iklan

Contoh Sop Administrasi Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple Dan Mudah


Standar operasional mekanisme – SOP Manajemen Risiko yakni mekanisme kerja yang dipakai perusahaan untuk mengelola risiko-risko yang dihadapi perusahaan.


Apa itu risiko?


Definisi Risiko berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia yakni akhir yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan.


Sebagai contohnya yakni pembukaan cabang gres perusahaan.


Memanfaatkan peluang bisnis gres dengan membuka cabang gres yakni suatu tindakan atau perbuatan yang akan menjadikan risiko, sanggup baik dan buruk.


Dan kali ini, Blog Manajemen Keuangan menyajikan teladan standar operasional mekanisme perihal administrasi risiko.


Yuk segera dimulai….


 


01. Pengertian Manajemen Risiko [Risk Management]



Apa yang dimaksud dengan administrasi risiko?


Pengertian administrasi risiko berdasarkan oleh para andal dan forum terpercaya , antara lain: Mamduh M Hanafi, COSO (Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission), Fahmi, Djojosoedarso. Tampubolon, Dorfman, Smith, Djohanputro, dan Bramantyo, adalah:


Intinya bahwa administrasi risiko yakni proses administrasi yang dipakai untuk mengelola risiko suatu acara semoga pengaruhnya baik bagi perusahaan.


Tujuan dan manfaat administrasi risiko yakni untuk mengurangi atau menghilangkan dampak jelek dari suatu aktivitas.


Risiko-risiko itu sanggup berupa:


  • bencana,

  • pasar,

  • keuangan,

  • nvestasi,

  • jatuh bisnis,

  • asuransi,

  • lingkungan,

  • hukum,

  • valas (valuta asing),

  • trading,

  • kredit,

  • sistem informasi / IT,

  • agribisnis,

  • reputasi, dan

  • non finansial.


Sehingga banyak sekali lembaga/institusi/perusahaan menerapkan risk management, antara lain:


  • Perbankan, baik bank umum, BPR dan bank syariah

  • Rumah sakit

  • Pengelola dana pensiun

  • Sektor publik

  • Asuransi umum dan syariah

  • Perusahaan jasa

  • Pengelola SDM


Tahapan dan Proses administrasi risiko antara lain:


  • Risk Identification

  • Risk Assessment

  • Risk Response

  • Implementation

  • Evaluate and Review


Dan implementasi kasatmata dari risk administrasi yakni dengan menyusun Standar Operasional Prosedur.


Yuks Ikuti langkah-langkah cara menciptakan SOP nya berikut ini….


 


02. Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah


Saya akan menyajikan 2 teladan SOP Laporan Manajemen Risiko, yaitu SOP Pembuatan Laporan Semester dan Tahunan.


Langsung saja mari dibahas satu-per-satu…


 


#1. SOP Laporan Risk Management Semesteran


Langkah-langkah untuk menciptakan standar operasional mekanisme (SOP) laporan administrasi risiko semesteran yakni sebagai berikut:


#1: Membuat Bagian Header:


Bagian paling atas dari standar operasional mekanisme – SOP Pembuatan Laporan Semester 10 Risiko Utama [Top 10 Risks] Perusahaan  dibuat tabel 2 kolom.



  • Kolom pertama, berisi identitas perusahaan, lengkap dengan nama dan logo perusahaan. Misalnya PT Manajemen Keuangan Network.

  • Kolom kedua, berisi keterangan umum dari SOP Pembuatan Laporan, antara lain:

    • Nomor Dokumen

    • Masa berlaku

    • Jumlah revisi/perbaikan

    • Jumlah dokumen SOP




Perhatikan teladan bab header SOP Pembuatan Laporan Semester 10 Risiko Utama [Top 10 Risks] Perusahaan berikut ini:


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh: Header SOP Risk Management

 


#2: Bagian Utama: 


Bagian utama dari SOP Laporan Risk Management yakni sebagai berikut:


A. Tujuan:

Membuat laporan mengenai risiko yang terjadi selama 6 bulan tahun berjalan, sehingga sanggup dijadikan tumpuan antisipasi bulan-bulan berikutnya.


B. Ruang Lingkup:

Presedur ini berlaku untuk pembuatan laporan risiko perusahaan dan dibentuk berdasarkan periode per 6 bulan pertama dari tahun berjalan.


C. Deskripsi Prosedur:

Prosedur #1

Pihak Terkait :



  • Divisi terkait

  • Cabang Perusahaan terkait

  • Kepala bagian/manajer bab terkait


Penanggung jawab :



  • Unit Manajemen Risiko


Deskripsi :



  • Unit administrasi risiko mendapatkan data operasional dan data keuangan per bulan Juni tahun berjalan dari pemilik risiko.

  • Data tersebut di sinkronkan dengan risk register yang telah disusun.

  • Realisasi tahun berjalan dibandingkan dengan RKAP tahun berjalan.


Prosedur #2

Pihak Terkait :



  • Unit Risk Management


Penanggung jawab :



  • Unit Risk Management


Deskripsi :



  • Proses pembuatan laporan semester atau 6 bulanan dimulai dengan penentuan format laporan.

  • Laporan semester dibentuk dengan susunan isi menyerupai berikut ini:

    • Operasional dan Financial Review Year to Date.

    • Analisa Rasio Keuangan.

    • Analisa portofolio risiko (risk register)

    • Analisa Strategi perlakuan risiko (risk treatment)

    • Executive summary (ringkasan eksekutif) yang berisi daftar risiko.







Prosedur #3

Pihak Terkait :



  • Sekretaris perusahaan

  • Pemilik risiko (risk owner)


Penanggung jawab :



Deskripsi :



  • Laporan semester atau 6 bulanan perihal daftar risiko diserahkan kepada sekretaris perusahaan untuk dibuatkan memo pengantar kepada direksi.


Prosedur #4

Pihak Terkait :



  • Direksi


Penanggung jawab :



  • Sekretaris Perusahaan


Deskripsi :



  • Laporan diterima Direksi dan direksi akan menciptakan keputusan mengenai daftar risiko perusahaan.


D. Dokumen

Dokumen-dokumen yang terkait dengan SOP Pembuatan Laporan Risiko yakni :



  • Memo internal

  • Dokumen terkait

  • Disposisi

  • RKAP (Rencana Kerja Anggaran Perusahaan) tahun berjalan

  • Data operasional year to date ( Y to D ) bulan Juni tahun berjalan

  • Data Financial year to date ( Y to D ) bulan juni tahun berjalan

  • Register Risiko (Risk Register)


Bagian utama dari SOP Risk Management Semesteran bila digabung menjadi format Standar Operasional Prosedur perusahaan, jadinya yakni sebagai berikut


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh format standar operasional mekanisme – utama

E. Flowchart

Empat mekanisme di atas digambarkan dalam sebuah flowchart atau diagram alir sebagai berikut :


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh SOP Manajemen Risiko Bulanan – Flowchart

Keterangan :

Prosedur dimulai dengan diterimanya data-data dari bab keuangan dan operasional. Data-data tersebut lalu di-sinkronkan dengan risk register.


Alur selanjutnya yakni membandingkan antara realisasi dengan RKAP tahun berjalan. Setelah dilakukan pemilihan dan penentuan format laporan, selanjutnya menyusun content atau isi laporan.


Laporan yang sudah siap selanjutnya diserahkan ke sekretaris perusahaan untuk dibuatkan memo internal dan diserahkan ke dewan direksi.


Direksi akan menciptakan surat keputusan mengenai daftar resiko 6 bulanan.


 


#3: Bagian Pengesahan SOP Laporan Risk Management Semesteran


Bagian legalisasi SOP Pembuatan Laporan Risiko Utama Semesteran sanggup diletakkan dibagian paling terakhir dari SOP.


Namun ada juga yang diletakkan dibagian bawah halaman pertama.


Format bab pengesahaan ini saya buat tabel empat kolom yang menyatu dengan bab header dan isi utama.


Empot kolom tersebut terdiri dari:



  • Kolom #1: Disposisi, siapa yang membuat, menilik dan menyetujui SOP

  • Kolom #2: Nama-nama yang diberi tanggung jawab dalam kolom #1.

  • Kolom #3: Jabatan dari orang-orang yang diberitanggungjawab

  • Kolom #4: Paraf atau tanda tangan personel yang telah diberi tanggung jawab.


Perhatikan teladan bab legalisasi SOP Pembuatan Laporan Semester 10 Risiko Utama Perusahaan berikut ini:


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh SOP Laporan Risk Management – Bagian Pengesahan

 


#2. SOP Laporan Risk Management Tahunan


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah


Bagaimana cara menciptakan standar operasional mekanisme – SOP Laporan Risk Management Tahunan?


Begini cara sederhannya….


Proses untuk menyusun SOP Pembuatan Laporan Manajemen Risiko Tahunan hampir menyerupai dengan yang semesteran. Yang membedakan yakni waktu penerimaan data.


Perbedaannya ada pada mekanisme #1 point pertama, kalau yang Tahunan Unit Risk Management mendapatkan data operasional dan data keuangan per bulan Desember tahun berjalan dari pemilik risiko, sedangkan yang 6 bulanan data per bulan Juni.


Ada 3 bab yang harus kita buat sehingga terbentuk format standar SOP Laporan Risk Management Tahunan, yaitu:


#1: Bagian Paling Atas/Header Standar Operasional Prosedur


Format header Standar Operasional Prosedur – SOP Pembuatan Laporan Tahunan 10 Risiko Utama [Top 10 Risks] Perusahaan saya buat sama menyerupai header SOP Pembuatan Laporan Semester, yaitu  tabel 2 kolom.


Tabel tersebut isianya juga sama dengan SOP Pembuatan Laporan Semester, yaitu, identitas perusahaan dan judul SOP serta keterangan umum.


Perhatikan teladan format header SOP berikut ini:


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh header/bagian atas SOP Laporan Tahunan Risk Management

 


#2: Bagian Isi Utama:


A. Ruang Lingkup:

Prosedur ini berlaku untuk pembuatan laporan 10 risiko utama [Top 10 Risks] perusahaan dan dibentuk berdasarkan periode per semester 2 (ke dua) dari tahun berjalan.


B. Referensi:

ISO, Quality Management System


C. Dokumen Terkait:


  • Memo internal

  • Dokumen terkait

  • Disposisi

  • RKAP tahun berjalan

  • Data operasional year to date (Y to D) bulan DESEMBER tahun berjalan

  • Data financial year to date (Y to D) bulan DESEMBER tahun berjalan

  • Register Risiko (Risk Register)


D. Deskripsi Prosedur:

Deskripsi mekanisme 01:

#1: Pihak Terkait:



  • Sama dengan laporan semester


#2: Penanggungjawab:



  • Sama dengan laporan semester


#3: Deskripsi:



  • Unit administrasi risiko mendapatkan data operasional dan data keuangan per bulan DESEMBER tahun berjalan dari pemilik risiko.

  • Data tersebut di-sinkronkan dengan risko register yang telah disusun.

  • Realisasi tahun berjalan dibandingkan dengan rencana tahun berikutnya.


Deskripsi mekanisme 02:

#1: Pihak Terkait:



  • Sama dengan laporan semester


#2: Penanggungjawab:



  • Sama dengan laporan semester


#3: Deskripsi:



  • Proses pembuatan laporan tahunan dimulai dengan penentuan format laporan

  • Konten Laporan Tahunan sama dengan konten laporan semester.


Deskripsi mekanisme 03:

#1: Pihak Terkait:



  • Sama dengan laporan semester, yakni sekretaris perusahaan /pemilik risiko (risk owner)


#2: Penanggung jawab:



  • Sama dengan laporan semester, Unit administrasi risiko


#3: Deskripsi:



  • Laporan Tahunan 10 risiko utama [Top 10 Risks] perusahaan diserahkan kepada sekretaris perusahaan untuk dibuatkan memo pengantar kepada direksi.


Deskripsi mekanisme 04:

#1: Pihak Terkait:



  • Sama dengan laporan semester, yaitu Direksi


#2: Penanggungjawab:



  • Sama dengan laporan semester, yaitu Sekretaris perusahaan


#3: Deskripsi:



  • Laporan diterima direksi dan direksi akan menciptakan keputusan perihal 10 risiko [Top 10 Risks] utama perusahaan.


Perhatikan penyajian bab utama dalam format SOP Laporan Tahunan berikut ini:


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh SOP Laporan Risk Management – Bagian Utama

E. Flowchart:

 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh SOP Manajemen Risiko – Tahunan

Penjelasan flowchart:

Proses pertama dimulai dari penyerahan data operasional dan data keuangan per Desember pada ahad pertama bulan Januari yang disinkronkan dengan risk register yang telah disusun.


Selanjutnya data-data tersebut dibandingkan dengan RKAP tahun berikutnya.


Setelah pemilihan format laporan, selanjutnya disusun isi laporan yang meliputi:

1) Review operasional dan keuangan year to date,

2) Analisis Rasio Keuangan,

3) Analisa risk register,

4) Rinkasan Eksekutif yang berisi risiko-risiko perusahaan.


Laporan tersebut selanjutnya diserahkan ke sekretaris perusahaan untuk dibuatkan surat pengantar dan dilanjutkan ke direksi.


Direksi menerbitkan surat keputusan perihal risk management.


 


#3: Bagian Pengesahan:


Bagian legalisasi Standar Operasional Prosedur / SOP Pembuatan Laporan Tahunan 10 Risiko Utama [Top 10 Risks] Perusahaan, saya buat sama dengan laporan semester, yaitu berupa tabel 4 kolom yang menyatu dengan bab atas dan bab utama SOP.


Content tiap kolom dalam tabel tersebut sama menyerupai content dalam laporan semester, yaitu terdiri dari:



  • Disposisi

  • Nama

  • Jabatan, dan

  • Paraf/tanda tangan


Perhatikan format bab legalisasi SOP Pembuatan Laporan Tahunan 10 Risiko Utama [Top 10 Risks] Perusahaan berikut ini:


Sehingga bila digambarkan dalam bentuk diagram alir atau flowchart yakni sebagai berikut :


 Langkah Membuat Standar Operasional Prosedur Manajemen Risiko Contoh SOP Manajemen Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple dan Mudah
Contoh SOP laporan administrasi risiko – bab pengesahan

 


03. Kesimpulan


Demikian pembahasan singkat perihal pengertian administrasi risiko, tahapan, proses, dan pembuatan SOP beserta contohnya, baik yang semesteran dan tahunan.


Jika Anda ingin mengetahui teladan SOP lain, contohnya standar operasional mekanisme untuk mengelola sistem keuangan perusahaan beserta alat pendukung pelaksanaannya, segera saja ke: Accounting Tools & SOP


Semoga bermanfaat.


Bila ada masukkan silahkan.


***



Sumber https://manajemenkeuangan.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Sop Administrasi Risiko Beserta Cara Membuatnya, Simple Dan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel