Soal Dan Pembahasan Osn 2016 Tingkat Kabupaten Matematika Smp
Sebelumnya kita sudah coba diskusikan soal latihan dalam bermatematik yaitu:
- Soal dan pembahasan Pra OSK matematika tahun 2019 lihat disini
- Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 1 lihat disini
- Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 2 lihat disini
- Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 3 lihat disini
- Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2018 Type 4 lihat disini
- Soal dan pembahasan OSK matematika tahun 2017 lihat disini
Berikut mari kita diskusikan soal dan pembahasan OSN 2016 tingkat kabupaten mata pelajaran matematika untuk tingkat SMP, mari kita simak Bagian A Pilihan Ganda😉
(1). Nilai dari $\dfrac{2017 \times \left( 2016^{2}-16 \right) \times 2015}{ 2020 \times \left( 2016^{2}-1 \right)}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 2012 \\
(B)\ & 2013 \\
(C)\ & 2014 \\
(D)\ & 2015
\end{align}$
Untuk menuntaskan persoalan di atas sedikit kita ingatkan wacana sifat bilangan berpangkat yaitu $a^{2}-b^{2}=(a+b)(a-b)$.
$\begin{align}
& \dfrac{2017 \times \left( 2016^{2}-16 \right) \times 2015}{ 2020 \times \left( 2016^{2}-1 \right)} \\
=\ & \dfrac{2017 \times \left( 2016^{2}-4^{2} \right) \times 2015}{ 2020 \times \left( 2016^{2}-1^{2} \right)} \\
=\ & \dfrac{2017 \times \left( 2016-4 \right)\left( 2016+4 \right) \times 2015}{ 2020 \times \left( 2016 +1 \right)\left( 2016-1 \right)} \\
=\ & \dfrac{2017 \times \left( 2012 \right)\left( 2020 \right) \times 2015}{ 2020 \times \left( 2017 \right)\left( 2015 \right)} \\
=\ & 2012
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ 2012$
(2). Misalkan $\left \lceil x \right \rceil$ menyatakan bilangan bundar terkecil yang lebih besar daripada atau sama dengan $x$.
Jika $x=\dfrac{2}{\dfrac{1}{1001}+\dfrac{2}{1002}+\dfrac{3}{1003}+\cdots+\dfrac{10}{1010}}$, maka $\left \lceil x \right \rceil=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 35 \\
(B)\ & 36 \\
(C)\ & 37 \\
(D)\ & 38
\end{align}$
Pada soal di atas yang menjadi persoalan utama yakni $\dfrac{1}{1001}+\dfrac{2}{1002}+\dfrac{3}{1003}+\cdots+\dfrac{10}{1010}$.
Jika kita misalkan $a=\dfrac{1}{1001}+\dfrac{2}{1002}+\cdots+\dfrac{10}{1010}$ maka:
\begin{array}
\dfrac{1}{1010}+\dfrac{2}{1010}+\cdots+\dfrac{10}{1010} \lt a \lt \dfrac{1}{1001}+\dfrac{2}{1001}+\cdots+\dfrac{10}{1001} \\
\dfrac{1+2+\cdots+10}{1010} \lt a \lt \dfrac{1+2+\cdots+10}{1001} \\
\dfrac{55}{1010} \lt a \lt \dfrac{55}{1001}
\end{array}
alasannya yakni $\dfrac{55}{1010} \lt a \lt \dfrac{55}{1001}$ dan $x=\dfrac{2}{a}$ kita peroleh:
- $x=\dfrac{2}{a}$ dimana $a \lt \dfrac{55}{1001}$ maka $x \gt \dfrac{2 \times 1001}{55}$ dan
- $x=\dfrac{2}{a}$ dimana $a \gt \dfrac{55}{1010}$ maka $x \lt \dfrac{2 \times 1010}{55}$
dari irisan kedua pertidaksamaan di atas kita dapat;
$\dfrac{2002}{55} \lt x \lt \dfrac{2020}{55}$
$ 36,4 \lt x \lt 36,7 $
$\left \lceil x \right \rceil$ menyatakan bilangan bundar terkecil yang lebih besar daripada atau sama dengan $x$, maka $\left \lceil x \right \rceil =37$.
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ 37$
(3). Jika $n!=n \cdot (n-1) \cdot (n-2) \cdot (n-3) \cdots 2 \cdot 1$, maka
$1 \cdot 1! + 2 \cdot 2! + 3 \cdot 3!+4 \cdot 4!+ \cdots +(n-1) \cdot (n-1)!+n \cdot n!=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & (n-1)!+1 \\
(B)\ & (n+1)!-1 \\
(C)\ & (n+1)!+1 \\
(D)\ & n!+1
\end{align}$
Berdasarkan $n!=n \cdot (n-1) \cdot (n-2) \cdot (n-3) \cdots 2 \cdot 1$, sanggup kita tuliskan beberapa pola yaitu:
- $2!= 2 \cdot 1=2$
- $3!=3 \cdot 2 \cdot 1=6$
- $4!=4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1=24$
- $5!=5 \cdot 4 \cdot 3 \cdot 2 \cdot 1=120$
Maka bentuk soal sanggup kita tuliskan menjadi;
- $1 \cdot 1!= 1$
- $1 \cdot 1! + 2 \cdot 2!$
$= 1+4 = 5$
$= 3!-1$ - $1 \cdot 1! + 2 \cdot 2! + 3 \cdot 3!$
$ = 1+4+18 = 23$
$ = 4!-1$ - $1 \cdot 1! + 2 \cdot 2! + 3 \cdot 3! + 4 \cdot 4!$
$= 1+4+18+96= 119$
$ = 5!-1$ $\vdots$ - $1 \cdot 1! + 2 \cdot 2! + 3 \cdot 3! + \cdots +n \cdot n!$
$=(n+1)!-1$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ (n+1)!-1$
(4). Diketahui $ABCD$ dan $CEGH$ yakni dua persegipanjang kongruen dengan panjang $17\ cm$, dan lebar $8\ cm$. Titik $F$ yakni titik potong sisi $AD$ dan $EG$. Luas segiempat $EFDC$ adalah$\cdots cm^{2}$
$\begin{align}
(A)\ & 74,00 \\
(B)\ & 72,25 \\
(C)\ & 68,00 \\
(D)\ & 63,75
\end{align}$
Panjang $BE$ sanggup kita hitung dengan memakai Teorema Pythagoras;
\bigtriangleup CBE & \\
BE^{2} & = CE^{2}-CB^{2} \\
& = 17^{2}-8^{2} \\
& = 289-64 =225 \\
BE & = 15 \\
AE & = 2
\end{align}$
$\begin{align}
\bigtriangleup AFE & \sim \bigtriangleup BEC \\
\dfrac{AF}{BE} & = \dfrac{AE}{BC} \\
\dfrac{AF}{15} & = \dfrac{2}{8} \\
AF & = 15 \cdot \dfrac{1}{4} = 3,75
\end{align}$
$\begin{align}
[CDFE] & = [ABCD]-[AEF]-[BCE] \\
& = AB \cdot BC - \dfrac{1}{2} \cdot AE \cdot AF - \dfrac{1}{2} \cdot BE \cdot BC \\
& = 17 \cdot 8 - \dfrac{1}{2} \cdot 2 \cdot 3,75 - \dfrac{1}{2} \cdot 15 \cdot 8 \\
& = 136 - 3,75 - 60 \\
& = 72,25
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 72,25$
(5). Diketahui dua titik $A(1,1)$ dan $B(12, - 1)$. Garis $l$ dengan gradien $–\dfrac{3}{4}$ melalui titik $B$. Jarak antara titik $A$ dan garis $l$ yakni ... satuan panjang.
$\begin{align}
(A)\ & 4 \\
(B)\ & 5 \\
(C)\ & 6 \\
(D)\ & 7
\end{align}$
Persamaan Garis $g$ yang melalui titik $(x_{1},y_{1})$ dan bergradien $m$ maka garis $g$ adalah $y-y_{1}=m(x-x_{1})$
Persamaan garis $l$ yang melalui titik $B(12,-1)$ dengan $m=–\dfrac{3}{4}$.
$\begin{align}
y-y_{1} & = m(x-x_{1}) \\
y+1 & = –\dfrac{3}{4}(x-12) \\
y & = –\dfrac{3}{4}x+9-1 \\
y & = –\dfrac{3}{4}x+8 \\
4y & = -3x+32
\end{align}$
Jarak titik $(x_{1},y_{1})$ dengan garis $ax+by+c=0$ yakni $d = \left| \dfrac{ax_{1}+by_{1}+c}{\sqrt{a^{2}+b^{2}}} \right|$
Jarak titik $(1,1)$ dengan garis $3x+4y-32=0$ adalah:
$\begin{align}
d & = \left| \dfrac{ax_{1}+by_{1}+c}{\sqrt{a^{2}+b^{2}}} \right| \\
d & = \left| \dfrac{(3)(1)+(4)(1)-32}{\sqrt{3^{2}+4^{2}}} \right| \\
& = \left| \dfrac{-25 }{\sqrt{25}} \right| \\
& = \dfrac{25 }{5} \\
& = 5
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 5$
(6). Perhatikan gambar di samping. Jika $BE = 2\ cm$, $EF = 6\ cm$, dan $FC = 4\ cm$, maka panjang $DE$ adalah...cm
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{\sqrt{6}}{4} \\
(B)\ & \dfrac{\sqrt{6}}{3} \\
(C)\ & \dfrac{\sqrt{3}}{4} \\
(D)\ & \dfrac{2\sqrt{3}}{3}
\end{align}$
Jika sudut $\angle ABE= \beta$ maka besar sudut segitiga $ABC$ sanggup kita ilustrasikan sebagai berikut:
$\begin{align}
\dfrac{AF}{BF} & = \dfrac{CF}{AF} \\
\dfrac{AF}{8} & = \dfrac{4}{AF} \\
AF^{2} & = 8 \cdot 4 \\
AF & = 4\sqrt{2} \\
AC & = \sqrt{32+16}= 4\sqrt{3}\\
\end{align}$
Dari gambar di atas juga kita peroleh bahwa $\bigtriangleup BDE$ sebangun dengan $\bigtriangleup ACF$
$\begin{align}
\dfrac{DE}{CF} & = \dfrac{BE}{AC} \\
\dfrac{DE}{4} & = \dfrac{2}{4\sqrt{3}} \\
DE & = \dfrac{2}{\sqrt{3}}
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ \dfrac{2\sqrt{3}}{3}$
(7). Pada pagi hari yang cerah, suatu bola raksasa ditempatkan di tanah lapang yang datar. Panjang bayangan bola tersebut apabila diukur dari titik singgung bola dengan tanah yakni $15\ m$. Di samping bola tersebut terdapat tiang vertikal dengan tinggi $1\ m$ yang memiliki bayangan sepanjang $3\ m$. Radius bola tersebut adalah$\cdots m$.
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{15}{\sqrt{10}+3} \\
(B)\ & \dfrac{15}{\sqrt{10}-3} \\
(C)\ & \dfrac{10}{\sqrt{5}+2} \\
(D)\ & \dfrac{10}{\sqrt{5}-2}
\end{align}$
Apa yang disampaikan pada soal di atas sanggup kita ilustrasikan sebagai berikut:
$\begin{align}
\bigtriangleup PQR & \\
PR^{2} & = QR^{2}+PQ^{2} \\
& = 3^{2}+1^{2} \\
PR & = \sqrt{10}
\end{align}$
Dari gambar di atas juga kita peroleh $\bigtriangleup ABC$ sebangun dengan $\bigtriangleup PQR$
$\begin{align}
\dfrac{AB}{PQ} & = \dfrac{BC}{QR} \\
\dfrac{AB}{1} & = \dfrac{15}{3} \\
AB & = 5
\end{align}$
Dari unsur-unsur yang diketahui pada segitiga siku-siku $OCD$ dan $OBC$ sanggup kita simpulkan $OCD \cong OBC$, sehingga $BC=CD=15$.
Panjang $AC$ sanggup kita hitung dengan memakai Teorema Pythagoras;
$\begin{align}
\bigtriangleup ABC & \\
AC^{2} & = AB^{2}+BC^{2} \\
& = 5^{2}+15^{2} \\
AC & = \sqrt{250}=5\sqrt{10} \\
AD & = AC-CD=5\sqrt{10}-15
\end{align}$
Dari gambar di atas juga kita peroleh $\bigtriangleup ADO$ sebangun dengan $\bigtriangleup ABC$
$\begin{align}
\dfrac{AD}{AB} & = \dfrac{OD}{BC} \\
\dfrac{5\sqrt{10}-15}{5} & = \dfrac{r}{15} \\
\sqrt{10}-3 & = \dfrac{r}{15} \\
r & = 15\ \left( \sqrt{10}-3 \right) \times \dfrac{\sqrt{10}+3}{\sqrt{10}+3} \\
& = 15\ \left( \dfrac{10-9}{\sqrt{10}+3} \right) \\
& = \dfrac{15}{\sqrt{10}+3}
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(A)\ \dfrac{15}{\sqrt{10}+3}$
(8). Banyaknya bilangan real yang memenuhi $x^{2016}-x^{2014}=x^{2015}-x^{2013}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 0 \\
(B)\ & 1 \\
(C)\ & 2 \\
(D)\ & 3
\end{align}$
$\begin{align}
x^{2016}-x^{2014} & = x^{2015}-x^{2013} \\
x^{2016}-x^{2014}-x^{2015}+x^{2013} & =0 \\
\left(x^{2016} -x^{2014} \right )-\left(x^{2015} -x^{2013} \right ) & =0 \\
x\left(x^{2015} -x^{2013} \right )-\left(x^{2015} -x^{2013} \right ) & =0 \\
\left(x -1 \right )\left(x^{2015} -x^{2013} \right ) & =0 \\
\left(x -1 \right )\left(x^{2} -1 \right )x^{2013} & =0 \\
\left(x -1 \right )\left(x -1 \right )\left(x+1 \right )x^{2013} & =0 \\
x=1;\ x=-1;\ x =0\ &
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(D)\ 3$
(9). Jika sistem persamaan
$mx + 3y = 21$
$4x – 3y = 0$
Memiliki penyelesaian bilangan bundar $x$ dan $y$, maka nilai $m + x + y$ yang mungkin adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 9 \\
(B)\ & 10 \\
(C)\ & 11 \\
(D)\ & 12
\end{align}$
$\begin{array}{c|c|cc}
mx+3y = 21 & \\
4x-3y = 0 & (+) \\
\hline
mx+4x = 21 \\
(m+4)x = 21 \\
x= \dfrac{21}{m+4} \\
\hline
m= -1,\ x=7,\ y=\dfrac{28}{3} \\
m= 3,\ x=3,\ y=4 \\
m= 17,\ x=1,\ y=\dfrac{1}{3}
\end{array} $
Nilai $m + x + y$ yang mungkin yakni $3+3+4=10$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 10$
(10). Suatu survei dilakukan pada siswa kelas VII untuk mengetahui siswa yang berminat mengikuti acara Paskibra. Hasil survei yakni sebagai berikut:
Rasio total siswa putri dan total siswa putra kelas VII di sekolah tersebut yakni ... .
- $25%$ dari total siswa putra dan $50%$ dari total siswa putri ternyata berminat mengikuti acara tersebut;
- $90%$ dari total peminat acara Paskibra yakni siswa putri.
$\begin{align}
(A)\ & 9:1 \\
(B)\ & 9:2 \\
(C)\ & 9:3 \\
(D)\ & 9:4
\end{align}$
Misalkan jumlah keseluruhan Putra$=Pa$ dan Putri$=Pi$
Dari gosip pada soal bahwa yang berminat mengikuti Paskibra yakni $25 \%$ dari total siswa putra berarti yang ikut Paskibra yakni $\dfrac{1}{4}\ Pa$;
$50 \%$ dari total siswa putri berarti putri yang ikut Paskibra yakni $\dfrac{1}{2}\ Pi$
Total yang mengikuti Paskibra yakni $25 \% Pa+50 \% Pi$
$90 \%$ dari total peminat acara Paskibra yakni siswa putri, maka:
$\begin{align}
90 \% \times \left( 25 \% Pa+50 \% Pi \right) & = 50 \% Pi \\
\dfrac{9}{10} \times \left( \dfrac{1}{4} Pa+\dfrac{1}{2} Pi \right) &= \dfrac{1}{2} Pi \\
\dfrac{1}{4} Pa+\dfrac{1}{2} Pi &= \dfrac{10}{9} \cdot \dfrac{1}{2} Pi \\
\dfrac{1}{4} Pa+\dfrac{1}{2} Pi &= \dfrac{5}{9} Pi \\
\dfrac{1}{4} Pa &= \dfrac{5}{9} Pi - \dfrac{1}{2} Pi \\
\dfrac{1}{4} Pa &= \dfrac{10}{18} Pi - \dfrac{9}{18} Pi \\
\dfrac{1}{4} Pa &= \dfrac{1}{18} Pi \\
\dfrac{Pa}{4} &= \dfrac{Pi}{18} \\
\dfrac{Pa}{Pi} &= \dfrac{4}{18}=\dfrac{2}{9} \\
\end{align}$
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ 9:2$
(11). Suatu fungsi ditentukan dengan rumus
$f(x)=\left\{\begin{matrix}
2x+1, \text{untuk}\ x\ \text{genap}\\
2x-1, \text{untuk}\ x\ \text{ganjil}
\end{matrix}\right.$
Jika $a$ yakni bilangan asli, maka nilai yang mustahil untuk $f(a)$ adalah....
$\begin{align}
(A)\ & 21 \\
(B)\ & 39 \\
(C)\ & 61 \\
(D)\ & 77
\end{align}$
Untuk menjawab soal ini, kita coba dengan menguji nilai
- Jika $f(a)=21$ maka $2a+1=21$ sehingga $a=10$ (mungkin) alasannya yakni kalau di substitusi ke $f(x)$ untuk $x=10$ nilai $f(10)=21$;
- Jika $f(a)=39$ maka $2a+1=39$ sehingga $a=19$ (tidak mungkin) alasannya yakni kalau di substitusi ke $f(x)$ untuk $x=19$ nilai $f(19)=37$;
- Jika $f(a)=39$ maka $2a-1=39$ sehingga $a=20$ (tidak mungkin) alasannya yakni kalau di substitusi ke $f(x)$ untuk $x=20$ nilai $f(20)=41$;
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(B).\ 39$
(12). Banyak bilangan bundar $k \gt - 20$ sehingga parabola $y = x^{2} + k$ tidak berpotongan dengan lingkaran $x^{2} + y^{2} = 9$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 20 \\
(B)\ & 19 \\
(C)\ & 11 \\
(D)\ & 10
\end{align}$
Agar parabola dan lingkaran tidak berpotongan maka diskriminan persamaan kuadrat komplotan kurang dari nol $(D \lt 0)$;
$\begin{align}
x^{2} + y^{2} & = 9 \\
y-k+y^{2}-9 & = 0 \\
y^{2}+y-9-k & = 0 \\
\hline
D & \lt 0 \\
b^{2}-4ac & \lt 0 \\
(1)^{2}-4(1)(-9-k) & \lt 0 \\
1+36+4k & \lt 0 \\
4k & \lt -37 \\
k & \lt \dfrac{-37}{4}=-9,25
\end{align}$
Nilai $k$ yang memenuhi $k \gt - 20$ dan $k \lt -9,25$ yakni $-10,-11, \cdots , -19$
(*seandainya pada pilihan ada "tak hingga" maka pilihan untuk "tak hingga" lebih cocok)
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yakni $(A).\ 10$
(13). Suatu perusahaan menjual dua jenis produk $A$ dan $B$. Rasio hasil penjualan produk $A$ dan $B$ dari tahun $2012$ hingga dengan $2015$ disajikan pada gambar berikut.
Diketahui banyak penjualan produk $A$ selama $4$ tahun yakni sebagai berikut.
Rata-rata banyak penjualan produk $B$ dalam $4$ tahun yang sama adalah...
Tahun 2012 2013 2014 2015 Produk A 1200 2400 2400 3600
$\begin{align}
(A)\ & 1000 \\
(B)\ & 1340 \\
(C)\ & 1350 \\
(D)\ & 1500
\end{align}$
Dari gambar grafik kita peroleh, bahwa;
- produk $60\% A=1200$ maka $40\% B=800$
- produk $80\% A=2400$ maka $20\% B=600$
- produk $40\% A=2400$ maka $60\% B=3600$
- produk $90\% A=3600$ maka $10\% B=400$
$\begin{align}
\bar{B} & = \dfrac{800+600+3400+400}{4} \\
& = \dfrac{5200}{4} \\
& = 1350
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ 1350$
(14). Di atas meja terdapat dua set kartu. Setiap set kartu terdiri atas $52$ lembar dengan empat warna berbeda (merah, kuning, hijau, dan biru). Masing-masing warna terdiri atas $13$ kartu bernomor $1$ hingga dengan $13$. Satu kartu akan diambil secara acak dari dua set kartu tersebut. Peluang terambil kartu berwarna merah atau bernomor $13$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{5}{13} \\
(B)\ & \dfrac{8}{26} \\
(C)\ & \dfrac{19}{52} \\
(D)\ & \dfrac{31}{104}
\end{align}$
Peluang bencana yang disampakan pada soal di atas dapa kita hiutng memakai beberapa hukum teorema peluang yaitu $P(A \cup B)=P(A)+P(B)-P(A \cap B)$.
Dengan $n(s)=104$ dan dengan memisalkan:
- $A$ yakni bencana munculnya kartu merah, $n(A)=26$
- $B$ yakni bencana munculnya kartu nomor $13$, $n(A)=8$
- kartu merah nomor $13$ ada $2$, $n(A \cap B)=2$
$\begin{align}
P(A \cup B) & = P(A)+P(B)-P(A \cap B) \\
& = \dfrac{n(A)}{n(S)}+\dfrac{n(B)}{n(S)}-\dfrac{n(A \cap B)}{n(S)} \\
& = \dfrac{26}{104}+\dfrac{8}{104}-\dfrac{2}{104} \\
& = \dfrac{32}{104}= \dfrac{8}{26}
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(B)\ \dfrac{8}{26}$
(15). Terdapat lima bilangan bundar positif dengan rata-rata $40$ dan jangkauan $10$. Nilai maksimum yang mungkin untuk bilangan terbesar dari lima bilangan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 50 \\
(B)\ & 49 \\
(C)\ & 48 \\
(D)\ & 45
\end{align}$
Kita misalkan bilangan tersebut sudah diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar yakni $a,\ b,\ c,\ d,\ e$.
Rata-rata banyak penjualan produk $B$ dalam $4$ tahun adalah
$\begin{align}
\bar{x} & = \dfrac{a+b+c+d+e}{5} \\
40 \times 5 & = a+b+c+d+e \\
200 & = a+b+c+d+e
\end{align}$
Agar bilangan $e$ maksimum pada $a+b+c+d+e=210$ terjadi, maka nilai $a, b,c,d$ kita usahakan minimum dimana selisihnya tidak lebih dari $10$, alasannya yakni jangkauan yakni $10$.
Kita misalkan untuk $a=b=c=d=k$ maka $e=k+10$
$\begin{align}
a+b+c+d+e & = 200 \\
k+k+k+k+k+10 & = 200 \\
5k & = 190 \\
k & = 38 \\
\hline
e & = 38+10=48
\end{align}$
$ \therefore $ Pilihan yang sesuai yakni $(C)\ 48$
Terima kasih juga disampaikan kepada bapak Saiful Arif, M.Pd yang mengetik ulang dan membagikan Pembahasan Soal Olimpiade Sain Nasional Sekolah Menengah Pertama tingkat Kota/Kabupaten tahun 2016 Bidang Matematika. Jika berkenan sanggup disimak juga blog yang dikelola bapak Saiful Arif, M.Pd yaitu http://olimatik.blogspot.com.
Pembahasan soal diatas masih jauh dari sempurna, Kaprikornus kalau ada masukan yang sifatnya membangun terkait persoalan alternatif penyelesaian atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW
Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊
Video pilihan khusus untuk Anda 💗😊 Bilangan prima terbesar itu kira-kira berapa ya?
0 Response to "Soal Dan Pembahasan Osn 2016 Tingkat Kabupaten Matematika Smp"
Posting Komentar