iklan

Inilah Tips Cara Beternak Puyuh Lengkap Bagi Pemula

Beternak puyuh – Burung puyuh yaitu jenis burung yang tidak sanggup terbang ibarat burung pada umumnya. Ukuran tubuh dari burung ini relatif kecil, kakinya kecil, serta sanggup diadu. Burung jenis ini dalam Bahasa jawa disebut dengan “Gemak” atau dengan bahasa asingnya “Quail”. Di Amerika Serikat jenis Quail Bird merupakan jenis burung liar yang diternakkan pada tahun 1870 dan terus dikembangbiakkan di penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, burung puyuh ditemukan pada selesai tahun 1979 hingga sekarang burung puyuh sanggup Anda temukan di Indonesia.


 Burung puyuh yaitu jenis burung yang tidak sanggup terbang ibarat burung pada umumnya Inilah Tips Cara Beternak Puyuh Lengkap Bagi Pemula
Kandang puyuh – beternak puyuh

JENIS-JENIS BURUNG PUYUH


Kelas             : Aves (Bangsa Burung)

Ordo             : Galiformes

Sub-Ordo       : Phasianoidae

Famili            : Phasianidae

Genus            : Coturnix

Species          : Coturnix – Coturnix Japonica


PERSYARATAN LOKASI BETERNAK PUYUH



  • Lokasi budidaya puyuh tidak berada di area keramaian ataupun akrab dengan permukiman penduduk.

  • Lokasi yang Anda pilih sanggup dijangkau oleh transportasi darat atau mempunyai jalur sarana produksi peternakan ataupun jalur-jalur untuk pemasaran.

  • Lokasi yang Anda pilih harus terhindar dari wabah penyakit.

  • Lokasi yang Anda pilih terbebas dari banjir.

  • Lokasi yang Anda pilih mempunyai sirkulasi udara yang baik.


artikel terkait puyuh: Analisis Bisnis Ternak Puyuh Petelur Skala Rumah Tangga


LANGKAH – LANGKAH BETERNAK PUYUH


Persiapan Sarana dan Peralatan


Membuat Kandang


Dalam menciptakan sangkar puyuh ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu temperatur udara dalam sangkar harus stabil dengan kisaran suhu 20 – 25 0C. Tingkat kelembaban berkisar antara 30 – 80%. Untuk pencahayaan, Anda harus memakai pencahayaan berkisar antara 25 – 40 watt pada siang hari dan 40 – 60 watt pada malam hari. Penataan sangkar juga harus Anda perhatikan dengan memperhitungkan dilema penyinaran pada pagi hari untuk masuk kedalam kandang.


Kandang puyuh mempunyai 2 jenis, yaitu model litter dan batere. Kandang model litter merupakan sangkar dengan lantai sekam, sedangkan untuk sangkar model batere yaitu sangkar dengan sistem sangkar.


Ukuran sangkar puyuh sanggup Anda sesuaikan, yaitu untuk 1 m2 diisi 90 – 100 ekor anakan puyuh dan akan disusutkan menjadi 60 ekor/m2 pada ketika puyuh berumur 10 hari hingga lepas masa anakan. Terakhir cukup 40 ekor/m2 pada ketika puyuh masa bertelur.


Jenis – jenis sangkar beternak puyuh yang pada umumnya dipakai untuk budidaya puyuh diantaranya adalah:



  • Kandang untuk indukan pembibitan


Jenis sangkar ini sangat besar lengan berkuasa eksklusif untuk produktivitas dan kemampuan untuk menghasilkan telur dengan kualitas yang tinggi. Untuk ukuran sangkar sanggup Anda sesuaikan dengan jumlah puyuh yang akan Anda ternakkan. Tapi idealnya untuk satu ekor indukan puyuh bakir balig cukup akal membutuhkan 20 cm2.



  • Kandang untuk indukan petelur


Kandang jenis ini berfungsi untuk sangkar induk pembibitan. Kandang ini mempunyai bentuk, ukuran, serta keperluan peralatan yang sama persis. Kepadatan sangkar juga bisa Anda samakan dan bisa juga Anda menciptakan lebih besar.



  • Kandang untuk starter


Kandang puyuh ini untuk anakan puyuh yang masih tergolong starter, umur starter berkisar antara 1 hari hingga 3 minggu. Tujuan pembuatan sangkar ini yaitu untuk menjaga supaya anakan puyuh Anda tetap menerima perawatan yang optimal. Perawatan biasanya mencakup suhu udara didalam kandang. Ukuran sangkar sendiri berkisar antara luas 100 cm2 dengan ketinggian sangkar 40 cm, serta tinggi kaki sangkar 50 cm. Dengan ukuran sangkar tersebut Anda sudah bisa menampung 90 – 100 ekor starter puyuh hingga berumur 3 minggu.



  • Kandang untuk grower dan layer


Kandang untuk beternak puyuh jenis ini bertujuan untuk menampung anakan puyuh yang sudah grower dan layer. Umur grower berkisar antara 3 – 6 minggu, sedangkan umur layer lebih dari 6 minggu. Dari bentuk, ukuran, serta peralatan yang Anda butuhkan sanggup dibentuk sama persis dengan sangkar induk petelur. Alas sangkar sanggup Anda buat dari kawat ram yang kecil.


Peralatan


Peralatan dan kebutuhan perlengkapan sangkar beternak puyuh berupa alat pembersih kandang, daerah pakan, daerah minum, wadah bertelur serta wadah untuk obat-obatan.


 Burung puyuh yaitu jenis burung yang tidak sanggup terbang ibarat burung pada umumnya Inilah Tips Cara Beternak Puyuh Lengkap Bagi Pemula
Kandang untuk beternak puyuh

PENYIAPAN BIBIT BETERNAK PUYUH


Sebelum Anda menggeluti bisnis beternak puyuh ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan yaitu penyiapan bibit, sumbangan pakan atau ransum, serta administrasi perjuangan peternakan. Untuk menentukan bibit dalam beternak puyuh sebaiknya Anda sesuaikan dengan tujuan Anda, alasannya didalam beternak burung puyuh ada 3 tujuan diantaranya :



  • Untuk memproduksi telur konsumsi. Anda bisa menentukan bibit puyuh jenis ketam betina yang kondisi badannya sehat atau tidak pernah terkena penyakit.

  • Untuk memproduksi daging puyuh. Anda bisa menentukan indukan yang sudah afkir.

  • Untuk memperoduksi telur tetas. Anda bisa menentukan bibit puyuh yang tinggi produksi telurnya serta puyuh jantan yang berbadan sehat dan siap untuk kawin dengan betina.


PEMELIHARAAN DALAM BETERNAK PUYUH


Sanitasi serta tindakan pencengahan


Untuk mencegah terjadinya serangan penyakit pada ternak burung puyuh Anda, kebersihan lingkungan internal maupun eksternal sangkar harus selalu higienis dan yang terpenting yaitu sumbangan vaksin pada bibit puyuh.


Pengontrolan penyakit


Untuk pengontrolan penyakit dalam beternak puyuh sanggup Anda lakukan setiap ketika dan jikalau Anda melihat tanda – tanda ternak mengalami sakit, maka segera lakukan pengobatan yang dianjurkan oleh dinas peternakan atau dokter hewan.


Pemberian pakan


Pakan yang diberikan dalam beternak puyuh sanggup berupa bentuk pellet, tepung, dan remah – remah tepung. Pemberian pakan sanggup anda lakukan pada pagi dan sore hari. Untuk puyuh usia bakir balig cukup akal berikan ransum diwaktu pagi hari saja.


 Burung puyuh yaitu jenis burung yang tidak sanggup terbang ibarat burung pada umumnya Inilah Tips Cara Beternak Puyuh Lengkap Bagi Pemula
Penetasan telur puyuh

Pemberian vaksinasi serta obat


Dalam beternak puyuh Anda harus memperhatikan umur puyuh biar dalam sumbangan vaksin tidak terjadi kesalahan. Pada umur 4 – 7 hari vaksin sanggup Anda lakukan melalui tetes mata atau dengan mencampurkan vaksin ditempat minum. Dan apabila ada ternak yang sudah terjangkit penyakit, Anda sanggup eksklusif memberi pertolongan dengan petunjuk dari PPL atau dokter binatang setempat.


artikel terkait bisnis: 10 Bisnis Ternak Yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda


sumber gambar: ternakpuyuh, ternakpuyuhbandung


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Inilah Tips Cara Beternak Puyuh Lengkap Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel