iklan

Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil

Tips Pengelolaan Arus Kas ketahui perkembangan akun Anda Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan KecilPengelolaan arus kas bukan hanya soal profit, tapi juga soal kelangsungan jangka panjang perjuangan Anda. Pada kesempatan sebelumnya, kami sempat mengulas mengenai bagaimana seharusnya cashflow atau pedoman arus kas menjadi perhatian Anda. Dalam artikel berjudul Tips Manajemen Keuangan, Soal Cashflow Dan Profit tersebut, saya memberika 4 tips ampuh dalam mengelola keuangan usaha.


Dana tunai ialah darah dalam kehidupan perjuangan Anda. Dan risikonya Anda memerlukan dana tunai atau pemasukan untuk menjalankan usaha. Anda sanggup membacanya di artikel Pentingnya Arus Kas Dalam Manajemen Keuangan Perusahaan. Dalam artikel tersebut saya juga menunjukkan tips untuk menjaga kesehatan keuangan perjuangan Anda.


Sebagaimana kami sempat jelaskan Anda perlu melaksanakan pengelolaan arus kas untuk perusahaan Anda untuk sanggup memastikan operasi perjuangan berjalan. Hanya saja kebanyakan dari Anda mungkin tidak mempunyai cukup gambaran, bagaimana sebuah pengelolaan arus kas dijalankan. Apa langkah konkret yang perlu Anda siapkan untuk memulainya.


Sebenarnya pengelolaan arus kas ini hal yang sederhana. Hanya saja saking terlalu sederhana sehingga, seringkali tidak tidak menjadi perhatian utama, dan terlewatkan. Intinya arus kas ialah pada pengelolaan uang masuk dan uang keluar, itu saja. Tapi seringkali pelaku perjuangan sibuk dengan produk, ada juga yang sibuk dengan pemasaran, sehingga tidak memperhatikan laju arus kas.


Berikut ini ialah 5 tips dalam menjalankan sistem pengelolaan arus kas untuk perusahaan kecil Anda. Dengan citra ini Anda akan lebih baik dalam memulai sebuah sistem arus kas dan mengetahui bagaimana merencanakan keuangan perusahaan Anda di masa depan.


Baca juga: Menjawab Beragam Mitos Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil


Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil




  1. Rencanakan pembiayaan mayor




Tips Pengelolaan Arus Kas ketahui perkembangan akun Anda Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil


sumber gambar: mediandesigns.com


Pahami dulu diawal, apa itu pembiayaan mayor, yakni kelompok biaya dalam nilai besar yang juga akan menghipnotis acara perjuangan Anda secara general. Dengan citra ini Anda sanggup menyiapkan cukup pemasukan untuk menyokong planning pengeluaran yang sudah Anda prediksi sebelumnya.


Caranya sederhana, buat sistem software Anda diatur dalam jangka 3 – 5 tahunan, tentukan musim-musim apa saja sekiranya dalam tiap tahun Anda akan mengalami lonjakan undangan serta kapan Anda perkirakan akan memerlukan penggantia peralatan secara besar-besaran.


Perencanaan ini akan membantu Anda mempersiapkan diri lebih matang menghadapi peluang-peluang besar yang masuk, mempersiapkan pengeluaran besar dan merencanakan pengelolaan pemasukan Anda. Bisa jadi bahkan Anda sanggup meminimalisir hutang.


Baca juga: 6 Tips Keuangan Penting Untuk Anda Yang Sedang Memulai Bisnis




  1. Telusuri biaya Anda




Tips Pengelolaan Arus Kas ketahui perkembangan akun Anda Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil


sumber gambar: scotsmanguide.com


Lakukan penelusuran akan biaya-biaya yang selalu Anda keluarkan di masa lalu, baik itu yang rutin maupun yang terjadi sewaktu-waktu. Bagi setiap biaya ini dalam kelompok biaya rutin dan biaya non rutin dan buat citra secara garis besar, berapa biaya rata-rata Anda dalam tiap periode. Dengan pengelolaan arus kas menyerupai ini Anda akan tahu biaya-biaya yang mungkin sanggup diminimalisir oleh perusahaan Anda.


Ini akan membantu Anda mempersiapkan pemasukan yang cukup untuk sanggup menutupi seluruh kebutuhan biaya ini. Kadang kala pengeluaran setiap periode tak selalu sama, alasannya ialah selain pengeluaran rutin, ada pengeluaran non rutin yang jumlahnya terperinci sanggup berbeda. Anda juga perlu mengantisipasi kemungkinan semacam ini dalam perencanaan arus kas periodik perusahaan Anda.


Baca juga: Menghitung Harga Pokok Penjualan Dengan Akuntansi Biaya




  1. Tetap ketahui perkembangan akun Anda




Tips Pengelolaan Arus Kas ketahui perkembangan akun Anda Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil


sumber gambar: tribunnews.com


Anda sudah memilih di awal berapa sasaran pemasukan yang perlu Anda dapatkan dalam satu periode untuk sanggup memenuhi kebutuhan perusahaan. Tetapi Anda tetap harus selalu memastikan pemasukan yang terjadi memang sudah sesuai dengan sasaran Anda, demikian pula dengan pengeluaran Anda.


Anda sanggup segera mengambil langkah saat Anda rasa pemasukan tidak akan berjalan sesuai planning demikian pula pengeluaran. Anda juga sanggup segera menelusuri kasus saat catatan tidak sesuai dengan data dalam akun bank Anda.


Kini beberapa software akuntansi modern online sudah sanggup membantu Anda dalam mengelola bahkan juga mengintip data dalam akun bank Anda. Ini membantu Anda lebih gampang mengawasi perkembangan arus kas meski hanya bermodal smartphone di tangan.


Baca juga: Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel




  1. Persiapkan dana untuk pengeluaran beresiko Anda




Tips Pengelolaan Arus Kas ketahui perkembangan akun Anda Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil


sumber gambar: dompetsehat.com


Beberapa pengeluaran bersifat wajib dan bila Anda abaikan sanggup menyisakan resiko, sebut saja menyerupai pajak atau tagihan bank. Anda sanggup dirugikan dengan formasi denda saat lupa dengan pajak bagi perusahaan Anda. Pengelolaan arus kas harus memperhatikan juga pengeluaran jawaban resiko tersebut, yang sebaiknya dihindari. Lindungi uang Anda! Jangan hingga terlambat untuk melaksanakan pembayaran sehingga menjadikan perusahaan terkena denda.


Karenanya sebaiknya siapkan dana terpisah khusus untuk alokasi biaya sejenis ini. Seharusnya memang Anda tak akan lupa, tetapi kadang-kadang saat acara perusahaan sedang demikian “hectic” Anda sanggup saja lupa membayarnya bahkan tidak mencantumkannya dalam alokasi biaya. Akan lebih kondusif bila memang sudah Anda siapkan semenjak awal kan?


Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dan Usaha Bagi Wanita Pengusaha




  1. Selalu telusuri tagihan Anda




Tips Pengelolaan Arus Kas ketahui perkembangan akun Anda Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil


sumber gambar: oldsite.magictorch.com


Pemasukan gres terwujud hanya bila tagihan Anda terlunasi. Piutang itu menyerupai harta karun yang tersembunyi, itu bukanlah harta milik Anda kalau belum terbayarkan. Kaprikornus jangan pernah kehilangan data piutang alasannya ialah hanya ini senjata Anda untuk memperoleh pemasukan untuk perusahaan Anda.


Lakukan pengelompokan terhadap piutang Anda untuk menemukan piutang yang tidak terbayar . Kalau Anda tidak melaksanakan penelusuran, Anda akan sulit menemukan isu ini, padahal bukan tidak mungkin Anda menyia-nyiakan pemasukan cukup besar saat mengabaikan kasus tagihan.


Kadang Anda perlu melaksanakan langkah dan perhatian khusus untuk tagihan semacam ini, menyerupai mungkin penagihan kedua, ketiga hingga bila perlu pendekatan personal yang kadang malah sanggup menjadi “win-win solution” untuk kasus ini.


Baca juga: 5 Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit


Mulai menerima citra bukan bagaimana seharusnya memulai sebuah pengelolaan arus kas yang sederhana untuk kelancaran laju perjuangan Anda?



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Sederhana Pengelolaan Arus Kas Untuk Perusahaan Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel