iklan

✔ Perilaku Ketika Wawancara Kerja Yang Baik Dan Benar

Sikap dikala wawancara kerja yang baik dan benar harus anda lakukan mulai dari ketika anda membuka pintu ruangan hingga interview dinyatakan selesai.Karena evaluasi yang dinilai ialah atttitude atau tata krama dan juga kesesuaian kriteria anda dengan apa yang dibutuhkan perusahaan tersebut.

Sikap dikala wawancara merupakan point utama selain daripada kemampuan atau skill yang anda miliki.Dan bila harus menentukan antara kedua hal tersebut ( perilaku atau skill ) HRD akan lebih menentukan perilaku dan kepribadian anda yang bagus,karena saya dulu pernah membantu menjadi anggota penyeleksi di sebuah perusahaan.



Sikap Yang Baik dan Benar Saat Wawancara atau Interview pekerjaan




Sikap dikala wawancara kerja yang baik dan benar harus anda lakukan mulai dari ketika anda m ✔ Sikap Saat Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar



Interview atau wawancara ialah sebuah proses tanya jawab antara pihak HRD atau penyeleksi calon karyawan dengan calon karyawan gres untuk melihat apakah calon karyawan tersebut mempunyai kriteria yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

Apa saja yang dinilai?


Ada aneka macam hal yang dinilai dikala proses wawancara kerja ini,tetapi dari sekian banyak hal,ada 2 point utama yang menjadi evaluasi paling tinggi,yaitu :

  1. Sikap atau attitude ( tatakrama dan kepribadian anda )
  2. Skill atau kemampuan dan kesesuaian kriteria


2 point utama itulah yang menjadi inti evaluasi dikala berlangsungnya interview.Tentunya disamping evaluasi lain menyerupai postur tubuh,gaya bicara,kemampuan berkomunikasi dan lain sebagainya.

Lalu untuk mendapat nilai yang elok dikala interview,sikap menyerupai apa yang harus dilakukan? berikut saya jelaskan dari awal hingga selesai :


1. Saat membuka pintu ruangan


Hal paling fundamental ketika anda membuka pintu ruangan ialah dengan : mengetuk pintu kemudian ucapkan salam ( selamat pagi,selamat siang,atau selamat sore ).Anda tidak perlu menghiraukan apakah mereka menjawab salam anda atau tidak,karena ini tidaklah penting.

Point pentingnya selain ketuk pintu dan salam ialah : JANGAN MASUK SEBELUM DIPERSILAHKAN!.

Mungkin ketika anda mengucapkan salam,mereka terlihat sedang sibuk menulis dan tidak menghiraukan salam anda.Tetapi anda harus perhatikan bahwa : itu bisa saja trik mereka untuk melihat apakah anda orang yang sopan atau tidak.Masuklah bila mereka sudah mempersilahkan anda masuk,jika mereka membisu saja " tunggu saja di pintu " jangan nyelonong masuk,PERHATIKAN!.


2. Setelah dipersilahkan masuk


Setelah anda mendapat izin untuk memasuki ruangan,silahkan anda masuk.TETAPI JANGAN LANGSUNG DUDUK!.

Berdiri saja didepan meja,sampai mereka mempersilahkan masuk.Lagi dan lagi mungkin saja mereka terlihat sibuk menulis atau menelfon seseorang,anda HARUS dan WAJIB menunggu hingga mereka selesai

Setelah anda dipersilahkan duduk,barulah anda duduk.Ada beberapa point suplemen dikala anda akan duduk :
  1. Jika kursinya letaknya masih dibawah meja,anda tarik dengan perlahan ( santai dan damai )
  2. Jika kursinya terlalu jauh dari pewawancara,majukan kursinya dengan pelan dan posisikan dengan nyaman


Orang yang sebelum duduk memposisikan kursinya dengan baik,akan terlihat orang yang berpendidikan dan terlihat sebagai pribadi yang mempersiapkan segala seuatu dengan baik sebelum memulainya.Jika anda eksklusif duduk saja,selain terlihat urakan dan tidak sopan,anda akan mendapat evaluasi orang yang " gegabah " ( hajar saja,resiko pikir belakangan ).


3. Posisi tangan dikala wawancara yang baik


Setelah anda duduk,ada point yang harus anda perhatikan,diantaranya :
  1. Tangan TIDAK BOLEH diletakan diatas meja
  2. Letakan tangan diatas paha anda ( tidak terlihat pewawancara )
  3. Jangan " BERSENDER " di dingklik ( duduk tegap dan siap )


Point kecil ini mungkin sering sekali terlewatkan untuk sebagian orang disana,tapi percaya saja,jika anda melakukanya,anda akan mendapat evaluasi yang bagus.Anda bisa coba mempraktekanya semoga lebih faham dan mengerti,jangan hanya membayangkan saja,karena bila waktunya nanti adan interview,anda tidak akan kebingungan lagi harus bagaimana.


4. Tatacara menjawab pertanyaan interview yang benar


Saat anda sudah terlihat siap,si pewawancara akan mulai menanyai anda.Inilah waktu yang paling menciptakan tegang,tetapi anda harus santai dan rilex,tanamkan difikaran anda menyerupai ini ( kalaupun saya salah,saya tidak akan ditembak mati atau dipenjara ).Ini yang sering saya lakukan untuk menciptakan psikologis saya lebih tenang.

Pertanyaan pertama biasanya ialah perkenalan diri,disusul dengan pertanyaan lainya.Untuk jenis-jenis pertanyaan yang sering ditanyakan,saya sudah sediakan dibagian bawah artikel ini.Untuk menjawabnya dengan baik,lakukan tips berikut ini :
  1. Jawab dengan bunyi keras dan tegas ( menyerupai seorang tentara berbicara )
  2. Jawab dengan tanggapan yang singkat padat dan terperinci ( jangan bertele-tele ) Jika memang jawabanya hanya diharapkan kata " YA atau SIAP " katakan saja menyerupai itu,jangan terlalu panjang lebar
  3. Hindari menggumam " emmmm " ini sangat sering terjadi,mungkin satu atau dua kali tidak apa-apa,tetapi bila setiap kali anda ditanya dengan awal jawabanya menyerupai itu,anda bisa mendapat nilai buruk alasannya ialah selain ada kemungkinan anda berbohong,anda akan dinilai tidak tegas
  4. Jika memang diharapkan menggerakan tangan ( menjelaskan sesuatu ) tidak apa-apa,lakukan saja
  5. Hindari menggerakan tangan yang tidak perlu ( merapihkan poni rambut,menggaruk-garuk hidung,membunyikan tulang jari-jemari anda,dan semua hal tidak penting lainya


Anda bisa bayangkan anda ialah seorang penegak aturan yang sedang duduk dan diinterogasi atasan anda.Seperti itulah intinya.


5. Ketika selesai proses tanya jawab


Setelah semua pertanyaan anda jawab dengan baik dan pewawancara sudah mempersilahkan anda keluar ruangan,ada beberapa hal yang perlu anda lakukan,yaitu :
  1. Berdiri tegap dan kembalikan dingklik ke posisi semula ( dibawah meja ) dengan damai dan sopan
  2. Jabatlah tangan pewawancara sembari mengucapkan terimakasih
  3. Tutuplah pintu dengan pelan dan sopan
  4. Selesai


Dengan melaksanakan perilaku yang baik dikala wawancara,anda akan mendapat nilai yang elok pada point attitude atau tatakrama.Percayalah bila attitude LEBIH PENTING dari skill dan tingkat kepintaran anda.Untuk lebih membantu anda,saya sudah tuliskan beberapa artikel lain yang mungkin bisa lebih membantu anda lagi.

Baca :

- Pertanyaan dan tanggapan untuk yang belum punya pengalaman kerja

- Pertanyaan dan tanggapan untuk yang sudah punya pengalaman kerja

- Jawaban untuk pertanyaan = MOTIVASI kerja anda apa?


Demikian klarifikasi perihal bagaimana perilaku yang baik dan benar dikala melaksanakan wawancara atau interview pekerjaan.Semoga bisa membantu anda semua.Terimakasih telah membaca,see uu.
Sumber http://www.pujihartono.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Perilaku Ketika Wawancara Kerja Yang Baik Dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel