iklan

Prep Icho 2019: Sekilas

Hallo semua, mari kita lihat-lihat sekilas mengenai materi Prep IChO 2019 (Preparatory Problems!). Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba, yaitu soal-soal Prep IChO 2019 telah hadir di hadapan kita. Anda sanggup mengunduhnya eksklusif di Website IChO 2019.

Melihat-lihat soal Preparatory tidak hanya penting buat kalian yang akan mengikuti Pelatnas II, namun seluruh calon akseptor OSN juga sanggup menerima laba lho dengan melihat soal Preparatory. Misalnya, salah satu praktikkum OSN 2018 terbukti mengambil dari soal praktikkum Preparatory IChO 2018, jadi ini kesempatan yang elok buat kalian mencari “sneak peek soal OSN“, tentunya kalian harus sanggup memperkirakan mana soal yang “comot-able”.

Pertama-tama aku agak tertarik untuk bahas desainnya: berdasarkan saya, desain dan penempatan soal-soalnya agak memusingkan dibanding tahun lalu. Soal Prep tahun kemudian sangat rapi penataannya dan tiap ganti nomor ganti kertas, tidak dengan soal tahun ini. Soal tahun ini juga warnanya jarang-jarang, yang berdasarkan aku kurang yummy dibaca 🙁 Untuk orang menyerupai saya, penataan soal menyerupai soal Prep tahun ini agak “mengurangi mood” mengerjakan. Tetapi, “rintangan kecil” menyerupai ini tentu dihentikan menghalangi keambisan kita!!

Fields of Advanced Difficulty and Important Notes

Hal pertama yang harus kita perhatikan dengan secama dalam rangka mempersiapkan IChO ialah melihat bab depan dari Soal Preparatory.

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

Tampak di sini hal-hal yang “tidak umum” dan kemungkinan akan aneka macam dibahas di Pelatnas II. Bagian yang paling “berat” ialah kuantum 🙂 So, belajarlah yang keras sebelum Pelatnas II dilaksanakan. Bagian-bagian lain juga tidak kalah berat, namun luckily anda menerima “kebaikan” yaitu:

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

Kesulitan Soal Prep IChO 2019

Soal-soal Prep IChO 2019 kali ini sangat menarik dan berdasarkan aku pribadi jauh lebih susah dari soal tahun lalu. Seperti normalnya, soal-soalnya sangat “bertema Perancis”.

Jika soal tahun lalu dimulai dengan soal setingkat OSP, Prep tahun ini dimulai dengan soal yang “wow” maksimal yaitu kuantum dan teori orbital molekul, dengan pengaplikasiannya pada senyawa-senyawa yang mempunyai ikatan rangkap terkonjugasi dan aromatisitas.

Luckily, sehabis melewati nomor 1 dan 2, berdasarkan aku nomor-nomor selanjutnya nampak cukup normal. Kita dapatkan banyak kimia fisik di nomor-nomor awal. Sampai di nomor 6, nampak ada soal yang cukup menarik dengan kurva yang sangat mencolok perhatian, yaitu kurva titrasi dengan konduktometri. Di nomor 9, kita bertemu dengan NMR yang sudah main-main dengan “konstanta koupling”. Sangat gampang dikerjakan apabila sudah selesai baca NMR dari Clayden. Di nomor 10 dan 11 juga terdapat soal menarik mengenai kristal. Sangat dianjurkan untuk belajar 7 sistem kristal, kisi kristal Bravais.

Di bab tengah-tengah soal, terdapat soal-soal polimer yang cukup “wow”, aku sendiri cukup ragu sanggup mengerjakan dalam waktu singkat 🙁 Mungkin bab polimer akan jadi yang cukup sulit selain kuantum. Mungkin materi polimer akan sangat ditekankan di Pelatnas alasannya ialah juga terdapat di Fields of Advanced Difficulty.

Tidak lupa me-mention kinetik yang juga sangat banyak keluar. Meskipun di Fields of Advanced Difficulty “kelihatannya” sepele dan ez pz, rupanya di soal-soal Preparatory yang keluar cukup “deadly”. Kinetika yang keluar pengembangannya sangat macam-macam, mulai dari polimerisasi, katalisis, bahkan inhibisi enzim. Untuk yang terakhir (inhibisi enzim) sangat mungkin kedepannya akan aku keluarkan pembahasannya di website ini 🙂

Soal nomor 22, ada hubungannya dengan soal Praktikkum. Ingat, soal preparatory di praktikkum sanggup saja keluar di teori, dan soal yang di teori sanggup saja dikeluarkan di praktikkum.

Bagian favorit saya, yaitu organik, ialah bab yang sangat menarik dan sementara ini semua sudah aku kerjakan. Mengapa menarik? Karena selain cenderung mudah, bab organik juga sangat gampang untuk mencari sumber jawabannya 🙂 Tidak percaya? Saya akan tunjukkan, tapi tidak semua, nanti kalian berguru apa dong 🙁 Here You Are:

P23. Synthesis and Study of a Molecular Motor:

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

P24. Some Steps of a Synthesis of Cantharidin

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

P25. Study of Ricinoleic Acid

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

P26. Synthesis of Oseltamivir

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

P27. Formal Synthesis of Testosterone

lihat sekilas mengenai materi Prep IChO  Prep IChO 2019: Sekilas

Overall, cukup yakin bahwa Pelatnas II akan cukup intens dan berat, belum lagi persaingannya akan memperebutkan 4 tempat langsung.

In case anda belum tahu, tahun ini Pelatnas IChO hanya akan dilaksanakan dalam 3 tahap 🙂

Praktikkum…

Surprisingly, dibalik soal teorinya, berdasarkan aku soal praktikkum Prep IChO 2019 ini lebih gampang dari tahun lalu. Mengapa? Pertama, dari soal-soal ini nampak terlihat bahwa di IChO nanti tidak ada praktikkum kinetik. Yippie! Soal-soal praktikkum cukup straightforward, yaitu sintesis organik dan penggunaan alat spektrofotometer. Sebelum Pelatnas II, sangat disarankan baca buku yang membahas seputar mekanisme sintesis organik, contohnya Lab Tech in Org Chem.

Saran aku untuk praktikkum: Pelajari yang “kemungkinan” sangat sanggup dikeluarkan di Pelatnas II IChO. Menurut saya, fokuskan ke soal nomor 1, 3, 5, dan 6 alasannya ialah kemungkinan berdasarkan aku nomor 2 tidak keluar, apalagi nomor 4 yang bahannya susah 🙂

Oh iya, sebagai pengetahuan saja, tidak menyerupai IChO-IChO sebelumnya, ada yang Istimewa dari praktikkum IChO tahun ini! Apakah itu? Bila tahun-tahun sebelumnya praktikkum selalu dilaksanakan di kampus universitas (Be it Mahidol, UNIBA, etc), tahun ini praktikkum akan dilaksanakan di sebuah Sekolah Menengan Atas di Paris 🙂

Hal-hal lain…

Sebagai pengetahuan lainnya, anda sanggup melihat-lihat sponsor IChO untuk menemukan clue tertentu. Misalnya, di soal praktikkum ada sintesis aspirin yang produsen utamanya Bayer, that’s a clue! Ada kemungkinan, soal yang dikeluarkan sintesis obat lainnya dari Bayer(?) Atau clue lainnya, yaitu tidak menyerupai biasanya, di bab sponsor tidak ada Casio, tapi ada Texas Instrument. Artinya, kalian di IChO nanti tidak pakai kalkulator ClassWiz atau brand Casio lainnya, melainkan produk tertentu dari TI, so be prepared 🙂

Selain itu, alasannya ialah lokasi di Perancis, maka implikasinya ialah soal-soal yang dikeluarkan niscaya bertema Perancis ATAU diambil dari paper buatan akademisi dari Perancis 🙂

Sekian, biar bermanfaat…


Sumber https://olimpiadekimia.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Prep Icho 2019: Sekilas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel