iklan

13 Tingkah Laris Kucing Untuk Mengatakan Kasih Sayang Kepada Pemiliknya

TekoNeko.net – Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan jenis hewan peliharaan lain.


Ada banyak sekali jenis atau ras kucing yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing dari ras kucing tersebut tentu mempunyai ciri khas tersendiri bahkan tergolong unik.


Pemilik kucing di serpihan bumi manapun tentu mempunyai pengalaman yang berbeda ketika memelihara kucing mereka sendiri.


Mulai dari pengalaman menyenangkan menyerupai menunggu anak kucing yang mau lahiran, atau bahkan momen menyedihkan, menyerupai kehilangan kucing kesayangan.


Namun, kali ini saya tidak akan memberikan dongeng duka berkaitan dengan kucing. Artikel berikut saya tulis berdasarkan pengalaman saya memelihara beberapa kucing dan mencoba mengamati tingkah laris mereka.


Berikut saya mencoba menjelaskan pengalaman selama memelihara kucing kampung (bukan Persia atau Anggora)


Menurut beberapa sumber yang saya baca, kucing sedang mengungkapkan rasa sayangnya kepada kita dengan melaksanakan beberapa tingkah laris dengan arti tersendiri.


Selamat membaca.



1. Menatap Langsung kepada Anda (Eye Contact) dan Mengedip Pelan


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Kontak mata eksklusif dengan kucing. (pixabay.com)

Pernah ditatap eksklusif oleh kucing dengan tatapan nanar dan dalam?


Atau tiba-tiba mengedip pelan kepada Anda?


Tenang. Dia sedang tidak mengemis masakan kepada Anda atau sedang sakit demam dan lain sebagainya.


Saya sendiri sempat mengira ketika kucing menatap dengan cara menyerupai itu, ia sedang lapar atau mungkin sakit perut.


Tapi, persepsi saya berubah ketika membaca sebuah artikel perihal kucing.


Kontak mata atau tatapan eksklusif kucing kepada pemiliknya menunjukan bahwa ia mencoba untuk berkomunikasi dengan Anda.


Menurut para ahli, tatapan menyerupai ini setara menyerupai sebuah ciuman dan menunjukan bahwa ia percaya kepada Anda sebagai pemiliknya.


2. Memamerkan/Memasrahkan Perutnya


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Memperlihatkan titik terlemahnya kepada Anda. (pixabay.com)

Tingkah yang satu ini sering dijumpai, apalagi ketika sedang bermain dengan saya.


Kadang habis menyeruduk kaki, beliau malah berbaring eksklusif di depan saya.


Seperti menyuruh saya menggelitiki perutnya, beliau malah bolak-balik kiri-kanan kalau saya tidak acuhkan dia.


Bagian perut kucing merupakan titik paling rentan yang seharusnya tidak diperlihatkan dengan gampang kepada musuh.


Nah, kalau kucing Anda terkadang secara tiba-tiba berguling dan memamerkan perutnya, ini menunjukan bahwa ia percaya sepenuhnya kepada Anda.


3. Memberikan Pijatan Kecil ke Tubuh Anda


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Kucing juga bisa memijat. (youtube.com)

Kucing saya memperlihatkan pijatan ketika ia saya pangku. Tapi, tak usang setelahnya beliau malah terlelap.


Perilaku kucing yang satu ini berdasarkan para ahli, ialah bawaan ketika masih bayi. Anak kucing memijat badan sang induk untuk merangsang keluarnya air susu.


4. Mengikuti Kemanapun Anda Berjalan


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Mengikuti kemanapun Anda berjalan. (pixabay.com)

Jelas sekali untuk yang satu ini. Pemilik kucing manapun niscaya pernah dibuntuti kucingnya kemanapun pergi, terutama ketika di dalam rumah.


Jika kucing sudah sayang kepada pemiliknya, ia akan lebih suka sering berada di sekitar pemiliknya.


Jadi ketika Anda kebetulan berada di rumah dan si Meong selalu mengikuti kemana Anda berjalan itu menunjukan beliau berusaha mencari perhatian Anda.


Kadang kucing juga sengaja ingin menciptakan Anda tersandung ketika sedang berjalan hanya untuk menarik perhatian Anda yang mungkin ketika itu sedang sibuk membersihkan rumah.


5. Terdengar Suara Seperti Mendengkur


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Mendengkur ketika dielus. (pixabay.com)

Kalau hingga kucing Anda tidak pernah mengeluarkan bunyi dengkuran, bisa dipastikan beliau bukan kucing. Mungkin makhluk astral. Hehehe…


Kucing sendiri mengeluarkan bunyi dengkuran ketika ia dielus dengan lembut atau bahkan cuma dipangku di paha pemiliknya.


Suara dengkuran ini menunjukan bahwa ia nyaman berada di dekat Anda. Menurut para ahli, mengelus-elus kucing juga bisa meredam stres pemiliknya.


6. Menggosokkan Kepalanya ke Tubuh Anda


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Menyentuh bab badan Anda dengan kepalanya. (lovepurrscat.blogspot.com)

Yang paling sering dilakukan kucing saya nih. Kadang ketika saya bangun atau duduk. Seperti menyeruduk kaki kemudian kemudian menggosok-gosok kepalanya.


Ternyata, tingkah kucing yang suka mengusap-usap kepalanya ke bab badan kita menunjukan tahap awal si Meong menyayangi pemiliknya.


7. Membawakan “Hadiah”


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Membawakan hasil buruan. (pixabay.com)

Seperti halnya manusia, kucing juga mencoba mengungkapkan kasih sayang dengan memperlihatkan hadiah kepada pemiliknya.


Tapi sayangnya, hadiah yang diberikan kucing terkadang sangat menjijikkan bagi manusia.


Jenis kucing tertentu merupakan pemburu yang lihai. Dia sering berburu binatang pengerat menyerupai tikus.


Nah, hasil buruan inilah yang sering kali dijadikan kucing sebagai kado terindah untuk Anda.


Saat kucing sudah memperlihatkan hadiah dalam bentuk apapun kepada Anda, itu artinya si Meong sudah sangat mengasihi Anda sebagai pemiliknya.


Untuk yang satu ini, sangat jarang sih kucing saya lakukan.


Tapi jujur, kalau ada, tidak mengecewakan bikin kesal. Soalnya yang dibawa ke rumah kebanyakan curut kecil atau cecak yang dimain-mainin di bawah kolong meja makan.


8. Kadang Menggigit


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Menggigit, tanda keakraban antar keluarga kucing. (pixabay.com)

Pernah nih pas asik-asiknya duduk, tiba-tiba jari saya digigit oleh kucing saya. Tidak sakit sih, cuma geli lah.


Tidak cuma itu, kucing saya juga sering bermain dengan sesamanya sambil gantian gigit-gigitan tanpa mengeong.


Perilaku ini bukan perkelahian atau permusuhan, melainkan tanda bahwa permainan sudah dimulai.


Keakraban antar kucing terjadi ketika ini terjadi dan menunjukan bahwa mereka ialah keluarga atau teman yang dekat.


Nah, kalau pernah digigit menyerupai saya berarti Anda dianggap sebagai sobat bermain dan bahkan dianggap sebagai keluarga terdekatnya.


Ingat ya, gigitannya lembut tanpa diserta bunyi ngeong yang keras.


9. Ikut Tidur Saat Anda Berbaring atau Tidur di Pangkuan


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Tidur bersama. (twitter.com)

Kadang kalau sedang asik tiduran di depan tivi, kucing saya sering ikut rebahan atau cuma duduk di samping saya.


Menurut saya, ia menyerupai ingin menemani kita melaksanakan kegiatan tertentu.


Kucing melaksanakan hal ini untuk merasa dekat dengan Anda.


10. Langsung Datang Seketika Saat Anda Memanggil Namanya


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Saat namanya dipanggil, eksklusif menghampiri. (pixabay.com)

Saat namanya dipanggil, kucing-kucing saya sangat jarang eksklusif menghampiri saya. Mungkin alasannya ialah namanya terlalu aneh untuk kaum kucing.


Akan tetapi, ketika saya membunyikan piring-piring di dapur (jika mereka kebetulan di dalam rumah), seketika mereka eksklusif menuju dapur.


11. Suka Menjilati Tangan, Pipi, atau Kuping Saat Grooming


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Menjilati sesamanya bahkan pemiliknya. (pixabay.com)

Untuk pipi dan kuping tidak pernah dijilat oleh kucing saya.


Tapi, kalau jari-jari tangan sering dijilat apalagi ketika saya sodorkan eksklusif ke mulutnya.


Saya hanya sering melihat mereka menjilati badan mereka masing-masing dan kemudian menjilati badan kucing yang lain.


Tingkah laris menjilati kucing yang lain menunjukan bahwa si kucing sedang memberi aroma khusus antara sesamanya.


Itu artinya, kucing yang dijilati sudah dianggap sebagai keluarga.


Dan kalau Anda sudah pernah dijilat, berarti Anda sudah dianggap salah satu anggota keluarga dari mereka.


12. Saat Berada di Dekat Anda, Selalu Menggerak-gerakkan Ekornya


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Memainkan ekornya ketika bermain. (pixabay.com)

Ekor kucing bukan hanya dekoratif saja. Akan tetapi, ekor juga menunjukan apa yang sedang dirasakan oleh si Meong.


Bentuk ekor yang tegak dan sedikit melengkung menunjukan bahwa kucing senang berada di dekat Anda dan ingin bermain.


Ketika kucing saya bertingkah menyerupai itu, biasanya saya malah memainkan ekornya.


Selain itu, juga kadang memainkan sebuah lidi di depannya.


13. Mengeong dengan Nada yang Tinggi dan Terdengar Aneh


 Kucing merupakan salah satu binatang yang tergolong gampang untuk dipelihara dibandingkan  13 Tingkah Laku Kucing untuk Menunjukkan Kasih Sayang kepada Pemiliknya
Kucing “bernyanyi” untuk Anda. (pixabay.com)

Untuk yang satu ini sangat jarang saya jumpai, tapi memang salah satu kucing saya pernah melakukannya.


Saat pertama kali, saya kira ia sedang kesal di rumah atau ada musuh di sekitar rumah.


Tapi sebenarnya, sikap menyerupai itu memperlihatkan bahwa si Meong sedang unjuk gigi.


Bisa dibilang ia sedang bernyanyi untuk kita.




Itulah beberapa tingkah laris kucing untuk memperlihatkan kasih sayang kepada pemiliknya. Semua yang saya sebutkan hanya sebatas yang pernah saya alami ketika memelihara kucing kampung.


Mungkin masih ada beberapa sikap unik lainnya yang pernah Anda alami selain yang telah saya sebutkan di atas.


Ada beberapa jenis ras kucing yang tentu juga mempunyai sikap unik yang tidak dimiliki oleh ras kucing lainnya.


Jika Anda mempunyai pengalaman yang lain, silakan menyebarkan di kolom komentar.


Terima kasih.



Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "13 Tingkah Laris Kucing Untuk Mengatakan Kasih Sayang Kepada Pemiliknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel