iklan

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Badan Beserta Kandungan Gizinya

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya


Sedulurtani.com Nanas merupakan buah dengan rasa bagus maupun asam yang mempunyai banyak sekali manfaat luar biasa untuk kesehatan badan kita.


Saat ini, sebagian dari masyarakat Indonesia telah menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang menyehatkan, menyerupai halnya nanas. Nanas mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian badan kita.


Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin mengembangkan info terkait manfaat nanas bagi kesehatan badan beserta kandungan gizinya. Sebelum anda membaca manfaat nanas untuk kesehatan, telebih dahulu kami sajikan kandungan gizi nanas yang cukup penting untuk diketahui.


Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya
Manfaat Nanas Bagi Kesehatan


Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya


Berikut ini ialah kandungan gizi buah nanas per 100 gram.

Kandungan zat gizi dalam 100 gram buah nanas masak.





























































Komponen Zat GiziBanyaknya
Kalori50 kal
Protein0,40 g
Lemak0,20 g
Karbohidrat13,0 g
Kalsium (Ca)19,0 g
Posfor (P)9,0 g
Serat0,40 g
Besi (Fe)0,20 g
Vitamin A20,00 RE
Vitamin B10,08 mg
Vitamin B20,04 mg
Vitamin C20,00 mg
Niacin0,20 g

Sumber: Buah dan Sayur Untuk Terapi, 2000


Setelah anda mengetahui kandungan nutrisi nanas, maka selanjutnya yaitu manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh.


Berikut ini ialah manfaat buah nanas bagi kesehatan badan kita :

1. Sebagai Antioksidan

Manfaat buah nanas bagi kesehatan yang pertama yaitu sanggup menjadi antioksidan. Nanas merupakan buah yang populer kaya akan kandungan enzim bromelain. Buah ini juga mempunyai potensi yang tinggi sebagai sumber antioksidan. Manfaat buah nanas sebagai antioksidan ini dikarenakan mempunyai kandungan magan. Dimana mineral mikro ini sangat diharapkan didalam memproduksi enzim SOD yang berperan sebagai antioksidan.


Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dan beta-karoten pada nanas menciptakan antioksidan pada buah ini semakin lengkap. Kandungan tersebut dikenal bisa untuk menangkal radikal bebas. Oleh lantaran itu, sering mengkonsumsi nanas akan sanggup melindungi seleruh sel dan sitoplasma pada badan kita dari damapak radikal bebas.


2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Nanas merupakan buah yang mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga membawa manfaat baik bagi pencernaan badan kita. Pada umumnya makanan yang kaya akan serat biasanya susah untuk dicerna, akan tetapi lain halnya dengan nanas.


Nanas juga mengandung enzim yang baik untuk pencernaan yang biasa disebut dengan enzim bromelain. Enzim tersebut merupakan adonan dari enzim proteolitik yang sanggup membantu usus kita memecar. Selain itu, enzim ini juga sanggup berfungsi untuk menyerap protein lebih baik dan meringankan sakit perut menyerupai diare.


3. Menyehatkan Jantung

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sebuah penelitian di Firlandia membuktikan bahwa hasil asupan Vitamin C yang mencukupi badan bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung koroner.


Selain itu kandungan kalium dari buah nanas juga dipercaya sanggup menurunkan resiko serangan stroke dan menurunkan resiko penyakit jantung iskemik yang mematikan. Hal tersebut dikarenakan kalium juga berfungsi untuk menjaga ritme denyut jantung dan tekanan darah agar stabil.


4. Mencegah kanker

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C pada nanas memiliki sifat antioksidan, sehingga sanggup berfungsi untuk menagkal radikal bebas. Dimana radikal bebas akan sanggup memicu tumbuhnya kanker pada tubuh.


Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa bromealin dalam nanas bisa untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Didalam mendapat hasil yang maksimal disarankan agar mengonsumsi nanas sebanyak 80 gram per hari.


Akan tetapi bagi penderita diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini. Hal tersebut dikarenakan nanas mempunyai kadar gula yang cukup tinggi mencapai 10%.


5. Penyembuhan Luka

Buah nanas mempunyai kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi dan bermanfaat untuk menyembuhkan luka dengan sangat efektif. Cara mengobati luka pada badan sanggup dilakukan dengan cara mengoleskan jus nanas pada area yang terasa sakit.


Beberapa penelitian medis juga menyatakan bahwa orang yang mengaplikasikan bromelain pada lukanya, menciptakan masa penyembuhanya akan lebih cepat daripada yang tidak diaplikasikan. Akan tetapi untuk penggunaanya akan lebih baik jikalau anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawat anda.


6. Meredakan Sembelit

Penyakit sembelit secara umum disebabkan lantaran kurangnya mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat salah satunya bisa anda dapatkan dari buah nanas.


Dr. David Fajar P. MS yang merupakan dokter seorang jago gizi menyatakan bahwa buah kaya serat menyerupai apel, mangga, pepaya, jambu biji merah, dan nanas sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.


Akan tetapi dari semua buah tersebut yang paling dianjurkan yaitu nanas. Hal tersebut dikarenakan nanas mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu dari per 100 g nanas mengandung 1,4 g serat.


Caranya cukup mudah, yaitu buat jus nanas dan gunakan nanas yang tidak terlalu masak. Kemudian minum jus nanas secara teratur, maka anda akan mendapat manfaat nanas didalam meredakan sembelit.


7. Menyehatkan Gusi Gigi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa buah nanas mempunyai kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Dimana vitamin C yang terdapat pada buah nanas ini mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan gigi.


Maka bagi anda yang sering mengalami sakit gigi dianjurkan untuk sering mengonsumsi buah nanas.


Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya


Manfaat nanas untuk kesehatan telah admin sampaikan, antara lain sanggup menjadi antiokasidan, menyehatkan pencernaan, menyehatkan jantung, mencegah kanker, penyembuhan luka, meredakan sembelit, dan menyehatkan guzi.


Baca juga :



Demikian artikel tentang, Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya. Semoga sanggup bermanfaat bagi anda.




Sumber https://www.sedulurtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Badan Beserta Kandungan Gizinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel