iklan

Lariskan Produk Dengan Menerapkan Administrasi Pemasaran

Ketika Anda sudah mempunyai sebuah perjuangan atau bisnis. Maka sudah sepatutnya Anda mencari cara sempurna semoga produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen sanggup laku dan dikenal oleh banyak orang. Disinilah tugas marketing akan lebih dominan, salah satu dilema yang sering muncul pada UKM di Indonesia yakni penerapan administrasi pemasaran.


Sebagian pengusaha menganggap pemasaran ialah bagaimana produk sanggup terjual dan pengusaha sanggup mendapat untung yang cukup banyak. Padahal di abad persaingan pasar yang cukup ketat, pemasaran bukan sekedar menjual produk, namun apa nilai tambah yang sanggup diberikan kepada masyarakat dari produk atau jasa yang kita berikan.


Banyak pengusaha yang sudah mendirikan usaha, namun tidak mempunyai seni administrasi pemasaran yang tepat. Padahal seni administrasi ini sangatlah penting untuk dijalankan demi mendapat keuntungan dari penjualan produk atau jasa. Sebagai pengusaha pemula, mungkin Anda masih resah apa itu administrasi pemasaran, dan pentingnya untuk perjuangan yang Anda miliki.


Apa itu Manajemen Pemasaran


Jika kita melihat pengertian dari Wikipedia, Manajemen pemasaran ialah salah satu proses untuk mencapai tujuan perjuangan dengan memanfaatkan sumber daya internal yang ada untuk melaksanakan perencanaan, acara memenuhi tujuan-tujuan, dan mengukur kemajuan ke arah yang ingin dicapai.


Pengertian lain menyebutkan, administrasi pemasaran sebagai kegiatan pokok untuk mempertahankan kelangsungan perusahaan, perkembangan perusahaan dan mendapat laba. Disini dalam memilih pemasaran diharapkan sebuah perencanaan, semoga tujuan-tujuan yang Anda inginkan dari perjuangan yang Anda jalankan sanggup tercapai dan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan.


Mengapa Pemasaran Penting?


Pemasaran ialah salah satu cara yang dilakukan untuk memperkenalkan produk dan jasa perjuangan Anda semoga sanggup dikenali oleh masyarakat, dan masyarakat mau membeli serta menggunakannya.


Pemasaran hingga ketika ini ialah salah satu hambatan yang sering dihadapi oleh para pengusaha UKM di Indonesia, terutama mereka para pengusaha pemula. Para pengusaha sering mengabaikan pentingnya pemasaran, alasannya ialah mereka lebih sering memakai konsep konvensional yang menunggu datangnya konsumen.


Padahal ketika ini cara tersebut sudah tidak terlalu efektif. Karena konsumen tidak ingin hanya sekedar tiba ke store untuk melihat produk tanpa beliau mengetahui nilai tambah apa yang akan diperoleh ketika mereka membeli produk tersebut. Disinilah pentingnya administrasi dan seni administrasi pemasaran yang harus diterapkan oleh pengusaha semoga produk dan jasa mereka sanggup laku dan mendapat keuntungan yang besar.


Kendala yang Sering Dihadapi UKM


Kendala dalam menerapkan administrasi atau konsep pemasaran pada perjuangan kecil dan menengah ialah dana yang ingin dikeluarkan untuk melaksanakan pemasaran tersebut. Sehingga banyak pengusaha UKM yang enggan menerapkan seni administrasi dan administrasi untuk pemasaran produk dan jasa yang ia tawarkan. Padahal pemasaran merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh produsen semoga produk atau jasa yang ia tawarkan sanggup hingga kepada konsumen. Tanpa adanya pemasaran, maka sangat sulit produk dan jasa tersebut hingga di tangan konsumen.


Selain dana, hambatan yang paling sering dihadapi oleh UKM ketika ingin melaksanakan pemasaran ialah sumber daya manusia. Mungkin Anda sudah mempunyai pekerja yang bekerja untuk menciptakan barang, namun Anda tidak mempunyai pekerja yang memasarkan.


Umumnya, kalau perjuangan Anda masih cukup kecil dan belum begitu berkembang maka cara yang sangat gampang untuk melaksanakan pemasaran, dan menerapkan konsep pemasaran yakni dilakukan oleh Anda sendiri sebagai pemilik usaha. Saat Anda memulai untuk menjalankan pemasaran dengan tenaga Anda sendiri, tentunya hal itu akan membantu untuk menekan budget yang dikeluarkan untuk pemasaran.


Meskipun terkadang dana menjadi hambatan yang paling sering di alami oleh pengusaha, bukan berarti hal tersebut menciptakan Anda tidak sanggup menerapkan konsep marketing yang terbaik dan efektif. Anda masih sanggup melaksanakan beberapa cara untuk menerapkan konsep marketing untuk perjuangan Anda dan produk Anda sanggup hingga ke tangan masyarakat.


Langkah Sederhana Menerapkan Manajemen Pemasaran


Terdapat langkah-langkah yang sanggup Anda lakukan untuk menerapkan sistem pemasaran yang sempurna untuk perjuangan Anda. Tentunya dengan langkah-langkah yang low budget. Bagaimana caranya, berikut beberapa langkah yang sanggup Anda lakukan.


Manfaatkan Internet


Saat ini, para produsen yang ingin menjangkau para konsumen sanggup memanfaatkan internet. Internet menjadi salah satu media yang paling efektif dalam memasarkan sebuah produk. Anda sanggup mencoba memakai internet untuk memasarkan produk yang Anda jual.


Hal yang penting ketika melaksanakan penjualan melalui internet, berilah konsumen foto-foto produk yang menarik, dan berikanlah deskripsi mengenai produk serta nilai tambah yang sanggup didapatkan oleh konsumen dari produk milik Anda.


Selain itu, Anda harus mempunyai media umum yang dipakai khusus untuk berdagang dan memasarkan produk. Anda sanggup memanfaatkan Facebook, Instagram, Path, dan media umum lainnya untuk kepentingan pemasaran produk yang Anda miliki.


Anda juga wajib mempunyai website khusus untuk produk milik Anda. Website-website ini akan membantu dalam menjalankan seni administrasi pemasaran kepada konsumen. Dalam menjelaskan produk dalam website, jangan selalu menawarkan keunggulan produk dan jasa Anda. Berilah nilai tambah yang sanggup didapatkan oleh konsumen.


Manfaatkan Rekan dan Kerabat Anda


Jika Anda gres memulai usaha, dan belum ada orang-orang yang mengenal produk Anda, salah satu cara yang paling efektif ialah dengan memanfaatkan rekan dan kerabat Anda terlebih dahulu yang membeli produk dan jasa milik Anda.


Setelah itu, mintalah komentar mereka atau minta tolong mereka untuk memposting produk Anda ke media-media sosial milik mereka. Cara ini secara tidak eksklusif ialah salah satu konsep administrasi pemasaran yang paling efektif diterapkan oleh para konsumen.


Gunakan Konsep Keagenan


Mungkin Anda mempunyai rekan atau kerabat yang menjadi biro produk asuransi. Nah sistem keagenan merupakan salah satu konsep marketing yang cukup efektif untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Anda sanggup menerapkan administrasi marketing dengan sistem keagenan dalam penerapan konsep marketing pada bisnis Anda.


Berikanlah para agen-agen dengan komisi yang cukup besar kalau sanggup menjualkan produk Anda. Cara ini dilakukan untuk memotivasi para biro semoga terus semangat dalam menjualkan produk mereka. Sehingga produk Anda sanggup dikenal oleh masyarakat.


Untuk mendata jumlah biro dan produk atau jasa yang terjual oleh biro dan menghitung komisi yang akan diberikan kepada biro semoga tidak keliru, maka Anda sebagai pemilik bisnis sanggup memakai Accurate Online (AOL) sebagai software akuntansi online yang sanggup Anda gunakan untuk melaksanakan penghitungan penjualan produk-produk UKM. Anda juga sanggup eksklusif menciptakan jurnal dan menyusun pembukuan keuangan bisnis Anda dengan AOL. Dan sanggup mengakses AOL kapan saja alasannya ialah AOL sanggup diakses melalui smartphone.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lariskan Produk Dengan Menerapkan Administrasi Pemasaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel