iklan

50Th Icho 2018 Day 4: Action Park Čunovo Party

Pada hari keempat IChO 2018, paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat&Meet Canteen UNIBA. Setelah itu, kami berjalan ke laboratorium di Universitas Bratislava yang jaraknya cukup jauh dari kantin. Di sana, kami akan mendapatkan lab safety instructions atau petunjuk keamanan dalam tes eksperimen yang akan dilaksanakan keesokan harinya. Kami menerima kesempatan emas untuk melihat alat-alat yang keesokan harinya akan kami gunakan di tes praktikkum. Sebagian besar sudah pernah kami gunakan sih…

Sebelum itu, kami terlebih dahulu mendapatkan lecture mengenai sumber-sumber air yang ada di Slovakia. Sumber air di Eropa ternyata sangat aneh bagi orang Indonesia. Mengapa? Pertama, tanpa proses pembersihan, air di sumber-sumber tersebut sebagian besar layak diminum dan pribadi dibotolkan. Kedua, air-air tersebut secara alami mengandung soda! Sehingga, apabila kalian membeli air minum botolan di Slovakia, sebagian besar yaitu air bersoda. Of course, tidak worth membeli air botolan alasannya yaitu kita sanggup minum dari tap water, bagi kita tentunya. Hal ketiga yang menarik yaitu kandungan mineral dalam air-air tersebut bervariasi dari daerah ke tempat, sehingga intensitas rasa soda dan rasa mineral dari air minum botolan dengan brand yang berbeda variasinya agak jauh. Di Slovakia, beda brand air botolan artinya beda daerah pengambilan air mineralnya. Bandingkan dengan Indonesia, air-airnya rasanya tidak beda jauh dan tidak ada sodanya.

Lab Safety Instructions & Mineral Water Degustation

Setelah klarifikasi tersebut, kami menonton video Lab Safety Instructions. Video tersebut sudah diunggah di website resmi IChO 2018, anda juga sanggup melihatnya di sini:

Dari video ini dan klarifikasi mengenai air mineral, kami menerima cukup banyak clue mengenai tes praktikkum yang akan dilaksanakan:

  1. Jelas niscaya ada organik, mustahil tidak 😆 dengan ada ekstraksi dan tidak ada balon-balonan ibarat di soal preparatory 😆
  2. Ternyata benar-benar ada praktikkum kinetik! Saya sangat cemas dengan praktikkum model ini…
  3. Jelas niscaya ada titrasi kompleksometri, dengan kemungkinan besar merupakan uji kesadahan air mineral Slovakia.

Keluar dari ruangan, kami diberi kesempatan mencoba aneka jenis air minum botolan Slovakia dari banyak sekali merk. Semuanya bersoda!! Andaikan ada juga ya di Indonesia 🙁 Dari program ini, kami smackqueen yaqueen bahwa praktikkum kompleksometrinya yaitu menguji air mineral Slovakia. Kami minum… Sampai kembung. Setelah itu, kami keluar dari gedung dan mengambil foto dengan maskot IChO, yaitu Copperhead, sambil membawa kenang-kenangan berupa perangko IChO:

 paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party

Sebelum kembalinya kami ke dorm untuk makan siang, kami mampir dulu di sentra perbelanjaan kecil. Kurang lebih, modelnya sama dengan Indonesia, dan harganya pun termasuk masih “masuk akal” buat kami. Dengan bujukan dari guide kami untuk “mencoba” minuman Slovakia, saya beli sekaleng non-alcoholic beer. Rasanya… semrawut, gak enak.

 paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party

Action Park Čunovo

Setelah lunch di Eat&Meet Canteen, kami berangkat ke Action Park Čunovo! Tempat ini yaitu daerah yang sangat menyenangkan, challenging, tetapi juga menyakitkan. Tempat di mana saya beberapa kali melukai diri sendiri  paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party Di Action Park Čunovo, banyak acara yang kita lakukan, yang paling sederhana ya main tenis meja, panahan, crossbow, trampolin, dan yang kompleks alias melukai badan, juga banyak! Apa-apa saja yang kami lakukan, terdokumentasikan dengan baik oleh guide kami:

 paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party  paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party  paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party  paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party  paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party

Sepertinya the most memorable moment buatku yaitu dikala saya lari melompat papan, tersangkut, dan jatuh dengan cukup parah. Hmm, ya maklum lah saya cupu fisik 🙁 Lalu waktu saya jalan di atas kayu-kayu bulat, juga sekali jatuh dengan posisi kebalik. Aaaa, betapa malunya :v Di sini saya tidak mencoba beberapa permainan yang cukup ekstrim. Sebenarnya saya ingin, tapi takutnya bila kenapa-kenapa, sanggup menghipnotis performance di tes eksperimen. Kaprikornus yaa… lebih baik mengorbankan kesenangan sehari untuk kebahagiaan seterusnya!

Pulang dari Action Park, kami lagi-lagi dinner di Eat&Meet Canteen, daerah makan paling memorable. Setelah itu kami mencemari diri sendiri dengan…

Party!

Aku dan teman-temanku yaitu belum dewasa alim yang tidak mengerti apa-apa mengenai gemerlapnya kehidupan malam, sampai hari itu, 22 Juli 2018, mengubah kami semua. Ya, malam itu, kami ikut DUGEM. Serius, ini memang yaitu salah satu acara IChO 😆 Tujuan diadakannya dugem, yaitu semoga para penerima tidak terlalu terfokus pada tes eksperimen hari berikutnya. Malam itu, semuanya lepas dalam suasana musik keras dan tarian, kecuali kami dan beberapa negara yang agak konservatif. Kami cuma duduk, ngobrol, menyaksikan, minum, pulang. Malam itu penuh dengan alkohol dan kesenangan tarian mengikuti lantunan musik keras kontemporer. A woman guide asked me to dance too, but I refused. Guide kami bilang, apa yang saya lakukan, sangatlah tidak sopan di Eropa 😆 maafkan sayaaaaa!!!

 paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party

 paginya ibarat biasa kami breakfast di Eat 50th IChO 2018 Day 4: Action Park Čunovo  Party

Awalnya, kami tidak ingin tiba ke party itu, ibarat teman-teman kami dari beberapa negara juga tidak datang. Namun, sayang apabila kami tidak datang, alasannya yaitu kami punya voucher minuman gratis di sana. Kaprikornus yaaa, kami datang, minum, keluar! Minuman yang kami pilih, tidak beralkohol. Aku lupa kami pesan apa saja tapi yang saya ingat yaitu Pina Colada. Sebenarnya, hanya 1 dari 4 penerima Indonesia yang boleh minum alkohol: Bang Ipul alasannya yaitu sudah di atas 18 tahun. Apabila kalian perhatikan, gelang Bang Ipul beda sendiri, bukan? Itu artinya, sepanjang waktu di Eropa hanya Bang Ipul yang boleh minum hehehe…

Setelah itu, kami kembali ke dorm dan tidur nyenyak untuk mempersiapkan tes eksperimen besok!

Day 4 berakhir di Mlýny Dormitory!

Sebelumnya: 50th IChO 2018 Day 3: Banská Štiavnica

Next: 50th IChO 2018 Day 5


Sumber https://olimpiadekimia.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "50Th Icho 2018 Day 4: Action Park Čunovo Party"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel