iklan

7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kau Yang Gres Menerima Pekerjaan Pertama

Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan PertamaBekerja ialah salah satu aktivitas wajib yang dilakukan oleh manusia. Dengan bekerja, seseorang tentu saja akan mendapat penghasilan berupa uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekaligus menunjang kewajiban-kewajiban lainnya. Misalnya kebutuhan untuk makan, kebutuhan untuk mendapat pendidikan, kemudahan kesehatan, hiburan, bahkan kebutuhan untuk bersosial.


Pasti bagi kau yang gres akibat jenjang sekolah/kuliah, merasa bahagia dong ketika sanggup pekerjaan pertama. Apalagi pekerjaan yang sesuai dengan impianmu selama ini. Rasanya excited, iya kan? Seakan-akan hari pertama kerja ibarat hari yang dinanti-natikan seumur hidupmu.


Tapi guys, jangan mentang-mentang kau sudah bisa nyari duit sendiri, kau boleh bersikap boros. Saat gajian, kau kalap membeli semua barang-barang yang kau suka. Kamu sering pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang diinginkan, dan berfoya-foya menghabiskan uang gajian bulananmu. Kamu tidak berfikir bahwa uang yang kau sanggup juga harus ditabung untuk masa depan.


Sebagai orang yang gres masuk ke dalam dunia kerja, kau musti berusaha untuk mengelola keuanganmu sendiri. Jangan buang-buang uang untuk hal-hal yang kurang penting dan sifatnya sementara. Berikut ini ialah beberapa tips untuk mengelola keuangan bagi kau yang gres pertama bekerja.


Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama




  1. Membuka Rekening Lain Khusus Untuk Uang Simpanan




Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: wisegeek.com


Ketika kau mulai bekerja sebagai karyawan dalam salah satu perusahaan, pastilah kau akan mendapat gaji/upah setiap bulannya. Bila saatnya tanggal gajian tiba, biasanya HRD perusahaan kau akan mentransfer uang honor ke rekening utama.


Nah, kau harus sanggup mulai mengelola pendapatanmu sendiri. Bagilah uang gajimu untuk keperluan selama sebulan. Sisihkan untuk bayar kost, uang makan, jatah untuk orang bau tanah dan uang hiburan. Dan jangan lupa, sisihkan uang untuk disimpan. Usahakan setiap bulan kau harus menyisihkan uang untuk ditabung.


Lebih baik kau buatkan rekening lain khusus untuk menyimpan uang tabunganmu. Simpan uangmu ke rekening tersebut dan jangan kau utak atik lagi. Kalau perlu, jangan simpan kartu ATM rekening tersebut di dalam dompetmu, sebab apabila ada ‘godaan mendadak’, kau masih sanggup mengontrol. Setidaknya hingga kau pulang ke rumah/kost.


Lakukan hal itu setiap bulannya ketika tanggal gajian tiba. Konsisten dan tetap berpikir konkret bahwa uang tabunganmu akan bermanfaat untuk masa depan.


Baca juga: Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal? Coba Cara Ini!




  1. Usahakan Menggunakan Uang Pas Saat Transaksi Pembayaran




Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: tipstipis.com


Siapa yang malas menghitung uang lebih dulu ketika hendak membayar sesuatu? Barangkali kau salah satunya. Memang terkadang kita lebih merasa efisien ketika membayar dengan uang nominal besar sebab malas menghitung dengan uang pas. Padahal itu cukup kuat untuk mengelola keuanganmu loh.


Bila memungkinkan, menggunakan uang pas ketika melaksanakan transaksi sanggup menjadi ‘senjata’ untuk mengelola uang secara efektif. Boleh percaya atau tidak, biasanya uang yang sudah terpecah menjadi nominal yang lebih kecil, habisnya akan lebih cepat. Sebaliknya, uang nominal besar akan sayang untuk digunakan. Iya, nggak?


Satu lagi laba membayar dengan uang pas, kau akan terhindar dari perilaku menyia-nyiakan uang. Apabila membayar dengan uang nominal besar, maka memungkinkan kau mendapat kembalian uang receh atau koin. Kamu jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan uang koin untuk membayar, kan? Uang koin hasil kembalian hanya kau simpan di dalam toples tanpa tahu akan digunakan untuk apa.




  1. Belanjakanlah Uang Koinmu




 


Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: rachmaaprilia.blogspot.com


Masih ada hubungannya dengan poin kedua, salah satu cara mengelola uang yang benar ialah dengan membelanjakan uang koinmu. Kamu mungkin tipikal orang yang suka menyimpan uang koin hasil kembalian ke dalam toples. Makin usang koinmu menumpuk tanpa tahu harus menggunakannya untuk apa.


Mulailah belanjakan uang koinmu biar tidak terbuang percuma. Selain sanggup kau tukarkan ke warung/toko, kau sanggup juga menggunakan untuk belanja yang mempunyai nominal harga kecil. Gunakan uang koinmu untuk membayar dengan nominal di bawah 5000 rupiah. Uang koinmu juga sanggup menambah nominal ketika kau hendak membayar dengan uang pas.


Oh iya, uang koinmu juga sanggup kau sumbangkan untuk mereka yang lebih membutuhkan loh. So, kau nggak membuang uang, sekaligus sanggup bersedekah. Mantap, kan?


Baca juga: Cara Dapat Uang Lewat Internet Dengan Micro Jobs




  1. Jangan Terlalu Sering Membuang Uang untuk Sesuatu yang Bersifat Hiburan




Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: theodysseyonline.com


Tak dipungkiri, hiburan memang penting untuk kita sebagai insan normal. Tentu saja kita akan merasa bosan dengan rutinitas bekerja yang itu-itu saja setiap hari. Kamu butuh hiburan untuk kembali me-refresh pikiran. Entah itu dengan belanja barang-barang yang kau suka, menonton film, bertamasya, atau hanya sekedar ngopi-ngopi bersama teman.


Boleh saja kau menyenangkan dirimu sendiri, tapi tetap jangan berlebihan. Sisihkan dana khusus dari uang gajimu untuk hiburan. Kamu masih boleh belanja pakaian setiap bulan sekali. Atau bagi kau yang gemar nonton film, mempunyai agenda khusus sekaligus dengan pendanaannya juga layak dipikirkan. Dan untuk tamasya/piknik, lakukan beberapa bulan sekali saja yaaa…




  1. Hindari Hutang




Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: diseasecalleddebt.com


Atas alasan apapun, sebaiknya hindari berhutang. Jangan sebab teman-temanmu mempunyai kendaraan dan gadget bagus, maka kau berinisiatif untuk membeli barang-barang serupa dengan cara kredit. Membeli barang secara kredit hanya akan membebankanmu dengan bunga yang besar. Selain merugikanmu, itu juga berdosa.


Oh iya guys, kau juga tidak disarankan menggunakan credit card dulu ya. Memang credit card terkadang penting bagi kau yang  suka belanjaonline atau untuk membeli aplikasi-aplikasi handphone. Tapi, itu juga sifatnya pemborosan. Apalagi buat kau yang gres bekerja. Sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit dulu deh. Terlebih bagi kau yang masih susah tahan godaan untuk belanja.




  1. Gunakan Aplikasi Ponsel Untuk Mengelola Keuanganmu Sendiri




Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: arbamedia.com


Di kala serba modern ibarat ini, sudah bermunculan aplikasi-aplikasi ponsel berilmu yang sanggup kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja aplikasi untuk mengelola keuangan pribadi. Kita sanggup menggunakannya untuk mengatur bagaimana sebaiknya kita membelanjakan uang secara bijaksana.


Sudah banyak aplikasi yang sanggup membantu kita mengatur keuangan yang sanggup kita unduh secara gratis lewat ponsel, seperti Money Monitor,Spending Tracker, dan Money Manager. Kita sanggup masukan berapa pendapatan kita setiap bulan, pengeluaran dan otomatis tabungan yang harus kita simpan.


Yang perlu kau ingat ialah kau harus konsisten. Kamu juga harus benar-benar commit untuk mengatur keuanganmu sendiri. Oh iya satu lagi, usahakan nominal uang tabunganmu setiap bulannya meningkat. Misalnya, bulan ini kau menabung 500 ribu, maka bulan depan kau sanggup menabung 600 ribu, dan seterusnya.




  1. Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain-Lain




Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain 7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama


sumber gambar: inc.com


Kebutuhan lain-lain di sini salah satunya mencakup kebutuhan yang tidak disangka-sangka. Misalnya tiba-tiba kau sakit dan harus mengeluarkan dana untuk berobat, atau service motor yang mogok/ban bocor bagi kau yang kebetulan menggunakan sepeda motor. Kamu tidak akan pernah menebak kejadian apa yang menimpamu kelak, kan?


Sengaja menyisihkan dana untuk kebutuhan lain-lain ini sangat berguna. Di satu sisi, kau tidak perlu repot-repot mengambil dana tabungan pribadimu kalau-kalau kejadian semacam itu terjadi, namun di sisi lain kau juga sanggup menambah uang tabunganmu apabila dana ini sama sekali tidak dikeluarkan. Keren kan, guys?


Banyak hal lain gotong royong yang sanggup kau lakukan untuk mengelola keuanganmu sendiri. Yang kau perlukan hanya niat dan janji dari dalam diri kamu. Usahakan menabung di usia muda. Dengan menabung, kau akan mempunyai cukup dana untuk sanggup dimanfaatkan ke bidang lain. Misalnya kau membuka perjuangan untuk ladang uangmu sendiri. Kamu tidak mau selamanya menjadi karyawan kantoran, kan?



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kau Yang Gres Menerima Pekerjaan Pertama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel