iklan

[Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi | Akuntansilengkap.com – Proses menjadi negara maju yaitu negara yang memperhatikan pembangunan ekonominya. Negara yang mempunyai kondisi yang baik tentu juga mempunyai perkembangan pembangunan yang baik.

Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

Pembangunan ekonomi berdasarkan Adam Smith yaitu perpaduan antara pertumbuhan penduduk dengan kemajuan teknologi.

Tahukah kamu?
Menurut Sadono sukirno, definisi pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi mempunyai perbedaan. Pertumbuhan ekonomi yaitu proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka panjang. Makara pertumbuhan ekonomi menjadi indikator dari keberhasilan pembangunan.

Sedangkan pembangunan ekonomi yaitu perjuangan untuk meningkatkan pendapatan perkapita dengan cara mengelola kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil melalui penggunaan teknologi, penanaman modal, peningkatan keterampilan, penambahan pengetahuan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen. 

Sebenarnya pembangunan ekonomi bukan menjadi indikator maju atau tidaknya suatu negara. Namun melalui pembangunan ekonomi kita bisa melihat bagaimana keadaan negara dilihat dari sistem yang dipakai oleh pemerintah.

Pembangunan ekonomi berkaitan dengan rata tidaknya kesejahteraan masyarakat di suatu negara. Makara dengan pembangunan ekonomi impian yang bisa menaikkan taraf kehidupan masyarakat pada suatu negara yang mencakup pendapatan, pendidikan, teknologi, kesempatan kerja dan lainnya.

Nah, jadi kita bisa melihat tingkat keberhasilan dan ekonomi dengan perkembangan taraf hidup masyarakat nya.

Untuk berhasil atau tidaknya suatu negara dalam pembangunan ekonomi, maka diharapkan indikator. Indikator dipakai sebagai contoh dalam menilai. Menilai apa? Yaitu menilai seberapa jauh suatu negara mencapai indikator yang telah ditetapkan.

Fungsi indikator sendiri yaitu ihwal gejala, pola dan efek yang terjadi, dan juga untuk memilih hingga taraf mana yang berhasil dicapai negara. Kegiatan nya mencakup mengukur, menganalisis dan mengevaluasi sebuah perencanaan hingga pelaksanaan biar bisa menghasilkan kebijakan.

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi bisa di jelaskan pada 11 ruang lingkupnya berikut ini:

1. Urbanisasi

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Pengertian urbanisasi yaitu perpindahan penduduk dari desa ke kota. Mengapa urbanisasi dikatakan sebagai indikator pembangunan ekonomi?

Alasannya lantaran apabila penduduk desa pindah ke kota, itu tandanya akan menjamin kesejahteraan dan kemakmuran.

Ketertarikan ini timbul biasanya karena, pertama, kesempatan kerja dan didukung oleh mesin-mesin canggih. Kedua, banyaknya pemesanan kebutuhan barang menciptakan perusahaan membuka lowongan pekerjaan, sehingga akan mengurangi pengangguran dan juga menurunkan tingkat kemiskinan.

Baca juga:

  1. “Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis” Asuransi [Lengkap]
  2. 7 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal
  3. Dampak dan Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran

2. Pendapatan per kapita

Pertumbuhan ekonomi bersahabat kaitannya dengan pendapatan perkapita. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi, tentu besar lengan berkuasa pula terhadap pembangunan ekonomi.

Alasan pendapatan perkapita sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi yaitu karena, pendapatan perkapita yang semakin naik, disebabkan oleh stabilitas perekonomian yang baik pula. Artinya kesejahteraan masyarakat akan terjamin.

Bila dikaitkan dengan urbanisasi. Perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan dari perusahaan. Dengan begitu pendapatan perusahaan akan naik dan berimbas kepada para pekerjanya.

Jika karyawan/pekerja menaikan kualitas kerjanya, maka akan menaikkan pula permintaan, sehingga pendapatan perkapita juga akan naik.

3. Struktur Ekonomi

Pembangunan ekonomi berafiliasi dengan struktur ekonomi sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Alasannya adalah, dengan berkembangnya pembangunan ekonomi, maka struktur ekonomi (yang berarti perjuangan pola perubahan menuju peningkatan) juga ikut berkembang.

Contohnya, bertumbuhnya ekonomi menjadikan sektor pertanian digantikan dengan sektor industri maka struktur ekonomi akan berubah seiring dengan bertumbuhnya ekonomi.

4. Angka Tabungan

Mengapa angka tabungan dikatakan sebagai indikator keberhasilan pembangunan ekonomi ? Karena angka tabungan berafiliasi dengan struktur ekonomi.

Contohnya, Perubahan dari sektor pertanian beralih sektor perindustrian akan meningkatkan produktivitas, serta output yang dihasilkan juga akan naik.

Tabungan yaitu modal dalam sebuah perekonomian,  dengan begitu semakin banyak  angka tabungan yang dimiliki dalam perubahan struktur ekonomi, maka sanggup disimpulkan bahwa perekonomian semakin berkembang.

5. Indeks Kualitas Hidup

Indeks kualitas hidup dikelompokkan menjadi 3 potongan yaitu, angka rata-rata impian hidup angka maut bayi dan angka melek huruf.

Indeks kualitas hidup menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, alasannya semakin baik indeks kualitas hidup maka semakin anggun pembangunan ekonomi yang di laksanakan.

Pertama, dari angka rata-rata impian hidup. Angka rata-rata impian hidup dalam negara yang keadaan pembangunan ekonomi nya baik tentu akan meningkat. Contohnya bisa dilihat dari pemenuhan kebutuhan kuliner kepada masyarakat yang merata. Artinya, mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka sendiri jadi tidak ada kata ihwal kekurangan makanan.

Contoh lain, pemenuhan kebutuhan obat-obatan atau susukan kesehatan masyarakat terjangkau apabila masyarakat mengalami sakit.

Kedua, angka kematian bayi. Pembangunan ekonomi yang baik akan menurunkan angka maut bayi. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya gizi, nutrisi dan pelayanan kesehatan yang memadai untuk ibu hamil hingga bayi yang dilahirkan.

Ketiga, angka melek huruf. Pembangunan ekonomi yang baik dibuktikan dengan angka melek abjad yang meningkat. Artinya negara memfasilitasi warga untuk melek abjad dan memperlihatkan kemudahan untuk melaksanakan komunikasi yang baik dengan adanya melek abjad tersebut sehingga masyarakatnya bisa memahami perkembangan dari suatu negara.

7. Pendidikan

Pendidikan menjadi salah satu indikator pembangunan ekonomi. Karena pembangunan ekonomi yang maju di suatu negara, terjadi apabila tingkat pendidikan masyarakatnya tinggi.  Artinya, kalau dilihat dari banyaknya angka atau orang yang melek abjad di suatu negara, itu membuktikan bahwa pembangunan ekonominya bagus.

Namun bukan hanya dilihat dari angka melek abjad nya saja melainkan dari tingkat partisipasi masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.

8. Kesehatan

Kesehatan memperlihatkan efek pembangunan ekonomi. Lengkapnya kemudahan kesehatan, mudahnya susukan kesehatan yang ada, akan mengakibatan angka impian hidup yang tinggi Contohnya pelayanan KB (keluarga berencana). Sehingga kesehatan menjadi indikator keberhasilan.

9. Tempat Tinggal

Tempat tinggal juga menjadi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi. Tempat tinggal yang dimaksud yaitu kawasan tinggal yang mempunyai kemudahan air,  listrik yang memadai, sarana sanitasi dan kualitas kawasan tinggal yang layak huni. Itu semua memperlihatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

10. Kriminalitas

Tingkat kriminalitas akan berkurang kalau suatu negara mempunyai tingkat kesejahteraan yang tinggi. Karena, masyarakat sudah bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

11. Akses atau Media

Indikator yang terakhir yaitu sudah tersedianya susukan untuk menuju tempat-tempat yang tidak terjangkau. Hal ini membuktikan tingkat pembangunan ekonomi yang baik

Demikianlah pembahasan [Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara. Semoga sanggup menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel lainnya:

  1.  Hukum Permintaan dan Penawaran [Pengertian, Jenis, dan Kurva]
  2. 16: “Fungsi Permintaan dan Penawaran” Pengertian, Contoh Soal dan Jawaban
  3. 15: Anjak Piutang [Pengertian, Pihak yang Terlibat, Manfaat, serta Mekanismenya]
  4. 15: Harga Keseimbangan [Pengertian, Penjelasan, Serta Cara Menghitung]
  5. 15: [Pengertian dan Contoh] Konsep Nilai Waktu Uang

Sumber http://www.akuntansilengkap.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[Lengkap] 11 Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi Suatu Negara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel