iklan

√ 5 Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci Yang Membandel

Panci merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Ketika menjerang air kita menggunakan panci, bahkan ketika hendak memasak masakan berkuah pun kita juga mengandalkan panci. Singkatnya, panci ialah peralatan memasak yang fungsional.


Sayangnya, kadang kala kita menyalakan api kompor terlalu besar sehingga belahan dasar panci jadi berkerak gosong. Jika sudah menyerupai ini, kita niscaya ingin membuang panci tersebut dan segera menggantinya dengan yang baru, ya? Jangan keburu dibuang sebab Bacaterus akan membuatkan cara menghilangkan kerak pada panci.


Cara Menghilangkan Kerak pada Panci


Kerak yang menempel pada panci memang tidak bisa hilang kalau Anda hanya menggosoknya dengan spons basuh piring saja. Anda harus menggunakan beberapa materi embel-embel untuk mengangkat kerak pada panci yang gosong. Nah, berikut ini ialah cara menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan 5 materi ampuh berikut ini.


1. Cairan Pencuci Piring


 merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari √ 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel


Anda niscaya mempunyai persediaan cairan pencuci piring di rumah, kan? Jika biasanya cairan pencuci piring digunakan untuk mencuci peralatan makan dan memasak, sekarang Anda sanggup memanfaatkan cairan pencuci piring tersebut untuk menghilangkan kerak pada belahan dasar panci. Berikut ialah panduan cara menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan cairan pencuci piring:



  • Isi panci dengan air hingga semua belahan yang berkerak tertutup dengan air.

  • Tuangkan cairan pencuci piring ke dalam panci secukupnya.

  • Letakkan panci di atas kompor dan nyalakan kompornya untuk mendidihkan air di dalam panci.

  • Tutup panci dengan penutupnya semoga suhu panasnya sanggup bertahan lebih lama.

  • Setelah air mendidih, biarkan panci dalam keadaan tertutup selama 1-2 jam.

  • Lanjutkan dengan membuang air di dalam panci dan menggosok panci dengan bubuk gosok atau cairan pencuci piring. Gunakan sikat basuh piring, spatula kayu, atau sendok kayu untuk mengikis kerak yang berada di dasar panci.


2. Soda Kue


 merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari √ 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel


Bahan lain yang sanggup mengangkat kerak panci ialah soda kue. Tak sanggup dipungkiri bahwa soda camilan elok mempunyai kemampuan untuk menghilangkan noda minyak maupun kerak yang menempel di dasar panci. Yuk, pribadi saja ikuti langkah-langkah menghilangkan kerak panci dengan soda camilan elok ini:



  • Buatlah pasta soda camilan elok dengan mencampur bubuk soda camilan elok dengan air. Kemudian, aduk pasta ini hingga mengental menyerupai odol.

  • Oleskan pasta soda camilan elok yang sudah dibentuk ke belahan dasar panci yang berkerak. Bila perlu, oleskan soda camilan elok ke seluruh belahan dalam panci yang nampak berkerak.

  • Diamkan selama 1-2 jam.

  • Gosok belahan dalam panci dengan spons basuh piring atau sabun pencuci yang kondusif dan tidak merusak belahan dalam panci.

  • Setelah itu, bilas panci dengan air higienis dan lanjutkan mencuci panci tersebut menggunakan cairan pencuci piring.


3. Cuka


 merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari √ 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel


Sama menyerupai soda kue, cuka yang biasa Anda pakai untuk memasak ternyata sanggup dimanfaatkan untuk membersihkan kerak dan gosong pada panci. Bagaimana cara menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan cuka? Simak langkah-langkahnya berikut ini.



  • Isi panci yang berkerak dengan air bersih. Pastikan semua belahan panci yang berkerak tergenang dengan air.

  • Tambahkan beberapa tetes cuka ke dalam panci.

  • Diamkan larutan air cuka tersebut selama semalam suntuk.

  • Pagi harinya, buang air larutan cuka dan gosok belahan dalam panci dengan menggunakan cairan pencuci piring.


Jika kerak di panci tak kunjung hilang, Anda sanggup mengulangi cara ini kembali dengan menambahkan tetesan cuka lebih banyak.


4. Minyak Goreng


 merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari √ 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel


Untuk menghilangkan kerak pada panci, Anda sanggup menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur Anda, lho. Selain cuka dan soda kue, kali ini Bacaterus juga merekomendasikan minyak goreng untuk mengangkat kerak di dasar panci. Berikut ialah cara praktis menghilangkan kerak pada panci dengan memanfaatkan minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak.



  • Tuangkan minyak goreng ke belahan dalam panci berkerak.

  • Diamkan minyak goreng di dalam panci selama 1-2 jam.

  • Lanjutkan dengan menggosok belahan dalam panci menggunakan spatula kayu atau benda tumpul lainnya yang tidak merusak panci.

  • Cuci panci tersebut dengan cairan pencuci piring hingga sisa minyaknya benar-benar bersih.


Minyak goreng berfungsi untuk melunakkan kerak yang menempel pada dasar panci. Tak perlu memanaskan panci yang dioleskan dengan minyak goreng, cukup diamkan saja minyak goreng tersebut selama 1-2 jam.


5. Beras dan Lemon


 merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari √ 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel


Bagaimana bisa beras dan lemon menghilangkan kerak yang membandel pada panci? Tentu saja bisa. Bahan-bahan alami menyerupai beras dan lemon ternyata mempunyai kemampuan untuk membersihkan kerak di dasar panci, lho. Berikut ini ialah cara gampang menghilangkan kerak pada panci menggunakan beras dan lemon:



  • Masukkan sedikit beras ke dalam panci yang berkerak (sedikit saja jangan terlalu banyak semoga tidak mubazir).

  • Tambahkan air perasan lemon secukupnya ke dalam panci.

  • Tuangkan air panas yang gres saja mendidih ke dalam panci. Tidak perlu banyak-banyak, cukup sedikit saja.

  • Guncangkan panci berkali-kali semoga kerak yang menempel di dasar panci sanggup terangkat.


Metode menghilangkan kerak panci dengan beras dan lemon ini sangat patut untuk dicoba. Di samping bahan-bahannya gampang ditemukan, Anda juga tidak mencemari belahan dalam panci ketika menggunakan lemon dan beras. Panci tetap sanggup digunakan untuk memasak banyak sekali masakan secara kondusif bila Anda menggunakan materi ini.


Tips Menghilangkan Kerak pada Panci


 merupakan peralatan dapur yang tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari √ 5 Cara Menghilangkan Kerak pada Panci yang Membandel

* sumber: selerasa.com


Berbagai cara gampang menghilangkan kerak pada panci dengan menggunakan bahan-bahan sederhana ini bisa mulai Anda coba di rumah. Akan tetapi, Anda juga harus memerhatikan beberapa tips penting berikut ini ketika Anda mencoba menghilangkan kerak di belahan dasar panci:



  • Gunakan Benda Tumpul untuk Menggosok


Penggunaan pisau, gunting, garpu, atau logam tajam lainnya hanya akan merusak dasar panci Anda. Keraknya memang hilang, tapi dasar panci akan dipenuhi oleh goresan. Solusinya Anda bisa menggunakan spatula kayu atau spons basuh piring.



  • Hindari Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya


Maksud hati ingin mengikis kerak dengan cepat, maka Anda menggunakan materi kimia menyerupai alkohol dan sebagainya untuk membersihkan kerak pada panci. Penggunaan materi kimia hanya akan mengontaminasi panci. Alhasil, panci tersebut sudah tidak kondusif lagi kalau digunakan untuk memasak air minum atau makanan.



  • Jangan Menggunakan Sabut Stainless


Sama dengan logam tajam, sabut stainless juga berpotensi merusak belahan dalam panci. Jika ingin membersihkan panci, cukup gunakan belahan garang pada spons basuh piring. Alhasil, noda tersebut akan benar-benar hilang kalau Anda menggosoknya sekuat tenaga.


Demikianlah tips dan cara menghilangkan kerak pada panci yang sanggup kami bagikan. Semoga tips dan cara-cara ini bermanfaat untuk menciptakan panci berkerak dan gosong jadi terlihat menyerupai baru. Jadi, jangan keburu membuang panci yang berkerak dan gosong. Anda masih bisa menyelamatkannya dengan cara-cara di atas ini. Selamat mencoba!



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 5 Cara Menghilangkan Kerak Pada Panci Yang Membandel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel