iklan

Berbagai Bisnis Online Yang Dapat Dilakukan Oleh Mahasiswa Dan Karyawan

Saat ini untuk memulai sebuah bisnis tidaklah sulit. Terlebih bisnis yang Anda jalankan fokus pada penjualan melalui online dalam pemasarannya. Bagaimanapun, bisnis dengan online bisa dibilang tanpa modal dan bisa dilakukan oleh mahasiswa maupun karyawan. Cara memulai bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan pun cukup banyak jenisnya.


Anda yang ketika ini masih mahasiswa tingkat final dan sedang membutuhkan uang untuk ‘ongkos’ penelitian, maka untuk menambah ongkos tersebut bisa mencoba untuk melaksanakan berjualan secara online untuk menambah uang saku yang Anda.


Jika Anda seorang karyawan, dan ketika ini merasa honor Anda kurang sudah sebaiknya memang Anda memulai usaha. Tentunya pilihlah perjuangan yang bisa Anda lakukan tanpa harus menganggu waktu kerja Anda di perusahaan. Pastinya kalau Anda ingin memulai usaha, pilihlah perjuangan yang bisa Anda kerjakan ketika Anda mempunyai waktu luang.


Sebenarnya, kalau Anda mau melaksanakan penelitian kecil-kecilan, maka Anda bisa mendapat aneka macam wangsit bisnis yang cocok untuk Anda. Sesuaikanlah bisnis yang Anda jual dengan hobi yang Anda sukai. Jangan hingga Anda terlalu banyak coba-coba, dan tidak fokus ingin melaksanakan perjuangan apa.


Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa dan karyawan


Menjadi Penulis Online


Saat ini banyak orang yang mempunyai pendapatan pemanis hanya sekedar menulis di blog. Mereka mendapat uang hanya dari menulis di blog. Blog siapa yang Anda tulis? Siapa saja, ketika ini banyak instansi yang membutuhkan orang khusus untuk mengisi blog mereka. Selain instansi, cukup banyak individu-individu yang setiap hari mencari penulis untuk mengisi blog mereka. Anda bisa mencari di situs-situs penyedia jasa freelance. Anda bisa mengakibatkan kemampuan menulis Anda sebagai bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan.


Web Development


Anda mempunyai kemampuan menciptakan website? Sebenarnya kalau Anda bisa memanfaatkan peluang ini, maka Anda bisa membuka jasa web development sebagai menjadi bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan kantoran. Anda yang kuliah di jurusan IT, peluang ini sangat menjanjikan untuk Anda. Apa lagi sudah banyak forum dan individu yang membutuhkan website untuk kebutuhan langsung mereka.


Membuat Toko Online


Selain Anda membuka jasa web development, kalau Anda mempunyai kemampuan membangun website, disela-sela pekerjaan, Anda bisa menciptakan toko online untuk Anda jual kembali. Setelah toko online tersebut sudah ada? Apa yang akan Anda lakukan? Di toko online ini, Anda bisa mengisi dengan produk-produk yang Anda peroleh dari supplier-supplier.


Untuk jenis produk, sebaiknya sesuaikan dengan hobi Anda. Misal Anda mempunyai hobi olahraga, maka Anda bisa membuka toko online peralatan olahraga. Jika Anda menyukai dunia fashion, maka Anda bisa menjual produk-produk fashion pada toko online Anda tersebut.


Jasa Konsultasi Online


Bisnis online yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa dan karyawan yang mempunyai kemampuan tertentu ialah konsultasi online. Anda bisa menyediakan jasa konsultasi menyerupai konsultasi keuangan, konsultasi desain eksterior dan interior rumah, dan juga konsultasi online yang sesuai dengan keahlian Anda dalam bidang tertentu. Karena itu akan membantu Anda untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis secara online.


Desain Grafis


Bisnis online selanjutnya yang bisa Anda lakukan sebagai sambilan untuk menambah uang saku ialah desain grafis. Dengan mempunyai kemampuan desain grafis yang mumpuni, Anda bisa menjual karya Anda kepada orang-orang yang membutuhkan.


Atau Anda menunjukkan kemampuan Anda tersebut kepada orang lain. Jasa desain grafis cukup banyak diburu oleh orang-orang yang memang membutuhkan desain grafis untuk aneka macam keperluan, menyerupai untuk website mereka maupun untuk iklan digital mereka. Jika Anda mempunyai kemampuan yang baik dalam desain grafis, maka Anda bisa mencoba untuk mencari klien yang membutuhkan jasa Anda.


Affiliate


Bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan selanjutnya yakni menjadi affiliate marketer. Dengan menjadi affiliate, Anda bisa mendapat komisi yang cukup besar dari penjualan tersebut. Apa lagi, dengan menjadi affiliate, Anda bisa berbisnis tanpa mengeluarkan modal sama sekali.


Lalu, Anda berjualan secara affiliate hanya perlu duduk di depan laptop tanpa harus melaksanakan direct selling. Karena produk-produk yang Anda jual dengan sistem affiliate bisa dilakukan dengan berdagang secara online, baik menggunakan blog dan juga memanfaatkan marketplace yang ada di Indonesia.


Salah satu cara untuk mendaftar sebagai Affiliate ialah Accurate Digital Partner (ADP). Dengan mendaftar ADP, Anda bisa mendapat komisi hingga 20 % dari menjual produk Accurate Online (AOL). AOL ialah software akuntansi yang sangat cocok dipakai oleh para pelaku UKM. Sehingga para pelaku UKM tersebutlah yang akan menjadi sasaran pasar Anda.


Reseller & Dropshipper


Selain affiliate, bisnis online yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dan karyawan ialah sebagai reseller. Reseller ialah dengan menjual kembali produk yang sudah ada. Anda bisa menjualnya secara online melalui marketplace. Dengan menjadi reseller, Anda bisa membeli produk-produk yang dijual secara offline dan Anda jual kembali secara online.


Selain reseller, Anda juga bisa melaksanakan bisnis online dropshipper. Beda antara reseller dan dropshipper, kalau reseller Anda harus menyetok barang-barang yang ingin Anda jual. Tetapi kalau dropshipper, Anda tidak perlu menyetok barang. Anda cukup mencari supplier saja. Jika Anda mendapat pesanan, maka Anda cukup menghubungi supplier tersebut, dan pihak supplier yang akan mengirimkan barang tersebut ke konsumen dengan menggunakan nama toko Anda.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berbagai Bisnis Online Yang Dapat Dilakukan Oleh Mahasiswa Dan Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel