iklan

Ciri-Ciri Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit [Lengkap]

Ciri-ciri Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit – Kamu pernah melihat seseorang yang memakai alat setrum listrik untuk menangkap ikan? Jika iya, apakah pernah terlintas di pikiranmu kenapa ikan-ikan tersebut tiba-tiba mati saat alat setrum dicelupkan ke listrik? Bukankah selama ini yang kau tahu bahwa penghantar listrik itu selalu berupa sebuah logam?


Nah, untuk menjawab rasa ingin tau kau Ciriciri.ID akan membahas dua ciri-ciri larutan yakni larutan elektrolit dan non-elektrolit. Apakah saja ciri-ciri tersebut? Baca dengan secama ya.




Pengertian Larutan


https://annemezia18.files.wordpress.com

Sebelum beranjak ke ciri-ciri larutan, kau harus paham terlebih dahulu apa pengertian larutan. Larutan adalah gabungan homogen antara zat terlarut dan zat pelarut. Arti homogen disini artinya adalah tidak ada kecenderungan zat-zat tersebut terkonsentrasi di bab tertentu akan tetapi menyebar rata ke seluruh campuran.


Dalam sebuah larutan, jumlah zat pelarut lebih banyak dari zat terlarut. Sifat kimia zat yang dicampurkan ke dalam sebuah larutan tidak mengalami perubahan. Sebutan lain untuk zat terlarut adalah solute, sedangankan zat pelarut disebut juga solvent.



Salah satu zat pelarut yang banyak dipakai adalah air sehingga disebut sebagai zat pelarut universal. Untuk mempermudah pemahaman kita ambil pola larutan contohnya sirup. Di dalam sirup, jumlah air tentu jauh lebih banyak dibanding gula. Jadi, sirup merupakan larutan yang terdiri dari air sebagai solvent dan gula sebagai solute.


Larutan juga berlaku pada benda berupa padatan atau gas. Contohnya udara di atmosfer merupakan larutan sistem gas yang pelarut dan terlarut berwujud gas atau logam kuningan yang merupakan larutan sistem padatan antara seng dan tembaga.




Ciri-ciri Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit



Sekarang kita akan membahas ciri-ciri larutan elektrolit dan nonelektrolit. Dari pengertian larutan elektrolit sendiri kau sudah bisa mengenali ciri-cirinya yaitu larutan yang bisa menghantarkan listirik sedangkan larutan non elektrolit sebaliknya, tak bisa menghantarkan listirik.


Untuk lebih jelasnya, kau bisa melihat ciri-ciri keduanya di tabel berikut ini.


bahasapedia.com

Untuk lebih memahami ciri-ciri yang lain, bacalah pembahasan berikut ini dengan secama.


Para ilmuwan kelistrikan menyatakan bahwa tidak hanya logam yang ternyata bisa menghantarkan arus listrik, akan tetapi larutan tertentu pun juga sanggup melakukannya. Pada tahun 1884, Arrhennius berhasil menilik wacana hal tersebut dan berhasil menerangkan bahwa larutan bisa menghantarkan listrik.


FYI: Kemampuan larutan untuk menghantarkan arus listrik disebut daya hantar listrik larutan.


Untuk bisa lebih memahami wacana daya hantar aneka macam jenis larutan, kau bisa melaksanakan percobaan sederhana memakai sebuah alat uji elektrolit/electrolit tester yang bisa kau rangkai sendiri.


Dari hasil percobaan tersebut, kau akan mengetahui bahwa larutan yang bisa menghantarkan listrik akan menciptakan lampu menyala dan menghasilkan gelembung gas dan sebaliknya.




Sumber https://tekooneko.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri-Ciri Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit [Lengkap]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel