iklan

Pengertian Html Dan Fungsinya

Pengertian HTML dan Fungsinya - Hypertext Markup Language (HTML) ialah bahasa markup yang dipakai untuk menciptakan halaman web, menampilkan banyak sekali gosip dalam browser Internet dan memformat hypertext sederhana yang ditulis dalam format file ASCII untuk menghasilkan tampilan formulir yang terintegrasi.

Dengan kata lain, file dibentuk dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah HTML.

Mulai dari bahasa yang banyak dipakai di dunia penerbitan dan cetak yang disebut SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML ialah standar yang banyak dipakai untuk menampilkan halaman web.

 ialah bahasa markup yang dipakai untuk menciptakan halaman web Pengertian HTML dan Fungsinya
HTML


HTML dikala ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan untuk dipakai oleh World Wide Web Consortium (W3C).

HTML diciptakan oleh kerja sama Tim Caillau dengan Berners-lee Robert dikala mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN ialah sebuah forum penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Dokumen HTML serupa dengan dokumen biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah pos sanggup berisi kode yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu.

Misalnya kalau ingin menciptakan goresan pena yang ditampilkan menjadi tebal seperti: Sejarah Perkembangan Internet, maka tulisannya selesai dengan: <b>Sejarah Perkembangan Internet</ b>.

Tanda <b> dipakai untuk mengaktifkan petunjuk cetak tebal, diikuti oleh goresan pena yang ingin dicetak tebal, dan diakhiri dengan tanda </ b> untuk menonaktifkan cetak tebal.

HTML lebih menekankan pada penggambaran struktur dan komponen format di dalam halaman web daripada memilih tampilannya.

Sedangkan browser web dipakai untuk menafsirkan tata letak halaman dengan gaya penjelajah web built-in dengan memakai jenis teks, tab, warna, garis, dan alignment teks yang diinginkan ke komputer yang menampilkan halaman web.

Salah satu hal penting ihwal keberadaan HTML ialah tersedianya Lingua franca (bahasa komunikasi) antar komputer dengan kemampuan yang berbeda.

Pengguna Macintosh tidak bisa melihat tampilan yang sama menyerupai tampilan yang terlihat pada komputer berbasis Windows. Pengguna Microsoft Windows tidak akan sanggup melihat tampilan yang sama dengan tampilan yang terlihat pada pengguna yang memakai Sun Microsystems Products.

Namun pengguna tersebut sanggup melihat semua halaman web yang diformat dan berisi Graphics and Links.

Kegunaan lainnya
Mengintegrasikan gambar dengan teks.
Buat Link.
Mengintegrasikan live sound dan image recording.
Buat formulir interaktif.
Edit format posting

HTML memungkinkan seseorang untuk mengedit tampilan atau format file yang akan dikirim melalui media online. Beberapa hal yang sanggup Anda lakukan dalam memilih format file adalah:

Menampilkan sekelompok kata dalam beberapa ukuran yang bisa dipakai untuk judul, judul dan sebagainya.
Menampilkan teks dengan abjad tebal
Menampilkan sekelompok kata dalam abjad miring
Menampilkan naskah dalam bentuk abjad yang menyerupai dengan hasil mengetik mesin tik
Ubah ukuran pos untuk karakter tertentu.


Jenis Jenis HTML
Secara umum, ada 4 jenis elemen HTML: Struktural. Bendera yang memilih tingkat atau tingkat pos (misalnya, <h1> Perangkat Keras Komputer </ h1> akan menginstruksikan peramban untuk menampilkan "perangkat keras komputer" sebagai pos tebal besar yang menawarkan sebagai Judul Presentasi 1.

Tanda yang memilih tampilan sebuah pos tidak terkait dengan tingkat teks (misalnya, <b> boldface </ b> akan ditampilkan tebal.

Tanda kini sekarang digantikan oleh CSS dan tidak disarankan untuk menyesuaikan tampilan teks, Hypertext.

Tanda yang menawarkan tautan ke bab dokumen atau tautan ke dokumen lain (misalnya <a href="http://www.kangmuizz.com/"> kangmuizz </a> akan menampilkan kangmuizz sebagai hyperlink ke URL tertentu),
Elemen widget yang menciptakan objek lain menyerupai tombol (<button>), daftar (<li>), dan garis horisontal (<hr>).

Baca Juga: Pengertian URL dan Fungsinya

Konsep hypertext dalam HTML memungkinkan generasi link ke sekelompok kata atau frasa untuk hingga ke bab manapun dari World Wide Web.

Ada tiga macam link yang bisa digunakan:

Tautan ke bab lain halaman.
Tautan ke halaman lain dalam satu situs web.
Tautan ke sumber daya atau situs web yang berbeda.

Selain markup presentasi, markup lainnya tidak memilih bagaimana tampilan sebuah pos. Tapi untuk dikala ini, penggunaan tag HTML untuk memilih pandangan telah disarankan untuk mulai ditinggalkan, dan alih-alih memakai Cascading Style Sheets.

Contoh dokumen HTML sederhana
Untuk HTML 4

<! DOCTYPE HTML PUBLIC "- // W3C // DTD HTML 4.01 // EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd">
<html>
<head bgcolor = teks hitam = putih>
<title> Selamat Datang HTML </ title>
</ head>
<body>
<p> Halo dunia! </ p>
</ body>
</ html>

Untuk HTML 5

<! DOCTYPE HTML>
<html>
<head style = "background-color: black; color: white;">
<title> Selamat Datang HTML </ title>
</ head>
<body>
<p> Halo dunia! </ p>
</ body>
</ html>

Head
Dokumen HTML diapit tag <HEAD> </ HEAD>. Di bab ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul halaman pada judul browser. Selain itu Bookmark juga memakai tag TITLE untuk menandai sebuah situs web.

Browser menyimpan "title" sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya judulnya dipakai sebagai kata kunci.

Header juga berisi tag META yang biasanya sanggup dipakai untuk memilih gosip spesifik ihwal dokumen HTML. Anda sanggup memilih nama penulis, kata kunci, dan yang lainnya pada tag META.

Contoh:
<meta name = "author" content = "ubuntu-online">

Body
Bagian BODY, yang ditunjukkan oleh tag <BODY> ... </ BODY>, ialah tubuh atau isi dokumen HTML kawasan Anda menempatkan gosip yang akan ditampilkan di browser.

Tag
HTML tidak membedakan antara abjad besar dan abjad kecil dari sebuah elemen. Elemen HTML terdiri dari tag dan teks yang ada di tag tersebut. Tag ini dinyatakan dengan tanda yang lebih kecil (<) dan lebih besar (>).

Tag biasanya sepasang yang disebut oleh:

Start tag, dinyatakan dalam bentuk <tag name>
Tag akhir, dinyatakan dalam bentuk tag </ name>
Format: <tag name> teks yang ditampilkan </ name tag>.

Contoh: untuk menampilkan teks dalam format teks miring Teks ini tampak miring pada browser Anda dengan perintah HTML <i> Teks ini terlihat miring pada browser Anda </ i>

Atribut
Tag awal sanggup mempunyai beberapa atribut yang menyatakan karakteristik tag. Misalnya, <P STYLE = "text-align: left"> dipakai untuk menciptakan perataan paragraf kiri.

Tag yang dipakai ialah <P> dan atribut yang menempel padanya ialah nilai STYLE dengan "text-align: left". Nilai atribut STYLE ditulis dalam bahasa CSS.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Html Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel