iklan

√ 6 Cara Mematangkan Alpukat Yang Dapat Anda Coba Di Rumah

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah alpukat ternyata isinya belum matang? Alhasil, alpukat yang masih mentah tersebut jadi tidak sanggup dikonsumsi. Lantas, adakah cara mematangkan alpukat mentah yang sudah dipetik dari pohonnya?


Di kesempatan kali ini, Bacaterus akan menawarkan sejumlah cara mematangkan alpukat yang mudah dan sanggup Anda coba sendiri di rumah. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menunggu hingga alpukat itu matang dengan sendirinya. Melalui cara-cara berikut ini, Anda sanggup menciptakan alpukat matang lebih cepat.


6 Cara Mematangkan Alpukat


1. Panggang Dalam Oven


Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah  √ 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah


Oven di rumah Anda bukan hanya sekedar untuk menciptakan kuliner ringan bagus saja, lho. Anda sanggup mematangkan alpukat dengan memakai oven. Pasalnya, gas etilen mempunyai dampak besar untuk mematangkan buah. Ketika Anda membungkus alpukat dengan kertas timah dan memanggangnya di dalam oven, gas etilen akan terjebak di dalam kertas dan berada sangat bersahabat dengan buah. Alhasil, buah alpukat tersebut jadi lebih cepat matang.


Berikut ialah panduan cara mematangkan alpukat dengan memakai oven:



  • Panaskan panggangan hingga suhu 200 derajat fahrenheit atau sekitar 93 derajat celcius.

  • Bungkus buah alpukat dengan kertas aluminium foil.

  • Letakkan alpukat yang sudah terbungkus di atas piring dan masukkan ke dalam panggangan selama 10 menit.


Cara ini sanggup menciptakan alpukat lebih cepat matang dan dagingnya terasa lebih lunak. Akan tetapi, kalau daging alpukat sangat keras maka sebaiknya panaskan di dalam panggangan selama kurang lebih satu jam.


2. Bungkus dengan Buah-buahan Lain


Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah  √ 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah


Tak punya panggangan untuk mematangkan alpukat? Tidak duduk kasus alasannya Anda sanggup mematangkan alpukat secara manual. Cara mematangkan alpukat juga sanggup dengan membungkus alpukat dengan buah-buahan lain. Untuk membungkus alpukat, sebaiknya gunakan kantong kertas cokelat menyerupai yang biasa diperoleh ketika membeli McDonald’s.


Simak langkah-langkah untuk mematangkan alpukat dengan membungkusnya dengan kantong kertas cokelat berikut ini:



  • Sediakan kantong kertas cokelat yang higienis dan belum pernah digunakan untuk membungkus makanan.

  • Masukkan alpukat ke dalam kantong tersebut dengan buah-buahan lainnya, menyerupai pisang, apel, jeruk, dan tomat (Anda juga boleh memakai jenis buah-buahan lainnya).

  • Simpan kantong dalam kondisi tertutup di dalam suhu ruangan 18-24 derajat celcius.

  • Periksa alpukat secara berkala. Pada umumnya, alpukat akan matang dalam waktu 1-3 hari kalau dimatangkan dengan metode ini. Alpukat yang sudah matang maka kulitnya berwarna hijau sangat gelap atau justru kecoklatan.


Bagaimana proses membungkus buah alpukat mentah dengan buah-buahan lain ini sanggup mematangkan buah alpukat tersebut? Ketika dibungkus bersama dengan buah-buahan lain, buah lain akan melepaskan gas etilen. Kemudian, gas etilen yang terperangkap di dalam kantong kertas tersebut akan mempercepat proses pematangan alpukat.


Jika alpukat dibungkus tanpa dicampur dengan buah-buahan lain, maka waktu yang diharapkan untuk pematangan buahnya sanggup mencapai 5 hari. Oleh alasannya itu, kami sangat menyarankan Anda untuk membungkus alpukat mentah dengan buah lain, terutama pisang.


3. Bungkus Ujung Buah dengan Tisu


Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah  √ 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah

* sumber: www.caramereka.com


Satu lagi cara sederhana mematangkan alpukat secara sederhana yang banyak digunakan oleh masyarakat. Metode yang unik satu ini sangat populer di kalangan netizen dan diklaim sanggup menciptakan daging buah matang secara merata.


Nah, berikut ini ialah langkah-langkah untuk mematangkan alpukat mentah dengan bermodalkan sehelai tisu:



  • Potong bab ujung atas alpukat secara horisontal. Potong sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak biar daging buahnya tidak terbuang percuma.

  • Tutup bekas cuilan dengan tisu, pastikan tidak ada bekas cuilan yang terlihat.

  • Tempelkan lakban biar tisunya sanggup menempel dengan kuat.

  • Simpan di ruangan gelap bersuhu sejuk selama 2 hari. Selanjutnya, silakan periksa hasilnya.


Pemotongan pada bab ujung buah dilakukan biar alpukat mengeluarkan gas etilen sendiri. Sementara tisu sanggup mencegah proses oksidasi yang menciptakan daging berwarna kecoklatan dan cepat membusuk.


4. Rendam Dalam Beras


Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah  √ 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah


Ada bermacam-macam cara gampang mematangkan alpukat yang sanggup Anda coba. Namun, cara yang satu ini merupakan cara tradisional dari nenek moyang kita. Pasalnya, zaman dulu tidak ada panggangan atau tisu yang sanggup digunakan untuk mematangkan alpukat. Alhasil, nenek moyang kita memanfaatkan beras untuk mematangkan alpukat secara lebih cepat.


Bagaimana cara mematangkan alpukat dengan memakai beras? Simak panduan selengkapnya berikut ini:



  • Isi baskom plastik dengan beras sebanyak setengah ember.

  • Masukkan beberapa buah alpukat yang masih mentah ke dalam beras.

  • Tambahkan beras lagi hingga menutupi seluruh bab alpukat.

  • Tutup baskom dengan rapat.

  • Angkat alpukat dari dalam baskom sesudah 2-3 hari.


Cara tradisional ini memang cukup ampuh untuk mematangkan alpukat. Bahkan, bukan hanya alpukat saja, tetapi buah-buahan lain menyerupai pepaya, pisang, dan mangga juga sanggup dimatangkan dengan direndam dalam beras.


5. Tusuk dengan Tusuk Gigi


Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah  √ 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah

* sumber: nyonyamalas.com


Teknik pematangan buah alpukat yang selanjutnya ialah dengan mengandalkan tusuk gigi. Buah alpukat yang mentah akan ditusuk memakai tusuk gigi atau lidi yang bersih. Konon, cara ini sanggup menggantikan tangkai buah dan menciptakan buah alpukat “merasa” menyerupai masih tergantung di pohonnya. Walaupun terdengar konyol, trik ini ternyata sanggup mempercepat proses pematangan buah alpukat dengan cepat.


Berikut ialah panduan untuk menusuk alpukat mentah dengan memakai tusuk gigi:



  • Ambil buah alpukat mentah dan tusuk gigi yang masih bersih.

  • Tancapkan tusuk gigi di bekas tangkai alpukat, yakni di bab atas buah, sedalam 1-2 cm.

  • Diamkan buah alpukat selama 2-3 hari atau hingga teksturnya menjadi lebih empuk.


6. Panggang di Microwave


Pernahkah Anda mengalami situasi di mana ketika membelah buah  √ 6 Cara Mematangkan Alpukat yang Bisa Anda Coba di Rumah


Jika Anda sudah tidak sabar untuk segera menyantap alpukat dan malas untuk menunggu proses pematangan yang memakan waktu berhari-hari, cobalah cara gampang mematangkan alpukat dengan memakai microwave. Anda akan memanggang alpukat di microwave dan alpukat tersebut sanggup pribadi dinikmati.


Berikut ialah panduan untuk mematangkan alpukat di dalam microwave:



  • Tusuk-tusuk kulit alpukat mentah dengan memakai garpu.

  • Letakkan alpukat di dalam microwave dan panaskan dengan pengaturan suhu rendah selama 30 detik.

  • Keluarkan alpukat dan coba periksa dengan menekan-nekan kulit buahnya.

  • Apabila kulit alpukat masih keras, masukkan kembali ke dalam microwave selama 30 detik atau hingga kulitnya melunak.


Proses pematangan alpukat dengan microwave ini terbilang instan. Anda sanggup memperoleh alpukat dengan daging yang lembut. Sayangnya, metode ini tidak menghasilkan alpukat yang selezat metode-metode pematangan lainnya. Alpukat yang dipanggang di dalam microwave baunya lebih jelek dan tampilannya akan terlihat menyerupai terbakar.


Demikianlah cara mematangkan alpukat yang sanggup Anda coba di rumah. Semua proses pematangan buah alpukat ini memang sanggup menghasilkan alpukat yang matang dan siap untuk disantap, tetapi tentu saja tidak ada yang sanggup mengalahkan kelezatan alpukat yang matang secara alami.


Alpukat ternyata tidak hanya sanggup dinikmati sebagai jus saja, lho. Cari tahu sejumlah teknik pengolahan alpukat yang enak dalam artikel cara mengolah alpukat yang enak dan menyehatkan berikut ini.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 6 Cara Mematangkan Alpukat Yang Dapat Anda Coba Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel