iklan

Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Cara menanam bunga sedap malam – Polianthes tuberosa dikenal juga dengan sebutan bunga sedap malam. Baunya yang basi dan kesegarannya yang bisa bertahan usang yakni ciri khas dari bunga hias ini. Tanaman hias ini bisa bertahan selama 5 – 10 hari walaupun sudah Anda potong. Bunga sedap malam banyak dipakai sebagai bunga potong dalam banyak sekali acara. Selain itu, bunga sedap malam sanggup Anda olah sebagai materi dasar pembuat parfum.


 dikenal juga dengan sebutan bunga sedap malam Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam
Bunga sedap malam

Bunga sedap malam akan berbunga pada usia 4 – 5 bulan sehabis tanam. Cara menanam bunga sedap malam sangatlah mudah. Untuk perbanyakan bunga sedap malam, Anda bisa memakai cara vegetatif yaitu dengan umbinya. Sedap malam berbunga tunggal dan semi ganda. Sedap malam cocok Anda budidayakan pada dataran rendah. Dengan elevansi sekitar 500 mdpl. Jika Anda menanam tumbuhan sedap malam pada dataran sedang, maka sedap malam yang dihasilkan akan memiliki tangkai bunga yang panjang, kurang kekar, tidak kokoh, bentuk malai bunga agak panjang, pada belahan ujung malai terkulai dan jumlah kuntum bunga sedikit.


artikel terkait tumbuhan hias: Peluang Bisnis Souvenir Kaktus Hias Untung Besar


Hal penting dalam cara menanam bunga sedap malam yakni pemilihan jenis tanah, aerasi dan drainase serta derajat kemasamam tanah. pH yang dianjurkan untuk budidaya sedap malam yakni 5.0 – 7,0.


Teknik Cara Menanam Bunga Sedap Malam


Pengolahan Tanah


Teknik cara menanam bunga sedap malam yang pertama yakni teknik pengolahan tanah. Olah tanah pada ketika masih dalam kondisi kering. Caranya yakni tanah dicangkul, dibajak atau traktor. Untuk tanah kering yang masih banyak terdapat gulma, Anda sanggup membersihkannya dengan cara dibabat atau dicabut. Setelah itu tanah diberi materi organik ibarat pupuk hijau, kompos dan pupuk sangkar sebanyak 5 – 10 t/ha. Selain tahapan cara menanam bunga sedap malam diatas, masih ada beberapa tahapan dalam pengolahan tanah.



  • Pada ketika animo penghujan datang Anda harus mengolah tanah kembali dengan cara dibajak ulang. Hal ini untuk menghancurkan bongkahan tanah hingga rata, subur dan gembur. Tanah yang tidak terkena traktor/bajak dibagian sisi sanggup Anda cangkul. Setelah itu Anda bisa menciptakan bedengan, parit serta pematang sebagai batas petakan.

  • Biarkan tanah selama 1 – 2 minggu. Setelah itu Anda bisa menciptakan bedengan dengan ukuran 125 – 180 cm, lebar 100 cm dan tinggi sekitar 20 – 30 cm. Panjang bedengan bisa Anda sesuaikan dengan kondisi lahan yang digunakan.

  • Diantara bedengan untuk menanam, Anda harus menciptakan terusan air. Saluran air bisa dibentuk dengan ukuran lebar 30 – 40 cm dan kedalamannya 40 cm.


 dikenal juga dengan sebutan bunga sedap malam Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam
Media tanam bedengan dan mulsa plastik


  • Jika pH tanah kurang dari 5 – 7, maka Anda perlu menambahkan dolomit. Dolomit yang Anda berikan sekitar 1,5 ton/ha. Cara kontribusi dolomit bisa Anda sebar di atas bedengan dan diaduk dengan tanah hingga rata. Biarkan selama satu minggu. Setelah satu ahad Anda bisa menutup bedengan memakai mulsa perak.

  • Lahan siap untuk Anda tanami.


Teknik Penanaman Bunga Sedap Malam


Pemasangan mulsa


Cara menanam bunga sedap malam selanjutnya yakni menyiapkan lahan tanam. Siapkan lahan dengan memasang mulsa plastik perak. Cara memasang mulsa plastik sangat mudah. Tarik kedua ujung mulsa ke masing – masing ujung dari bedengan. Kemudian kuatkan dengan menancapkan pasak yang terbuat dari bambu. Tancapkan pada tiap – tiap sisi. Langkah berikutnya yakni menarik sisi – sisi mulsa kebagian kanan dan kiri bedengan. Kuatkan dengan memakai pasak dari bambu, beri jarak 50 cm antara pasak satu dengan lainnya. Biarkan bedengan yang telah tertutup mulsa selama 5 – 6 hari. Hal ini dilakukan biar pupuk buatan larut dalam tanan dan tidak menjadi racun pada bunga sedap malam.


Pembuatan lubang tanam


Langkan cara menanam bunga sedap malam selanjutnya yakni pembuatan lubang tanam. Untuk menciptakan lubang tanam pada mulsa, Anda bisa memakai alat dari kaleng susu yang salah satu permukaannya telah terpotong. Kemudian masukkan arang panas pada kaleng susu tersebut untuk melubangi mulsa. Mulsa akan berlubang berupa bulatan kecil dengan ukuran sekitar 20 x 25 cm. Siapkan benih memakai karung dan nampan.


Menyiapkan benih


Cara menanam bunga sedap malam selanjutnya yakni menyiapkan benih. Penyimpanan benih ditempatkan bersahabat tungku untuk dikering anginkan. Biasanya ada beberapa benih yang rusak dan kropos sebab terlalu terkena panas dari tungku. Untuk itu Anda harus menyortir ulang untuk menyamakan ukuran umbi yang baik. Sesuai dengan hukum pembenihan bunga sedap malam.


Proses penanaman


Cara menanam bunga sedap malam hendaknya memperhatikan kondisi dari lubang tanam. Siram lubang tanam terlebih dahulu hingga mencapai kapasitas lapang. Cara menanam bunga sedap malam dilakukan secara hati – hati biar lubang pada mulsa tidak rusak. Pembuatan lubang tanam bisa memakai sendok. Bikin lubang sedalam 9 cm. Pada setiap lubang isilah dengan benih bunga sedap malam. Cara menanam bunga sedap malam yakni memasukkan satu umbi kesatu lubang dan padatkan tanah pada belahan sisi – sisi umbi. Umbi yang telah Anda masukkan kedalam lubang tanam diatur dengan posisi tegak lurus. Posisi tunas menghadap ke atas.


Untuk menutup lubang tanam, Anda bisa memakai tanah bekas galian lubang tanam yang sudah tercampur pupuk. Tebal penutupan tanah berkisar 7 cm. Hal ini dimaksudkan biar suhu stabil, pupuk cepat larut dengan air tanah dan merangsang pertumbuhan umbi benih. Setelah proses penanaman tanggapan maka lakukan penyiraman pada lubang tanam atau pada bedengan. Cara menanam bunga sedap malam yang sangat gampang bukan?


Catatan komplemen cara menanam bunga sedap malam:


Penanaman bunga sedap malam sanggup Anda lakukan disepanjang musim. Waktu yang sempurna untuk budidaya tumbuhan hias ini sanggup Anda sesuaikan dengan waktu undangan pasar.


 dikenal juga dengan sebutan bunga sedap malam Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam
Dekorasi hias memakai bunga sedap malam

Dimana waktu – waktu tersebut undangan tumbuhan sedap malam segar akan sangat besar. Misalnya pada waktu hari – hari besar agama atau tahun gres keagamaan. Tanaman bunga sedap malam sanggup dipanen pada umur 4 – 5 bulan.


artikel terkait tumbuhan hias: Tips Langkah Awal Memulai Bisnis Tanaman Hias


sumber gambar: magicredflorist, flowerian


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tanaman Hias Bunga | Cara Menanam Bunga Sedap Malam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel