iklan

√ Inilah Cara Mengurus Atm Hilang Dengan Benar Dan Aman

Automated Teller Machine (Anjungan Tunai Mandiri) atau yang lebih dekat disapa ATM sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Pasalnya, hampir semua kantor memakai bank untuk memperlihatkan honor kepada karyawannya. Anak-anak kuliah dan sekolah pun banyak yang sudah diwajibkan memakai kartu ATM sebagai tanda pengenal sekaligus kartu pembayaran biaya pendidikan.


Makanya, ATM memegang peranan penting dalam kehidupan kita. ATM memang sangat praktis. Dengan memakai ATM, kita sanggup melaksanakan transaksi tanpa batasan jarak dan waktu.


Sayangnya, kartu ATM merupakan benda gaib. Pasalnya, kartu ATM gampang sekali hilang. Ada persoalan menyerupai kartu ATM tertelan mesin, tidak terbaca oleh mesin, bengkok/patah, dan hilang alasannya yaitu kecerobohan sendiri atau alasannya yaitu dicuri orang lain. Ada juga yang kartu ATM-nya terblokir alasannya yaitu salah memasukkan pin sampai tiga kali.


Bagaimanapun dongeng kehilangan kartu ATM Anda, cara mengurus ATM hilang sama saja. Jika hal-hal yang Bacaterus sebutkan di atas kejadian pada Anda, jangan dulu panik. Tetap tenang, dan ikuti tata cara mengurus ATM hilang dengan benar berikut ini.


Tata Cara Mengurus ATM Hilang


1. Tenang


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: www.masterfile.com


Ketika Anda sadar kehilangan kartu ATM, kemungkinan besar Anda akan merasa panik. Tapi, jangan kalang kabut dulu! Tenangkan diri Anda. Kalau Anda resah, bukannya cepat-cepat menemukan kartu ATM yang hilang, Anda malah sanggup terjerumus ke keadaan lainnya yang lebih membahayakan. Banyak perkara penipuan yang dimulai dengan hilangnya atau tertelannya kartu ATM, jadi Anda harus ekstra hati-hati.


2. Hubungi Customer Service Bank


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: indosurat.com


Langkah ke-2 dalam cara mengurus ATM hilang yaitu dengan menghubungi call center atau customer service bank Anda. Jika Anda tidak menyimpan nomornya di telepon genggam Anda, sebaiknya buka situs resmi bank atau lihat di buku tabungan Anda terlebih dahulu untuk mendapatkan nomornya. Soalnya, kalau Anda menelepon nomor yang ada di mesin ATM, sanggup saja itu penipuan juga.


Salah satu modus penipuan yaitu dengan menciptakan stiker yang persis menyerupai stiker official dari bank. Tapi, nomor yang tertera di sana bukanlah customer service bank melainkan nomor si penipu.


Karena itulah Anda harus damai saat kartu ATM hilang atau tertelan, jadi Anda sanggup membedakan mana customer service resmi dari bank Anda dan mana yang palsu. Yang jelas, bahkan bank tidak akan meminta pin ATM Anda. Jika nomor yang Anda hubungi meminta pin, berarti ia yaitu penipu.


Selain menghubungi call center bank dengan menelepon, Anda sanggup juga melakukannya via media sosial, yaitu Twitter. Caranya Anda cukup mention akun resmi bank atau akun resmi customer service bank, bilang Anda kehilangan kartu ATM. Biasanya mereka akan mengirimkan DM alias direct message (pesan personal) dan meminta data Anda menyerupai nomor rekening, nama yang tertera atas kartu ATM tersebut, dan nomor ponsel Anda.


3. Blokir


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: askmehindi.com


Setelah konfirmasi pada pihak bank kalau kartu Anda hilang, cara mengurus ATM hilang yang selanjutnya yaitu dengan memblokir kartu debit/ATM Anda. Pemblokiran kartu ATM sanggup dilakukan oleh pihak bank. Anda minta saja kartunya diblokir kemudian sertakan nomor rekening beserta nama lengkap (a/n) kartu tersebut. Pemblokiran kartu sanggup juga Anda lakukan sendiri kalau Anda mempunyai layanan e-banking atau SMS banking.


Kenapa kartu Anda harus diblokir, kan, sudah hilang? Jadi, langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kalau kartu ATM Anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Bisa saja saldo Anda dikuras, atau mereka melaksanakan kejahatan dengan mengatasnamakan kartu ATM Anda, bukan?


4. Transfer Semua Saldo ke Rekening Lain


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: www.berbagiinfo4u.com


Kalau Anda tidak mau memblokir kartu ATM, atau sebelum Anda memblokirnya, Anda sanggup juga memindahkan semua dana ke rekening Anda yang lain. Tapi, langkah ini hanya sanggup dilakukan kalau Anda memakai layanan e-banking atau SMS banking, ya. Karena hanya dengan dua cara itulah Anda sanggup bertransaksi tanpa kartu ATM.


Jangan lupa sisakan sedikit saldo alasannya yaitu saat mengurus kartu ATM yang diblokir biasanya akan dikenakan biaya yang pribadi dipotong dari saldo Anda, walaupun ada juga bank yang melakukannya secara cuma-cuma.


Jika Anda meminta pihak bank yang melaksanakan pemindahan saldo biasanya mereka tidak akan menerima. Mereka hanya akan pribadi menuju opsi yang paling kondusif dan praktis, yaitu memblokir kartu Anda. Selain kartu ATM, Anda sanggup juga meminta layanan SMS banking atau e-banking Anda diblokir juga untuk pertolongan yang lebih maksimal.


5. Buat Surat Kehilangan di Kantor Polisi


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: www.mildaini.com


Cara mengurus ATM hilang selanjutnya yaitu dengan menciptakan surat kehilangan di kantor polisi. Sebenarnya, kalau Anda sudah memblokir kartu ATM berarti dana Anda sudah aman. Tapi, kalau Anda ingin segera mempunyai kartu ATM lagi, maka cepat-cepatlah minta surat kehilangan dari kantor polisi.


Syarat meminta surat kehilangan yaitu dengan membawa KTP dan buku tabungan. Membuat surat kehilangan tidak perlu diurus oleh Anda, sanggup diwakilkan, asalkan orang yang mewakilkan membawa surat kuasa yang sudah bertanda tangan atas nama Anda. Proses menciptakan surat kehilangan sangat cepat kalau tidak ada antrean. Dan, mengurus surat kehilangan ini sama sekali tidak dikenakan biaya, ya.


6. Datang ke Bank


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: finansial.bisnis.com


Kartu ATM sudah diblokir, surat kehilangan dari kantor polisi sudah di tangan, maka cara mengurus ATM hilang yang selanjutnya yaitu dengan tiba pribadi ke bank. Biasanya di pintu masuk bank Anda akan ditanya oleh satpam ada urusan apa, mau menuju teller atau customer service.


Jelaskan maksud kedatangan Anda, dan satpam biasanya akan mengambilkan nomor antrean untuk Anda atau mengarahkan Anda untuk menekan tombol customer service (CS). Antrean menuju CS biasanya cukup panjang, alasannya yaitu satu nasabah sanggup menghabiskan 15 menit – 1 jam untuk mengurusi keperluan masing-masing. Jadi, Anda perlu bersabar.


Jika giliran Anda telah tiba, jelaskan pada CS letak permasalahan Anda, yaitu kehilangan kartu dan kartu Anda telah diblokir atas usul pribadi. CS akan meminta kartu identitas (KTP/SIM/Kartu Pelajar) dan buku tabungan Anda.


7. Membuat Kartu ATM Baru


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman


Di Customer Service, anda akan diminta mengisi beberapa formulir berisi usul kartu ATM baru. Akan ada selembar formulir yang harus ditandatangani di atas materai Rp 6.000. Jika Anda tidak membawa materai tidak apa-apa, alasannya yaitu biasanya pihak bank menyediakannya. Nanti paling Anda diminta untuk membayar materai juga saat melaksanakan pembayaran usul kartu ATM baru.


Biasanya akan ada beberapa pertanyaan pribadi yang ditanyakan oleh CS, menyerupai kapan transaksi terakhir dan berapa saldo terakhir di rekening Anda. Mendapatkan kartu ATM gres sanggup memakan waktu sampai setengah jam.


Hanya kartu ATM-nya saja yang baru, sedangkan nomor rekening Anda tetap sama. Untuk mengaktifkan kartu ATM baru, CS akan mempersilakan Anda memasukkan pin ATM di mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ada di meja CS. Anda sanggup memakai pin yang dulu atau pun pin baru.


Jika sudah, Anda biasanya akan diminta menandatangani belakang kartu ATM yang baru. Dan, selesai. Kartu ATM gres pun sudah ada di tangan Anda. Jika Anda memblokir layanan e-banking atau SMS banking Anda, mintalah pada CS untuk diaktifkan kembali.


Sama menyerupai kartu ATM, id dan password e-banking biasanya masih sama. Anda bisa request penggantian kata sandinya kalau mau. Untuk memastikan kartu ATM Anda tidak disalahgunakan oleh orang jahat, minta bukti print out transaksi terakhir Anda.


8. Biaya Membuat Kartu ATM Baru


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: www.icbc-us.com


Biaya penggantian kartu ATM tidak mahal. Rata-rata bank mempunyai kisaran harga yang sama. Berikut yaitu beberapa biaya usul penggantian kartu ATM gres di bank-bank besar:



  • Bank Mandiri: Rp 15.000

  • Bank Central Asia (BCA): mulai dari Rp 10.000 – Rp 20.000 (tergantung jenis kartu)

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI): Rp 15.000

  • Bank Negara Indonesia (BNI): Rp 15.000

  • Bank Tabungan Negara (BTN): Rp 15.000


9. Nomor Call Center Resmi


 sudah tidak sanggup dipisahkan dari kehidupan kita sehari √ Inilah Cara Mengurus ATM Hilang dengan Benar dan Aman

* sumber: infoperbankan.co


Inilah beberapa nomor resmi call center perbankan di Indonesia:



  • Bank Mandiri: 14000 atau (021)52997777

  • Bank Rakyat Indonesia (BRI): Call BRI 14017 atau (021)1500017

  • Bank Negara Indonesia (BNI): BNI Call 1500046

  • Bank Central Asia (BCA): Halo BCA 1500888

  • Bank Tabungan Negara (BTN): 1500286


Nah, itulah tata cara mengurus ATM hilang dengan benar dari Bacaterus. Seandainya kartu ATM yang hilang berhasil ditemukan, tapi Anda sudah terlanjur melaksanakan pemblokiran, maka Anda sanggup tiba ke bank yang bersangkutan untuk membuka blokir. Makanya, sebelum panik memblokir kartu, sebaiknya Anda pastikan terlebih dulu apakah kartu Anda memang benar-benar hilang.


Untuk memastikan kartu ATM gres Anda sanggup dipakai dengan baik, tidak ada salahnya untuk Anda mencobanya di mesin ATM yang ada di lingkungan bank. Jadi, kalau ada kesalahan Anda sanggup pribadi kembali lagi ke customer service. Semoga isu ini sanggup membantu Anda.



Sumber https://bacaterus.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Inilah Cara Mengurus Atm Hilang Dengan Benar Dan Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel