iklan

Penerapan Sistem Akuntansi Pada Ukm Di Zaman Internet

Penerapan sistem akuntansi pada perusahaan besar sudah niscaya telah berjalan dengan baik. Namun bagaimana penerapan pada Usaha Kecil Menengah (UKM)? Dimana sebagian besar pelaku UKM bukanlah jago dalam bidang akuntansi.


Perusahaan dengan skala besar tentunya berbeda dengan sistem keuangan yang dijalankan oleh pelaku UKM. Masalah keuangan sudah niscaya dikelola sendiri oleh sang pemilik, mereka sangat jarang memperlihatkan kepada orang lain untuk mengelola keuangan perjuangan yang mereka jalankan. Umumnya para pelaku UKM, tidak mempunyai pengetahuan yang begitu mendalam mengenai akuntansi.


Sehingga mereka harus diberi pengetahuan-pengetahuan mengenai akuntansi dasar. Masih banyak UKM yang kurang menerapkan akuntansi pada perjuangan mereka. Sehingga banyak UKM yang belum melaksanakan pencatatan keuangan dengan baik dan maksimal dalam perjuangan yang mereka jalankan.


Terlebih masih cukup banyak masalah-masalah yang terjadi pada UKM, sehingga mempengaruhi produktivitas dari perjuangan mereka. Dan para pelaku UKM akan mengabaikan sistem keuangan bagi bisnis mereka. Karena berdasarkan mereka hal tersebut bukan dilema krusial.


Masalah Pada UKM


UKM Di Indonesia seharusnya sanggup menjadi motor penggagas ekonomi bangsa. Namun alasannya sulitnya mendapat jalan masuk dan pengelolaan perjuangan yang baik, dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Pemerintah. Hal ini menciptakan pelaku UKM harus mencari cara supaya produktivitas mereka sanggup terus menerus tumbuh dan sanggup hidup secara kesinambungan sampai ke depan.


Masalah yang sering dialami oleh UKM di Indonesia ialah dilema sumber daya insan (SDM). Dimana banyak SDM UKM di Indonesia tidak multiskill dalam organisasi, manajemen, keuangan, marketing, dan teknologi. Hal inilah yang terkadang menciptakan UKM di Indonesia tidak sanggup bertahan lama.


Salah satu hambatan yang sering terjadi pada UKM ialah pengelolaan keuangan serta penguasaan teknologi yang belum begitu diperhatikan oleh pelaku UKM itu sendiri. Padahal hal ini penting, terlebih dalam penerapan sistem akuntansi UKM.


Apa saja yang Diperlukan pengusaha Dalam Penerapan Sistem Akuntansi?


Ketika seorang pengusaha UKM melaksanakan pencatatan keuangan yang telah ia buat untuk UKM miliknya, maka itu ialah salah satu cara penerapan sistem akuntansi yang dijalankan oleh pemilik usaha. Namun apakah pencatatan itu sudah benar atau belum, atau sudah standar atau tidak, sebagian dari mereka tidak memahami hal tersebut.


Untuk mengelola sistem akuntansi untuk bisnis yang dipakai sebagai warta keuangan pada UKM terdapat warta keuangan terdiri dari catatan penjualan, catatan pembelian barang produk, daftar piutang, daftar utang, pembuatan data persediaan, pembuatan jurnal dan buku besar. Serta terdapat neraca keuangan yang terdiri dari arus kas, dan juga laporan keuntungan rugi yang dipersiapkan oleh pemilik usaha.


Namun sangat jarang, pemilik UKM menciptakan warta keuangan secara keseluruhan tersebut. Mungkin, para pengusaha hanya mempersiapkan untuk mencatat barang yang terjual dan terbeli saja. Pembuatan daftar piutang dan jurnal serta buku besar jarang sekali dilakukan. Karena mereka menganggap mereka tidak mengerti akan hal itu.


Informasi keuangan UKM yang sederhana yang sudah dibentuk selama periode tertentu akan menghasilkan sebuah laporan keuangan. Tetapi untuk menciptakan laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi tidaklah mudah. Hal inilah yang menciptakan banyak pelaku perjuangan enggan melaksanakan kiprah untuk menciptakan laporan keuangan yang standar dengan prinsip-prinsip akuntansi yang sesungguhnya.


Terlebih, untuk menyiapkan laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi membutuhkan tenaga akuntan. Hal inilah yang enggan dilakukan oleh pemilik usaha, mereka masih memikirkan budget yang akan dikeluarkan untuk membayar tenaga akuntan tersebut. Terlebih perjuangan mereka masih cukup kecil untuk memperkerjakan tenaga akuntan dan pelaku UKM menganggap hal tersebut belum penting.


Kapan Umumnya UKM Memakai Teknologi Untuk Menerapkan Sistem Akuntansi?


Seiring berkembangnya usaha, maka sistem pembukuan dan akuntansi pun harus ikut berkembang. Anda sebagai pemilik perjuangan harus melaksanakan penerapan sistem akuntansi yang baik untuk UKM milik Anda. Terlebih ketika jumlah transaksi yang terjadi pada perjuangan Anda semakin meningkat dan menyulitkan Anda melaksanakan semua itu secara sendiri atau manual.


Disinilah Anda harus menerapkan penggunaan teknologi dalam bisnis yang Anda jalankan. Dengan sumbangan teknologi, tentunya akan menciptakan pekerjaan Anda lebih efisien dan efektif. Terutama dalam melaksanakan pencatatan transaksi yang ada. Disinilah kiprah komputerisasi harus dilakukan dan diterapkan dalam akuntansi.


Meskipun ketika Anda sudah membeli komputer dengan sistem operasi Windows, bekerjsama sudah tersedia software untuk pencatatan keuangan. Yakni Microsoft excel, tetapi memakai excel bukanlah kasus mudah. Terutama untuk menyusun laporan keuangan. Anda sanggup menentukan beberapa software akuntansi yang sanggup membantu proses pembuatan warta keuangan yang ingin Anda terapkan pada perjuangan Anda.


Penggunaan teknologi, dilakukan untuk mengurangi terjadinya kesalahan dalam penginputan data transaksi masuk dan keluar. Sehingga memudahkan Anda juga untuk memantau perkembangan perjuangan milik Anda. Serta Anda sanggup mengambil banyak sekali keputusan untuk bisnis Anda.


Jika Anda masih merasa kesulitan dalam memakai teknologi, terutama software Excel, maka Anda sanggup memakai software yang memang berbasis untuk pengolahan data akuntansi untuk memudahkan dalam pembuatan neraca, jurnal, dan laporan keuangan yang memudahkan Anda dalam mengelola data keuangan bisnis UKM milik Anda.


Untuk memudahkan pekerjaan Anda tersebut, Anda sanggup memakai Accurate Software sebagai software akuntansi yang sudah dipergunakan oleh pelaku-pelaku UKM di Indonesia alasannya kemudahannya. Terlebih ketika ini, Accurate sudah tersedia dalam versi online yang dikenal dengan AOL (Accurate Online), yang sanggup Anda gunakan pada smartphone. Dan Anda sanggup memantau perkembangan data keuangan UKM Anda kapanpun dan dimanapun.


Penerapan sistem akuntansi pada UKM memang sudah seharusnya dilakukan. Hal ini untuk memudahkan pelaku UKM mendapat dana segar, menyerupai pembiayaan perjuangan dari pemerintah melalui Bank atau mendapat investor. Pemerintah dan investor umumnya selalu meminta laporan keuangan UKM milik Anda. Tanpa adanya laporan tersebut, maka sangat sulit untuk mendapat dana segar untuk menyebarkan perjuangan milik Anda.



Sumber http://solusiukm.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penerapan Sistem Akuntansi Pada Ukm Di Zaman Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel