iklan

Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Kandang Burung

Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar BurungApakah Sahabat PoBis sedang mencari ide bisnis rumahan? Sahabat PoBis sanggup memulainya dengan hobi. Kelihatannya memang bila kita bicara soal hobi dan kegemaran, maka hobi memelihara burung sanggup jadi yaitu satu satu yang mempunyai peminat cukup besar dan tidak ada habisnya. Setiap masa ada saja jenis burung yang menjadi ekspresi dominan dan digemari di masyarakat. Harga burung bahkan sanggup dibandrol hingga jutaan rupiah. Salah satunya adalah peluang perjuangan ternak lovebird.


Dan dari sini rupanya Anda sanggup menelurkan satu ide ide bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Memelihara burung terang membutuhkan kandang atau kurungan. Seiring dengan ekspresi dominan burung peliharaan yang tak ada habisnya, maka undangan akan kandang burung juga terus mengalir tak ada habisnya.


Ini terbukti dari cerita Asnawi, seorang laki-laki paruh baya asal Sleman Yogya yang sekarang menggeluti perjuangan rumahan dengan menciptakan kandang burung. Berawal dari kegemarannya akan burung dan kemahirannya dalam bertukang, Asnawi mendapat ide bisnis rumahan dengan menciptakan kandang burung. Awalnya hanya mencoba menciptakan sendiri kandang burung untuk koleksi peliharaannya.


Beberapa rekan sesama penggemar burung pada karenanya menyadari kemahiran tangan Asnawi dalam mengolah kayu dan bambu menjadi kandang burung. Ditambah keterampilannya dalam menciptakan gesekan yang manis namun sederhana pada kandang burung miliknya.


Dari sinilah lalu Asnawi mendapat beberapa pesanan kandang burung dalam banyak sekali ukuran. Pria yang awalnya bekerja sebagai satpam di salah satu pabrik produksi sarung tangan ini karenanya membuka sebuah bengkel produksi kandang burung kecil di kediamannya. Hanya dengan mengandalkan lahan belakang rumahnya, Asnawi melaksanakan produksi sekaligus pengecatan kandang burung miliknya hanya dengan dibantu salah satu keponakannya.


Untuk mendapat materi baku, Asnawi awalnya hanya mengambil materi sisa dari sebuah perjuangan pembuatan pintu dan lemari kayu di bersahabat kediamannya. Sampai karenanya poplaritas produksi kandang burungnya mulai meningkat dan Asnawi mulai membeli materi baku non limbah. Asnawi juga memadukan penggunakan bilah bambu untuk menciptakan sebuah sangkar.


Baca juga: Jenis Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Dengan Mengembangkan Hobi


Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung


sumber gambar: maxmanroe.com


Diakui Asnawi perjuangan miliknya ini dimulai hampir tanpa biaya. Sejak awal Asnawi jujur menyampaikan pada setiap konsumennya yang notabene yaitu rekannya sendiri, bahwa dirinya tidak punya modal. Kaprikornus setiap konsumen membayarnya dimuka untuk meringankan biaya produksi. Inilah yang menciptakan semenjak awal Asnawi memproduksi dengan modal sangat kecil.


Kini masih di dalam halaman rumahnya sendiri Asnawi sudah memproduksi setidaknya 15 buah kandang burung aneka ukuran dan model dari bengkelnya. Setiap kandang di jual dalam harga kisaran 80 ribu hingga 200 ribuan tergantung ukuran dan jenis kayu yang digunakan.


Asnawi juga membuatkan usahanya dengan merekruit beberapa tenaga pembuat kandang burung. Tenaga kerja yang sekarang berjumlah 8 orang ini sudah termasuk seorang tenaga khusus yang memang sangat mahir untuk mengukir pahatan pada kayu. Hasil pahatan yang detail dan rapi menciptakan Asnawi juga sanggup menjual dengan harga di atas 300 ribu untuk jeni premium.


Dengan produksi yang meningkat, Asnawi perlu pula memastikan setiap produknya terjual dengan baik. Asnawi masih terus aktif pada beberapa komunitas dan kelompok pecinta burung. Juga menyewa sebuah kios di pasar burung Ngasem Yogya untuk menjual kandang burung produksinya. Asnawi juga melibatkan sang keponakan untuk membantunya menjual via portal penjualan yang menciptakan omset enjualan Asnawi terdongkrak cukup tajam.


Asnawi akui ide bisnis rumahan ini bukan bebas tantangan. Beberapa kali Asnawi harus berhadapan dengan persaingan tidak sehat, termasuk pesaing yang menjual dengan harga jauh lebih rendah. Bagi Asnawi, harga yang beliau bandrol sudah harga masuk logika sesuai dengan harga tenaga kerja yang menggarapnya.


Asnawi juga kerap berbenturan dengan problem penjualan, promosi yang efektif hingga problem eksternal yang sulit diatasi. Seperti saat muncul informasi flu burung, yang diakui Asnawi sempat menciptakan usahanya kehilangan penjualan hingga 40%.


Saat ini Asnawi sedang berusaha mendapat channel rekanan yang sanggup bersama memproduksi kandang burung. Karena Asnawi berencana sanggup menjual dalam partai lebih besar untuk sanggup meluaskan ide ide bisnis rumahannya ini menjadi lebih profesional. Untuk itu laki-laki dengan 2 anak ini berencana melaksanakan training untuk menemukan pekerja lain yang siap membantunya memproduksi lebih banyak.


Dari hobi, sekarang Asnawi yang menjadi pecinta burung sukses menjalankan ide bisnis rumahan satu ini. dan Asnawi sekarang sanggup mengeruk pundi-pundi uang hanya dengan memanfaatkan kebisaannya dalam dunia pertukangan.



Sumber https://www.pojokbisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Kandang Burung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel