iklan

Ingat, 7 Pertimbangan Bagaimana Menentukan Software Akuntansi

Keberadaan software akuntansi cukup membantu perusahaan dan pengusaha dalam menciptakan jurnal dan juga menyusun pembukuan keuangan. Sejak awal 2000an cukup banyak pengembang software akuntansi yang menyediakan banyak sekali fitur menarik bagi perusahaan-perusahaan. Lalu sebagai pengusaha bagaimana menentukan software akuntansi yang sempurna untuk bisnis Anda.


Jangan sampai, sesudah Anda membeli sebuah software accounting malah menciptakan Anda menyesal. Padahal biaya pembelian sudah cukup besar, namun software tidak sesuai dengan cita-cita dan kebutuhan perusahaan atau bisnis Anda. Sebelum Anda menyesal, maka Anda harus melaksanakan survei, bertanya dengan rekan-rekan pengusaha lain, dan juga mencoba satu per satu software yang Anda inginkan. Pilihlah software yang menyediakan versi demo supaya Anda sanggup mencobanya.


Karena keberadaan software akan memudahkan jalannya bisnis Anda. Serta pencatatan keuangan yang ada pada bisnis Anda sanggup diatasi dengan baik tanpa memusingkan Anda lagi sebagai pemilik usaha. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan ketika ingin membeli software akuntansi.


Bagaimana Memilih Software Akuntansi Untuk Perusahaan dan Bisnis


Tentukan Kebutuhan Bisnis Anda


Sebelum membeli software akuntansi, maka disarankan untuk menentukan kebutuhan pada perusahaan Anda. Tentunya kebutuhan antara perusahaan dengan skala bisnis besar, menengah atau kecil berbeda. Serta fitur yang diharapkan pun berbeda untuk setiap bidang bisnis yang Anda jalankan.


Pilihlah software menurut kebutuhan keuangan dan administrasi perusahaan Anda. Bagaimana proses dan penerapan sistem akuntansi di perusahaan Anda, menjadi salah satu aspek penting dalam menentukan ingin membeli software akuntansi yang ibarat apa.


Kebutuhan sangatlah penting, supaya fitur yang terdapat dalam software tersebut sanggup sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Terlepas itu, jenis perjuangan yang Anda jalankan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan software akuntansi. Tentunya belilah software akuntansi yang benar-benar sanggup di customize sesuai dengan perusahaan atau bisnis anda, sehingga sanggup diadaptasi dengan bisnis yang Anda miliki.


Berapa Harga Software?


Bagaimana menentukan software akuntansi untuk bisnis? Setelah menentukan kebutuhan bisnis pada software akuntansi. Maka sekarang saatnya Anda menentukan harga yang sesuai dengan budget perusahaan atau perjuangan Anda dalam menentukan software yang ingin Anda gunakan.


Jangan pilih software yang terlalu murah dan tidak perlu menentukan yang sangat mahal. Karena, software akuntansi yang murah umumnya tidak mempunyai fitur yang lengkap. Berbeda dengan software yang cukup mahal, umumnya fiturnya cukup lengkap.


Tetapi software yang cukup mahal, umumnya digunakan untuk perusahaan-perusahaan skala besar dan jumlah transaksi yang terjadi pada perusahaan pun sudah cukup banyak. Sehingga sangat sempurna untuk menentukan software yang sesuai budget dan juga fitur yang digunakan sesuai pada kebutuhan bisnis anda.


Bagaimana Sistem Keamanan Pada Software Tersebut


Ketika Anda memakai software akuntansi, maka salah satu pertimbangan yang harus benar-benar dipikirkan yaitu sistem keamanan pada software tersebut. Ini penting, alasannya yaitu data keuangan perusahaan Anda akan tersimpan pada software tersebut. Terlebih kalau software yang Anda gunakan tidak mempunyai sistem keamanan yang baik, maka tak perlu Anda menggunakannya. Tidak perlu lagi Anda menentukan software akuntansi tersebut untuk Anda pakai apa lagi membelinya.


Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kehilangan data perusahaan. Terlebih kalau Anda menentukan software akuntansi dengan sistem online. Bagaimana tingkat keamanan yang diberikan oleh software terhadap data-data perusahaan Anda.


Salah satu software akuntansi yang mempunyai tingkat keamanan setara dengan data keuangan bank yaitu Accurate software. Saat ini Accurate sudah mengepakan sayapnya dengan versi online dengan penyimpanan memakai cloud.


Meskipun dengan sistem online, sistem keamanan dari Accurate akan sanggup terjaga. Bahkan Accurate sanggup diletakan pada server milik perusahaan. Sehingga perusahaan dan bisnis Anda tidak memerlukan server lain untuk memakai Accurate, serta keamanannya pun sanggup terjaga dengan baik.


Pikirkan Layanan After Sales


Layanan after sales pun harus menjadi materi pertimbangan dalam menentukan software akuntansi yang ingin Anda gunakan. Bagaimana menentukan software akuntansi yang mempunyai layanan after sales yang fast respon?


Anda harus mencari tahu bagaimana layanan after sales yang diberikan oleh pihak software. Karena ketika Anda sedang memakai software tersebut, mungkin ketika sibuk-sibuknya tiba-tiba software Anda mengalami gangguan. Hal ini harus menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan software.


Teknologi yang Selalu Update


Anda harus sanggup menentukan software akuntansi yang mempunyai layanan selalu update dengan mengikuti perkembangan kemajuan bidang akuntansi. Jangan hingga Anda hanya menentukan software akuntansi yang hanya mengikuti perkembangan ilmu teknologi yang terjadi ketika ini saja.


Mudah Digunakan


Hal ini cukup penting, bagaimana kalau Anda bukanlah pengusaha yang berlatar belakang akuntansi. Anda pemilik UKM, namun Anda tidak begitu paham mengenai akuntansi. Maka hal ini sangat penting dalam menentukan bagaimana menentukan software akuntansi yang sempurna dan gampang digunakan oleh Anda.


Bisa Digunakan Untuk Transaksi Perpajakan


Tentunya Anda tidak ingin kan software akuntansi yang Anda gunakan hanya sanggup digunakan untuk membuat jurnal dan pembukuan keuangan saja bukan? Bagaimana menentukan software akuntansi untuk perjuangan Anda, maka pilihlah yang sanggup digunakan untuk menghitung PPn, PPh, dan mencetak faktur pajak. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda.


Software yang paling sempurna untuk menyusun transaksi perpajakan yaitu dengan Accurate software. Anda sanggup menyusun e-faktur dalam software Accurate. Bahkan laporan perpajakan Anda sudah niscaya diterima kantor pajak ketika Anda memakai Accurate dalam penyusunan.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ingat, 7 Pertimbangan Bagaimana Menentukan Software Akuntansi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel