iklan

Ragam Jenis Flora Palem Dan Tips Budidaya Flora Palem

Tanaman palem merupakan tumbuhan hias kosmopolitan. Keberadaan palem sanggup dijumpai pada seluruh tempat Indonesia. Palem sanggup tumbuh di tanah subur ataupun gersang. Tanaman yang satu ini tergolong tumbuhan hias yang sanggup tumbuh pada banyak sekali jenis atau macam wilayah.


Tanaman palem atau tumbuhan yang mirip pohon kelapa ini mempunyai pembagian terstruktur mengenai botani yaitu divisi Spermatophyta, sub divisi Angiospermae, kelas Monocotyledonae, famili Aracaceae atau Palmaceae. Untuk genusnya yaitu Arhontophoenix, Mascarena, Cytrostachys, dan Roystonea.


Artikel terkait palem : Jenis Pohon Palem Langkah. Model Elegan. Klik Di Sini…


Sekarang ini budidaya tumbuhan palem sudah banyak dilakukan di Indonesia. Jenis tumbuhan palem yang dibudidayakanpun terbilang banyak, mulai dari yang palem umum hingga palem hasil kultur jaringan. Untuk jenis – jenis palem mencakup palem putri(Ravenea sp), palem botol (Mascarena lagenicaulis), palem merah (cyrtostachys lakka), dan palem raja (roystonea sp).


Jenis – Jenis Tanaman Palem


Palem Putri


Palem putri mempunyai bentuk mirip palem raja. Memiliki daun yang lebar dan warna lebih hijau. Tanaman palem ini berasal dari wilayah madagaskar. Pada umumnya tumbuhan palem jenis ini dipakai sebagai tumbuhan penghias jalanan ataupun tumbuhan hias di pot.


Palem Botol


Palem botol mempunyai bentuk yang unik. Dibagian bawah batang tumbuhan ini mempunyai bentuk menggelembung dan penggalan atas batang pohonnya menyempit sehingga persis mirip bentuk botol. Keuntungan dari tumbuhan palem ini yaitu tidak memerlukan lokasi yang luas alasannya yaitu tajuknya yang sempit. Akan tetapi pertumbuhan dari jenis tumbuhan palem ini relatif lama.


Tanaman palem merupakan tumbuhan hias kosmopolitan Ragam Jenis Tanaman Palem Dan Tips Budidaya Tanaman Palem
Palem Botol

Palem Merah


Jenis tumbuhan palem ini orisinil dari Indonesia, pada umumnya tumbuhan palem merah tumbuh di hutan rawa yang secara geografis berada pada dataran rendah hingga 500 mdpl. Keunggulan dari tumbuhan palem merah sendiri terletak pada penggalan pelepah dan tulang daunnya yang berwarna merah menyala. Tanaman palem jenis ini di tempatkan pada tempat yang terik biar kecerahan warnanya sanggup bertahan.


Tanaman palem merupakan tumbuhan hias kosmopolitan Ragam Jenis Tanaman Palem Dan Tips Budidaya Tanaman Palem
Palem Merah

Palem Raja


Palem raja juga dikenal sebagai royal palm. Bentuk dari tumbuhan palem ini sangat menawan. Memiliki batang yang kokoh dan daunnya berwarna hijau segar. Disamping itu akan muncul bekas berwarna bubuk – bubuk putih saat pelepahnya rontok. Biasanya tinggi tumbuhan ini berkisar antara 25 – 30 meter. Jenis palem raja yang paling disukai yaitu palem raja kuba.


Manfaat Tanaman Palem 


Secara umum tumbuhan ini dimanfaatkan sebagai tumbuhan penghias sisi jalan dan penghias pekarangan halaman rumah. Selain sebagai tumbuhan penghias, dengan adanya tumbuhan palem akan menciptakan wilayah sekitarnya terasa sejuk alasannya yaitu teduh.


Ingin menghias taman lebih cantik? : Baca 3 Langkah Penting Membuat Taman Anda Menjadi Elegan…


Syarat Tumbuh Tanaman Palem 


Iklim


Tanaman palem merupakan tumbuhan yang tumbuh pada wilayah tropis dan subtropis. Tanaman ini memerlukan penyinaran penuh. Untuk proses perkecambahan dan pembibitan tidak memerlukan sinar matahari langsung.


Suhu


Suhu yang dibutuhkan tumbuhan palem berkisar 25 – 33 oC. Diluar suhu tersebut tidak menutup kemungkinan masih sanggup tumbuh.


Media tanam


Tanah yang dipakai untuk menanam palem yaitu tanah yang mengandung pasir. Tanaman palem ini tidak menyukai genangan air.


Ketinggian tempat


Ketinggian tempat syarat pertumbuhan tumbuhan palem bukan menjadi kendala, alasannya yaitu tumbuhan palem sanggup tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.


Tahapan Budidaya Tanaman Palem 


Jika Anda ingin memproduksi tumbuhan palem dengan skala besar, disarankan menggunakan pembibitan dengan perbanyakan biji. Jika Anda menginginkan perbanyakan dengan anakan juga bisa. Akan tetapi perbanyakan dari anakan tergolong sulit dan resiko kegagalan besar bila tidak dilakukan dengan benar.


Persyaratan benih atau bibit 


Perlu Anda ketahui dari keempat jenis palem yang sudah dibahas, hanya jenis tumbuhan palem merah yang sanggup menghasilkan anakan. Pemisahan anakan membutuhkan waktu yang relatif lama, sekitar satu bulan. Pemisahan anakan palem merah pun tergolong sulit, sehingga Anda perlu melaksanakan secara hati – hati dan dengan langkah yang benar. Cara pemisahan anakan palem merah mempunyai dua cara yaitu :


Cara irisan bertahap



  • Irislah 1/4 penggalan dari rimpang anakan kemudian biarkan selama 10 hari.

  • Iris kembali irisan hingga 1/2 penggalan rimpang dan biarkan lagi selama 10 hari

  • Selajutnya iris kembali hingga 3/4 penggalan kemudian biarkan lagi selama 10 hari.

  • Setelah itu anakan tumbuhan palem merah sanggup dipisahkan dari indukan.


Tanaman palem merupakan tumbuhan hias kosmopolitan Ragam Jenis Tanaman Palem Dan Tips Budidaya Tanaman Palem
Pembuatan Bibit Anakan Palem Merah

Cara irisan langsung



  • Irislah penggalan rimpang anakan hingga putus, tetapi jangan mengambil dari rumpun.

  • Irisan rimpang dibiarkan hidup terlebih dahulu selama beberapa bulan.

  • Untuk mengambil anakan, gali tanah sekitar anakan dan diangkat dengan cara memutar.


Cara penyemaian benih


Penyemaian dengan benih/biji sanggup dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan kecambah, pertumbuhan tunas, serta pembesaran bibit.


Perkecambahan benih/biji



  • Kumpulkan buah yang sudah jatuh dari pohon, biasanya buah yang jatuh merupakan buah bau tanah yang mempunyai warna merah dan coklat kehitaman.

  • Buah yang sudah dikumpulkan, direndam kedalam air higienis dan dikupas dengan cara digosok.

  • Setelah proses pengupasan, tiriskan biji hingga kering. (biji yang kering secara maksimal sanggup disimpan hingga setahun didalam wadah yang higienis dan tertutup)

  • Rendam biji kedalam air yang telah dicampurkan Dithane M-45 dengan takaran 2 cc/liter. Perendaman dilakukan selama 6 hingga 12 jam untuk biji yang lunak. Sedangkan untuk biji yang keras direndam selama 2 hingga 3 hari. Sebagai materi alternatif, Anda sanggup melaksanakan perendaman di dalam lumpur selama 4 hari.

  • Setelah masa perendaman, masukkan biji ke dalam kantung plastik, polybag, atau karung. Hal ini dilakukan untuk merangsang terjadinya perkecambahan.

  • Biji akan berkecambah sehabis beberapa minggu. Biasanya sekitar 2 – 4 minggu. Khusus palem botol perkecambahan sekitar 8 – 16 minggu.

  • Jika biji sudah berkecambah, baiknya Anda simpan dalam wadah berisi media gambut lembab. Simpan selama 2 – 3 hari hingga radikula ( calon akar ) keluar.


Penumbuhan tunas



  • Siapkan media tanam terlebih dahulu yang terdiri dari pasir, sekam padi, dan pupuk kandang. Pencampuran media tanam dengan perbandingan 1:1:1. Setelah pecampuran tambahkan Dithane M-45 dengan takaran yang dianjurkan pada label kemasan.

  • Masukkan media tanam secukupnya ke dalam wadah. Disarankan menggunakan polybag. Isi sebanyak kurang lebih 90% dari volume tempat penanaman.

  • Setelah itu benamkan 1/3 penggalan dari kecambah media tanam. Gunakan jarak tanam yang rapat dan diusahakan akar untuk pribadi menembus media.

  • Taburkan pasir sedikit saja di permukaan media tanam.

  • Tutup wadah tanam dengan menggunakan plastik. Letakkan pada tempat yang teduh.

  • Lakukan pengamatan selama 2 – 3 hari. Jika terlihat kering semprotkan air kemudian tutup kembali.

  • Setelah 1,5 – 3 bulan daun pertama akan muncul. Lakukan pindah tanam bila tumbuhan sudah mempunyai 2 – 4 lembar daun.


Tanaman palem merupakan tumbuhan hias kosmopolitan Ragam Jenis Tanaman Palem Dan Tips Budidaya Tanaman Palem
Tumbuhnya Tunas Palem

Membesarkan bibit

Bibit yang sudah mempunyai 4 lembar daun sanggup segera dipindah pada polybag atau wadah plastik.



  • Siapkan media campuran. Tanah, sekam padi, dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1.

  • Aduk media hingga merata, kemudian masukkan kedalam wadah pot atau polybag.

  • Congkel/cabut bibit secara perlahan atau dengan hati – hati. Tangan dan alat Anda harus bersih.

  • Celupkan penggalan akar kedalam larutan fungisida M-45 dengan takaran 2 cc per liter.

  • Tanam ke pot atau polybag yang sudah di isi media tanam. Satu bibit untuk satu polybag. Letakkan pada tempat yang teduh.

  • Setiap 1,5 bulan berikan pemanis pupuk NPK atau sanggup juga pupuk kandang. Dosis yang diberikan tergantung ukuran polybag dan besar tanaman. Misal bila Anda menggunakan polybag 15 – 20 cm berikan pupuk 1 gram/ tanaman.

  • Penyiraman diadaptasi dengan keadaan cuaca.

  • Lakukan pemeliharaan selama 6 – 8 bulan. Selama proses pembesaran bibit, kurangi keteduhan biarkan palem menyesuaikan diri dengan sinar matahari.


Tips penanaman palem dalam pot dan pekarangan akan kami bahas pada Artikel selanjutnya. 


Tips tumbuhan hias : Cara Mudah Menanam Bunga Hias Dalam Pot. Baca Di Sini…


Sumber gambar : google, bibitunggul,landsacape,birdbody


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ragam Jenis Flora Palem Dan Tips Budidaya Flora Palem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel