iklan

Pengertian Data Link Layer Jaringan Komputer

Pengertian Data Link Layer Jaringan Komputer - Jaringan komputer yaitu salah satu hal yang paling banyak dipakai dikala ini, alasannya menawarkan banyak laba dan tentunya sangat sangat membantu kinerja manusia, terutama dalam hal komunikasi.

Seperti kita ketahui, meski terlihat sangat sederhana, namun ternyata jaringan komputer itu sendiri terdiri dari banyak komponen - komponen yang kiprahnya sangat vital dalam kelangsungan jaringan.

Selain perangkat jaringan komputer yang membantu komputer dalam menghubungkan ke jaringan, dalam jaringan komputer juga dikenal sebuah istilah yang kita kenal dengan nama layer atau layer. Lapisan atau lapisan pada komputer ini disebut Model Referensi OSI untuk Jaringan Terbuka.

OSI sendiri merupakan kependekan dari Interkoneksi Sistem Terbuka. Lapisan OSI, yang juga dikenal sebagai lapisan saja, yaitu sistem yang terdiri dari lapisan yang harus dilalui oleh paket data biar sanggup bergerak dalam proses transmisi data.

Ada 7 lapisan lapisan OSI yang harus dilalui oleh paket data dalam satu proses transmisi data atau informasi, yaitu:

Itu yaitu lapisan ketujuh - lapisan yang harus dilalui oleh paket data dalam proses transmisi data.

Pengertian Data Link layer

 Jaringan komputer yaitu salah satu hal yang paling banyak dipakai dikala ini Pengertian Data Link Layer Jaringan Komputer
Pengertian Data Link Layer Jaringan Komputer

Data link layer jaringan komputer merupakan salah satu dari tujuh jenis lapisan atau lapisan yang terdapat pada OSI Reference Model For Open Networking. Dalam proses transmisi data yang terjadi, Data link layer yaitu layer ke 6 untuk transmitter atau data sender, dan merupakan lapisan kedua untuk receiver, atau mereka yang mendapatkan data.

Data link layer sendiri intinya yaitu layer atau layer pada OSI Reference Model untuk Open Networking yang mempunyai kiprah utama dalam menawarkan mekanisme transmisi data antar jaringan.

Jadi, dengan Data link layer ini, setiap paket data yang akan dikirim atau diterima oleh pengguna, akan diproses, memungkinkannya untuk melanjutkan ke lapisan berikutnya, lapisan lapisan jaringan atau lapisan fisik.


Fitur Utama Data link layer

Salah satu fitur utama dari Data link layer ini yaitu Data link layer yaitu satu lapisan yang secara fisik mempunyai alamat atau alamat tersendiri yang telah dikodekan secara eksklusif ke kartu jaringan atau kartu jaringan dikala kartu jaringan pertama kali dibuat.

Inilah yang kita ketahui dengan istilah MAC address. Jadi, kalau kita mendengar istilah yang disebut MAC Address di jaringan komputer, maka ini niscaya mengacu pada layer atau data link layer.

Fungsi dari Data Link Layer

Tentu saja, data link layer tentu mempunyai fungsinya tersendiri di seluruh jaringan komputer. Berikut yaitu beberapa fungsi layer atau layer data link:

a. Pengelompokan secara logis
Fungsi pertama dari Data link layer yaitu mengelompokkan secara logis, atau tidak terlihat. Proses pengelompokan yaitu proses penyatuan beberapa paket data menjadi paket data terpadu tunggal.

Perlu diketahui, ketika paket data mulai berjalan melalui lapisan lapisan OSI, maka paket data akan dipecah menjadi potongan-potongan kecil. Tugas layer data link inilah yang sanggup menciptakan proses meraba-raba atau re-integrasi fraksi dari paket data menjadi utuh kembali.

b. Menyediakan saluran ke media memakai MAC Address
Seperti disebutkan sebelumnya, pada layer data link layer ini, ada alamat fisik yang dikenal dengan MAC Address. MAC Address yaitu aba-aba alamat yang dicetak secara fisik, dana yang diharapkan untuk melaksanakan proses pengiriman dan juga proses penerimaan data dalam siklus transmisi jaringan komputer.

Dengan adanya data link layer, maka setiap proses transmisi yang ada sanggup mempunyai saluran ke alamat MAC yang sudah ada secara fisik.

Lebih lengkap: Pengertian MAC Address dan Fungsinya

Mendeteksi kesalahan pengiriman dan penerimaan paket data dan melaksanakan proses koreksi
Tidak mungkin bila proses transmisi data terjadi, ada beberapa kesalahan, menyerupai kesalahan penyelesaian data menjadi paket data, atau kesalahan dalam transmisi data dan proses penerimaan data.

Nah, ini yaitu fungsi dari data link layer untuk melaksanakan proses deteksi dan juga proses koreksi kesalahan yang terjadi pada proses transmisi data.

Data link layer akan mendeteksi kalau terjadi kesalahan pengiriman data melalui layer, dan kemudian melaksanakan koreksi secara otomatis, sehingga paket data tetap akan ditransmisikan tanpa sedikit pun error.

Kombinasikan paket data menjadi byte, dan gabungkan byte ke frame
Seperti disebutkan sebelumnya, ini merupakan kelanjutan dari fungsi pengelompokan yang dilakukan oleh Data link layer. Fungsi selanjutnya dari layer data link yaitu mengintegrasikan bentuk paket data menjadi satu kesatuan utuh, dari paket data ke bentuk byte, hngga menggabungkan byte yang ada menjadi bentuk frame.

Perangkat apa yang bekerja pada layer data link layer?
Meski Data link layer itu sendiri merupakan lapisan logis, alias tidak sanggup dilihat dan juga dipakai secara fisik, namun lapisan link link mempunyai relasi yang akrab dengan beberapa perangkat keras jaringan yang tentunya sanggup kita lihat dan kita gunakan secara fisik.

Yang pertama, yang sudah disebutkan, yaitu Kartu Jaringan, yang merupakan bab penting dari Data link layer, terutama dalam menyediakan alamat MAC yang dipakai untuk proses pengalamatan fisik.

Selain itu, ada beberapa perangkat keras jaringan komputer lain yang bekerja sama dengan Data link layer layer ini. Bridge dan juga switch yaitu perangkat jaringan komputer yang bekerja secara fisik dan mempunyai relasi yang akrab dengan Data link layer. Hal ini sesuai dengan fungsi jembatan dan juga saklar itu sendiri yang berfungsi untuk:

Memecah jaringan yang terdiri dari satu server menjadi beberapa pengguna (sebuah proses transmisi data, dimana data link layer yaitu layer atau layer 6, kemudian

Menggabungkan jaringan menjadi satu jaringan besar (proses mendapatkan data, dimana Data link layer sanggup memainkan layer atau lapisan kedua).
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Data Link Layer Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel