iklan

Apa Itu Driver Dan Cara Kerjanya

Driver pada komputer ialah komponen software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara Sistem Operasi dan hardware. Secara mendasar dikala sebuah aplikasi mengakses data dari sebuah hardware, pertama aplikasi tersebut memanggil function yang sanggup diimplementasikan oleh sistem operasi. Setelah sistem operasi berhasil membaca pesan tersebut, sistem operasi kemudian memanggil function yang sanggup diimplementasikan oleh driver. Driver kemudian memakai isyarat binary untuk memerintah hardware melaksanakan perintah yang diberikan oleh sistem operasi dan mengambil data yang dilakukan oleh hardware. Begitu juga selanjutnya sistem operasi menunjukkan data ke aplikasi untuk sanggup bekerja. Driver jenis ini bekerjsama berjulukan device driver.

Artikel terkait: Apa itu Software atau Perangkat Lunak Komputer dan Jenisnya

Aplikasi ⇔ Sistem Operasi ⇔ DriverHardware

Berikut merupakan klarifikasi mengenai driver yang lebih kompleks:

  1. Tidak semua device driver dibentuk oleh manufaktur dari hardware yang bersangkutan. Namun beberapa driver dirancang untuk memenuhi semua kebutuhan hardware dalam lingkup yang sama. Ini berarti driver sanggup dibentuk oleh pihak lain misalkan Microsoft sanggup menciptakan driver standar untuk menjalankan hardware keyboard.
  2. Tidak semua device driver sanggup eksklusif berkomunikasi dengan hardware. Ini berarti driver bersangkutan tidak sanggup membaca data dengan isyarat binary I/O untuk membaca secara eksklusif data dari suatu hardware. Secara mendasar driver jenis ini bergantung terhadap driver primer yang sanggup berkomunikasi eksklusif dengan hardware bersangkutan. Driver jenis ini akan manipulasi perintah ke driver yang lain.
  3. Beberapa device driver jenis filter hanya merekam perintah I/O sistem operasi kepada driver primer untuk membaca data dari hardware secara langsung. Misalkan driver Dolby digital akan meminta pinjaman kepada sound driver untuk mengirim perintah kepada sound card mengirimkan data bunyi yang sanggup dimengerti oleh sound card tersebut.

AplikasiSistem OperasiDriver (Filter)Driver (Function) ⇔ Hardware

Device Driver pada sistem operasi bekerja secara eksklusif dengan Hardware. Namun ada driver yang bekerja untuk software tertentu sampai sanggup bekerja dengan baik memakai manipulasi perintah binary kepada prosesor. Driver jenis ini disebut dengan software driver.

Apa itu Software Driver?

Software driver ialah driver yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara aplikasi dengan Sistem Operasi di tingkat Kernel. Kernel Sistem Operasi merupakan sistem inti (core operating system data) yang hanya sanggup dibaca oleh driver yang memiliki akta kepemilikan hak akses, dimana driver tersebut sanggup membaca data inti sistem operasi yang telah di-enkripsi. Berbeda dengan virus pada komputer yang sanggup membobol enkripsi ini, software driver mengakses secara legal. Software driver biasanya dipakai oleh anti-virus untuk bekerja.

Aplikasi

User Mode


Kernel Mode

Software DriverData (enkripsi)


Software Driver selalu bekerja di kernel mode. Yang membedakannya dengan device driver ialah device driver tidak selalu bekerja di kernel mode. Umumnya device driver hanya bekerja pada user mode. Sehingga device driver tidak terlalu memerlukan akta khusus dari sistem operasi yang bersangkutan untuk bekerja dengan baik.

Baca juga tutorial lainnya: Daftar Isi Belajar Komputer 


Sekian artikel Apa Itu Driver. Nantikan artikel menarik lainnya dan jangan lupa share artikel ini ke kerabat anda. Terimakasih…


Sumber https://www.advernesia.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Driver Dan Cara Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel