranya mudah, Anda sanggup menambahkan cuka dalam proses perebusan telur saat air dalam keadaan mendidih. Cukup masukan beberapa tetes cuka biar rasa asam cuka tidak menghipnotis telur rebus.


Mengapa cuka sanggup memudahkan proses pengupasan kulit telur rebus? Pasalnya, cuka mempunyai fungsi untuk menambah tingkat pH pada telur sehingga proses pengupasan kulit telur menjadi lebih mudah.


6. Rendam Telur Rebus dalam Air Dingin


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: infoherbalis.com


Ketika telur rebus telah matang maka kita mungkin akan mengupasnya secara eksklusif alasannya yaitu ingin segera menyantapnya atau mengolahnya kembali. Namun, cangkang telur akan menyerap panas dari air rebusan membuatnya hambar dalam waktu yang cukup lama.


Untuk memudahkan proses pengupasan kulit telur rebus maka disarankan untuk merendam telur rebus di dalam air hambar terlebih dahulu. Dengan begitu, telur akan hambar lebih cepat dan tangan kita tidak akan melepuh alasannya yaitu kepanasan saat memegang cangkang telur yang akan dikupas. Selain mendinginkan lebih cepat, cara ini juga sanggup menciptakan telur rebus lebih gampang dikupas.


7. Membuat Retakan dan Menggelindingkan Telur


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: solo.tribunnews.com


Ketika telur sudah mendingin, Anda sanggup menciptakan banyak sekali macam retakan pada telur rebus dengan cara mengetuk-ngetukan telur pada lantai atau benda tumpul sekitar Anda. Lakukan dengan ketukan ringan biar telur rebus tidak mengalami tekanan yang terlalu besar lengan berkuasa yang menjadikan telur rebus menjadi pecah.


Cara lain untuk menciptakan retakan yang akan memudahkan proses pengupasan telur rebus yaitu dengan cara menggelindingkan telur di atas talenan. Mengapa harus di atas talenan? Karena talenan biasanya mempunyai permukaan yang datar dengan tekstur sedikit garang sehingga sanggup mempermudah menciptakan retakan pada telur.


Setelah itu barulah Anda mengupas kulit telur rebus dengan cara menyimpan telur pada permukaan talenan dengan posisi horizontal. Lalu, tekan telur secara perlahan dan gelindingkan sehingga seluruh permukaaan telur rebus menjadi retak, maka sesudah itu Anda sanggup mengupas telur rebus dengan mudah.


8. Kupas dari Ujung yang Lebih Lebar


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: www.rumahkeluargaindonesia.com


Cara lain yang sanggup Anda lakukan saat mengupas kulit telur yaitu dengan cara mengupas dari penggalan telur yang lebih lebar. Bukan pada penggalan pinggir melainkan penggalan ujung telur. Sebab, penggalan ujung telur yang lebih lebar biasanya terdapat rongga yang diakibatkan oleh proses perebusan. Rongga tersebut sanggup kita manfaatkan untuk mengupas telur lebih cepat dan mudah.


9. Meniup Telur


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: www.thekitchn.com


Siapa sangka hanya dengan cara meniup telur rebus maka telur akan terlepas dari cangkangnya dengan mudah. Pertama, Anda retakan kedua ujung telur rebus. Setelah itu, kupas cangkang pada penggalan ujung yang lebih kecil dengan ukuran yang tidak terlalu besar.


Lakukan hal yang sama pada penggalan ujung telur yang lebih besar, namun dengan area kupas lebih besar. Setelah itu, Anda cukup meniup penggalan telur yang lebih kecil dan telur akan keluar dari area yang lebih besar dengan mudah.


10. Gelas dan Air


Telur merupakan masakan yang kaya akan protein √ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus yang Baik dan Benar

* sumber: food-h4cks.wonderhowto.com


Menggunakan gelas dan air untuk mengupas telur, apakah bisa? Tentu saja bisa. Cara ini ternyata akan memudahkan Anda mengupas kulit telur rebus. Caranya, cukup dengan cara memasukan ¼ air pada gelas (gunakan gelas tinggi). Lalu masukan telur yang telah direbus ke dalam air yang sudah terisi gelas tadi.


Kemudian, tutup penggalan atas gelas memakai telapak tangan dan pegang gelas secara horizontal dengan posisi kedua telapak tangan berada di kedua ujung gelas. Hal yang perlu Anda lakukan hanya menggoyakan gelas tersebut ke kanan dan ke kiri sampai kulit telur terlepas.


Apakah Anda sudah siap mengupas telur dengan memakai salah satu cara di atas? 10 cara mengupas telur rebus di atas sanggup Anda lakukan untuk kepentingan sehari-hari sehingga memudahkan dan mempersingkat waktu Anda dalam proses memasak.


Nah, untuk Anda yang ingin menyantap telur mentah dengan rasa yang nikmat, silakan baca artikel 6 cara makan telur mentah yang enak ini. Semoga info ini bermanfaat dan berkhasiat bagi Anda.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 10 Cara Mengupas Kulit Telur Rebus Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel