Mudahnya Mengetahui Cara Menciptakan Laporan Keuangan Sederhana Untuk Perusahaan Kecil
Laporan keuangan merupakan salah satu catatan penting bagi para pengusaha, baik itu untuk perjuangan dalam skala besar maupun skala kecil. Bagi perusahaan besar, laporan keuangan bukanlah sebuah hal rumit yang harus dilakukan. Berbeda dengan perjuangan skala kecil yang menganggap laporan keuangan bukanlah sesuatu yang penting. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengusaha skala kecil yang tidak mengerti mengenai cara menciptakan laporan keuangan sederhana untuk perusahaan kecil.
Sebuah perusahaan skala besar, laporan keuangan sudah disusun rapi dan detail. Laporan tersebut telah dibentuk oleh seorang akuntan yang memang mempunyai ilmu dan pengetahuan luas mengenai laporan keuangan. Karena laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi yang cukup rumit bagi orang awam. Di perusahaan besar, mereka sudah mempunyai resource yang bisa menciptakan laporan keuangan yang rapi serta detail.
Berbeda pada perusahaan skala kecil. Umumnya perusahaan kecil dimiliki oleh seseorang yang tidak mengerti mengenai akuntansi. Terkadang sih pengusaha mengabaikan akan pentingnya proses akuntansi pada perjuangan yang mereka miliki. Padahal, laporan keuangan kalau difungsikan sesuai dengan fungsinya menjadi sumber informasi bagi perjuangan yang sedang dijalankan. Bahkan laporan keuangan akan menjadi salah satu sumber utama bagi pemilik perjuangan untuk mengetahui jumlah keuntungan yang sebetulnya mereka dapatkan.
Oleh lantaran itu, SolusiUKM akan menawarkan panduan kepada para pemilik perjuangan untuk bisa mengetahui cara menciptakan laporan keuangan sederhana untuk perusahaan kecil. Meskipun sederhana, tetapi laporan keuangan ini akan sangat gampang dipahami serta diterapkan oleh para pemilik perjuangan skala kecil dan tentunya sesuai SAK (Standar Akuntansi Keuangan).
Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana untuk Perusahaan Kecil
Sebelum memulai menciptakan laporan keuangan perusahaan kecil, Anda sebagai pengusaha harus mempersiapkan beberapa hal yang wajib dipersiapkan. Hal-hal ini akan sangat berkaitan dengan catatan keuangan bisnis Anda dalam periode tertentu.
Misal, kalau Anda ingin membuat laporan keuangan selama satu bulan periode akuntansi, maka Anda harus mempersiapkan catatan-catatan keuangan selama satu bulan tersebut. Catatan-catatan ini akan menjadi sumber utama dalam menciptakan laporan keuangan yang akan dibuat. Beberapa catatan yang harus dipersiapkan:
- Catatan Pembelian Barang
- Catatan Penjualan Barang
- Catatan biaya-biaya
- Catatan Hutang
- Catatan Piutang
- Catatan Kas Usaha
Catatan-catatan tersebut akan menjadi pola dasar dalam penyusunan laporan keuangan bisnis yang Anda miliki. Setelah laporan keuangan dibuat, Anda bisa menyusun laporan keuangan neraca. Dalam bahasa awam, neraca yaitu laporan posisi keuangan usaha. Pada laporan ini, keuangan perjuangan antara aktiva dan pasiva harus seimbang. Jika tidak seimbang, keuangan perjuangan Anda bermasalah atau Anda melaksanakan salah pencatatan hal itu akan menimbulkan kerugian pada Anda.
Contoh Laporan Neraca
Setelah laporan keuangan neraca selesai dibuat, saatnya Anda menciptakan sebuah laporan keuangan untuk menunjukkan berapa keuntungan dan rugi keuangan perjuangan yang Anda miliki. Sehingga Anda bisa mengetahui berapa keuntungan yang sudah Anda dapatkan dari perjuangan yang Anda jalankan dan berapa kerugian yang Anda alami dalam periode tertentu.
Contoh Laporan Keuangan Laba dan Rugi
Itulah laporan keuangan keuntungan rugi yang harus Anda buat disetiap selesai periode akuntansi. Seperti contoh diatas yang merupakan laporan keuntungan rugi bulanan yang dibentuk oleh satu perusahaan kecil. Cara menciptakan laporan keuangan sederhana untuk perusahaan kecil diatas tidak terlalu ribet dan sangat gampang Anda buat tanpa harus menyewa jasa seorang akuntan yang cukup mahal bahkan tanpa harus mempelajari ilmu akuntansi sampai mendalam.
Contoh Laporan Arus Kas
Laporan arus kas dibentuk untuk mengetahui jumlah arus kas masuk dan keluar. Dengan adanya laporan keuangan arus kas ini, Anda bisa mengetahui berapa uang kas yang telah masuk dan berapa uang kas perusahaan yang Anda keluarkan untuk biaya-biaya operasional perusahaan.
Laporan Perubahan Modal
www.akuntansis.blogspot.com
Laporan keuangan perubahan modal yaitu sebuah laporan yang menggambarkan perubahan modal perusahaan. Seperti yang Anda lihat diatas, laporan keuangan perubahan modal. Dimana terlihat di kolom paling atas modal awal yang dimiliki oleh perusahaan, dan modal selesai pada periode akuntansi bulanan di paling bawah yang angkanya telah berubah. Ketika Anda ingin menciptakan laporan keuangan perubahan modal, maka Anda bisa mengetahui sumber perubahan modal perusahaan dengan akurat.
Cara menciptakan laporan keuangan sederhana untuk perusahaan kecil yang umum dan wajib dibentuk oleh setiap pemilik usaha. Dengan mengetahui cara menciptakan laporan keuangan, Anda bisa memilih sumber keuangan apa saja yang harus dimasukan dalam setiap laporan keuangan.
Jika Anda merasa ribet dalam menciptakan sebuah laporan keuangan untuk perusahaan kecil. Karena jumlah transaksi yang cukup banyak, Anda bisa memakai software akuntansi Accurate Online (AOL). Dari AOL ini, Anda bisa menciptakan sebuah laporan keuangan dengan mudah. Tanpa harus melaksanakan perhitungan-perhitungan yang sulit.
Meskipun gampang menciptakan laporan keuangan di AOL harus bersumber pada catatan atau pembukuan keuangan yang Anda input ke dalam software AOL di awal periode akuntansi. Jika tidak, maka Anda tidak bisa menyusun laporan keuangan sederhana untuk bisnis yang Anda miliki. Karena AOL sudah memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan perjuangan serta sanggup membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan untuk pajak usaha. Dimana AOL sudah terintegrasi dengan e-faktur, e-SPT, PPh 23, dan fitur pajak lainnya. Selamat mencoba.
Sumber http://solusiukm.com
0 Response to "Mudahnya Mengetahui Cara Menciptakan Laporan Keuangan Sederhana Untuk Perusahaan Kecil"
Posting Komentar