iklan

✔ Cara Mendaftar Cpns September 2018 Via Online ( Lulusan Sma,D3 Dan S1 )

Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september 2018 ini terbuka untuk lulusan SMA,SMK,D3,S1 dan S2 dan alur daftar atau prosesnya juga sangat praktis adalkan anda mengikuti semua instruksinya dengan baik dan benar.Jika anda salah dalam mengikuti instruksinya,akan aneka macam duduk masalah yang terjadi mulai dari berkas yang bermasalah ataupun lain sebagainya.

Tatacara atau langkah registrasi CPNS tahun 2018 lewat online sanggup anda lakukan melalui website resminya,yaitu : SSCN.BKN.GO.ID.Semua prosesnya gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun dan kalau anda ingin kondusif dari penipuan atau  calo,silahkan ikuti panduan dibawah.


Cara Mendaftar Menjadi CPNS September 2018




Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )

 


Calon pegawai negri sipil yaitu seorang yang belum resmi menjadi seorang PNS atau seseorang yang sedang menjalani proses untuk sanggup menjadi seorang PNS yang sah.Ini yaitu sebuah tahapan yang harus dan wajib anda jalani kalau ingin menjadi seorang PNS yang sah dimata aturan dan negara.


Kapan Dibuka Lowongan Pendaftaran C-P-N-S?

Biasanya pembukaan kesempatan mejadi seorang Calon Pegawai Negeri Sipil diadakan dalam kurun waktu satu tahun sekali.Untuk tanggan berapa dan bulan apa,itu semua mengikuti keputusan yang dikeluargan oleh kementrian terkait.

Dan kalau anda mendapati pembukaan ini dan ingin mendaftarkan diri anda,silahkan ikuti panduan dibawah ini :


Dokumen dan Berkas yang harus disiapkan apa saja?

Kemudian,hal selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu dengan memperisapkan berkas dan dokumen yang diminta sebagai persyaratan pendaftaranya.Adapun berkas yang perlu dipersiapkan antara lain :

  • Ktp ( harus e-ktp,kalau belum jadi pakai saja bukti perekaman pembuatan e-ktp nya ) harus dan wajib,karna ketika proses pemberkasan nanti ini harus di bawa
  • Kartu Keluarga
  • Past foto ber backround merah ( siapin di laptop/hp )
  • Sertifikat pengalaman kerja atau yang lainya


Semua berkas silahkan anda scan dengan ukuran yang paling kecil tetapi kualitas gambar masih bagus.Simpan pada laptop atau HP android anda.Berkas ini berfungsi untuk anda upload nanti ketika melaksanakan proses pendaftaranya.



Langkah Pendaftaran CPNS Via Onlinedan Langkah Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran

Setelah semua berkasnya anda siapkan,langkah selanjutnya yaitu dengan melaksanakan registrasi melalui website resminya.Tahapan-tahapan yang perlu anda lakukan yaitu sebagai berikut :
Ini yaitu proses registrasi AKUN,jadi bellum masuk tahapan daftar.Karena anda hrus mempunyai akun dulu didalam website tersebut.Langkahnya yaitu sebagai berikut :


1. Pembuatan Akun Terdaftar


Yang perlu anda lakukan pertama kali yaitu dengan melaksanakan pembuatan akun didalam situs resminya.Kenapa ibarat itu?

Karena selain ini yaitu resmi dan LEGAL,hal tersebut untuk menjaga keamanan anda semua dari praktek oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Berikut cara menciptakan atau mendaftar akun di website resmi SSCN.BKN.GO.ID untuk registrasi cpns :

  • Pertama silahkan gunakan komputer atau HP TETAPI harus ada printer untuk mencetak bukti pendaftaranya ( anda sanggup pergi ke warnet atau meminjam printer sobat ) 
  • Ingat baik-baik pasword dan username anda ( silahkan catat pada buku atau HP anda.
  • Silahkan buka websitenya di alamat : https://sscn.bkn.go.id/
  • Klik LOG IN
  • Isilah kolom-kolom kosong dengan data yang valid dan jangan hingga salah,klik lanjutkan
  • Halaman selanjutnya masih mengisi kolom kosong,isikan dengan benar,klik simpan
  • Akan ada notifikasi cetak isu akun,cetak saja( inilah kenapa saya katakan harus ada printer di sebelah anda )


CATATAN!!

   
INGAT BAIK BAIK PASWORD YANG ANDA ISI KAN DI FORMULIR!!
KARENAA,,KALAU ANDA MAU LOG IN,,YANG DI PAKAI ITU NO KTP DAN PASWORD ANDA.


2. Memilih Formasi atau Lowongan ( Sesuai Kualifikasi Pendidikan Terakhir )


Setelah anda mempunyai akun yang sah,langkah berikutnya yaitu menentukan jenis deretan atau lowongan yang tersedia.Disini anda tidak sanggup " sesuka hati " memilihnya,melainkan harus sesuai dengan kualifikasi pendidikan terahir anda.

Jika anda lulusan Sekolah Menengan Atas sederajat,ya harus mendaftarkan diri di deretan dengan kriteria SMA.Jangan mendaftarkan diri di kriteria dengan lulusan D3 atau S1,itu tidak bisa.Brikut caranya untuk menentukan deretan atau jenis lowongan yang tersedia :

  • Klik goresan pena DAFTAR
Setelah itu,akan muncul halaman yang kurang lebih ibarat ini :



Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )

Kenapa ada 2 pilihan disana? harus menentukan yang mana?

Anda tidak perlu gundah pada bab ini.Yang perlu anda lakukan yaitu " TAHU INGIN MENDAFTAR DI FORMASI YANG MANA ".Jadi anda harus tahu dahulu,ingin mendaftar SEBAGAI APA atau di deretan yang mana ( anda sanggup melihat pada kolom PENCARIAN LOWONGAN ).

Anda akan melihat beberapa daftar lowongan dengan kualifikasi pendidikan terahir,kurang lebih ibarat gambar dibawah ini :









Setelah anda tahu dan yakin ingin mendaftarkan di deretan yang mana,silahkan klik baik di opsi " UMUM atau KEMENKUMHAM " dan klik CEK.



3. Mengisikan Biodata Diri



Setelah melaksanakan tahapan diatas,akan muncul form atau kolom untuk mengisikan data diri atau biodata lengkap andaKurang lebih tampilanya ibarat dibawah ini :



Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )


Pastikan semuanya benar dan jangan hingga salah.Karena kalau salah ketika mengisi biodata formulir registrasi CPNS langkah memperbaiki data diri tersebut akan sangat sulit.Jika sudah silahkan klik " DAFTAR ".


4. Cetak Kartu Bukti Pendaftaran


Setelah anda selesai melaksanakan atahapan pengisian biodata diri,maka akan tampil halaman ibarat dibawah ini :


Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )



Loh kan saya tidak terkoneksikan ke printer soalnya pakai hp,gimana mas? anda hening saja,karena form itu sudah tersimpan otomatis di akun anda dan sanggup dicetak sewaktu-waktu sesuka hati anda.Untuk lebih amanya lagi,silahkan " SCREENSHOOT " dan simpan di android anda.

Anda juga sanggup klik " icon d0wnl0ad atau print " di pojok kanan atas layar.Klik saja yang d0wnl0ad atau simpan,jadi anda sanggup menutup halamanya dengan tenang.


Tampilan Formnya Seperti ini :


Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )



Mas,untuk melaksanakan print atau cetak ulang form registrasi CPNS tersebut bagaimana? soalnya saya gres sanggup ke warnet atau terkoneksi dengan printer,2 atau 3 hari lagi? mas,bukanya kalau cetak semua berkasnya harus sudah lengkap di upload? 

Silahkan baca dan fahami penjelasanya hingga tamat supaya anda faham.


Untuk melaksanakan REprint form bukti pendaftaranya,silahkan ikuti panduan berikut :
  • Log in ke akun website resmi SSCN
  • Klik pada opsi " RIWAYAT "
  • Akan tampil halaman ibarat dibawah ini


Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )



Klik pada bab " CETAK " ibarat yang saya lingkari pada gambar diatas,dan selesai.


5. Upload Berkas dan Dokumen


Langkah selanjutnya yaitu : melaksanakan upload berkas atau dokumen sesuai dengan yang diinstruksikan.Sebelumnya,saya harapkan anda sudah mempunyai file-file yang dibutuhkan dan SCAN semuanya ya.

Langkah melaksanakan upload berkas atau dokumen pada ketika melamar CPNS di website SSCN yaitu sebagai berikut :
  • Klik " riwayat " pada sajian atas sesudah anda log in tentunya
  • Akan tampil gambar ibarat diatas
  • Pilih pada bab " Dokumen "
  • Akan tampil halaman untuk mengupload berkasnya " SATU PERSATU "
  • Silahkan anda uploadkan semua berkasnya hingga benar-benar sukses diaupload
  • Selesai


Mas ada form berkas lamaran dan surat pernyataan,gimana cara uploadnya? Silahkan ikuti tutorial dibawah :


6. Upload Fom Berkas Lamaran dan Pernyataan


Ada berkas dimana " form nya khusus " alias anda tidak sanggup sembarangan menguploadnya,yaitu : berkas lamaran dan pernyataan.Kenapa khusus? alasannya " FORM KOSONG " atau blangko kosongnya sudah disiapkan,jadi anda hanya perlu : Cetak form kosong,anda isi,anda scan,barulah anda upload.

Langkahnya sebagai berikut :



  • Coba anda cari goresan pena BERANDA,silahkan klik
  • Klik goresan pena PENGUMUMAN
  • Klik lagi bab instansi yang anda pilih
  • Di situ lah terdapat FORM LAMARAN KERJA DAN PERNYATAAN
  • Silahkan d0wnl0ad saja,anda isi lah sesuai rujukan form itu
  • Setelah anda selesai membuatnya,tempelkan materai
  • Scan 2 form itu dan di jadikan file PDF ( ini yang anda upload,,salain foto dan ktp )  


  • Setelah upload file sukses,kembali,dan klik CETAK.Usahakan waktu daftar di kawasan yang ada printer nya,biar gampang,kalau sudah di cetak,yaaa tinggal tempelin foto.

    Oh iyaa,itu ada bab yang di gunting untuk anda tempel di amplop,selanjutnya anda urus semua berkas berkas nya.


    7. Kirim Lamaran ke PO BOX ( Sesuai yang ditentukan )


    Anda sudah dapatkan formulirnya,sekarang saatnya untuk mengirimkan berkas lamaran tersebut.

    Kok dikirim? kan sudah daftar lewat email? Jadi,selain memakai email untuk pendaftaranya,anda juga HARUS mengirimkan berkas/Dokumen fisik secara langsung.Silahkan masukan semua berkas yang dibutuhkan dan dibutuhkan kedalam amplop.

    Pada formulir yang anda print tadi,ada BAGIAN PALING BAWAH YANG HARUS DIGUNTING,itu yaitu belahan kertas YANG HARUS DITEMPEL pada bab depan amplop.

    Nempelnya di  bab mana amplop mas? Silahkan perhatikan gambar dibawah ini :


    Cara mendaftar CPNS via online pada bulan september  ✔ Cara Mendaftar CPNS September 2018 Via Online ( Lulusan SMA,D3 dan S1 )


    Kemana mengirimkan berkas lamaranya?


    Ada satu lagi,PO BOX NYA KEMANAA?

    Anda klik goresan pena PENGUMUMAN : di situ ada goresan pena unduh pengumuman bla bla,anda unduh sajaa,itu file PDF yang di dalam nya ada alamat lengkap PO BOX se indonesia.Silahkan kirimkan ke alamat PROVINSI sesuai kawasan tinggal anda atau sesuai dengan arahan yang ada.

    Untuk lebih membantu anda bila nanti anda dinyatakan lolos,berikut ada beberapa latihan soal-soal yang niscaya akan anda lalui ketika proses tes seleksi berlangsung,berikut soal-soalnya :


    - Materi cp-ns yang akurat persiapan tes CAT,CAD

    - Langkah persiapan dalam menyambut tes cp-ns

    - Latihan soal-soal psikotest kerja format PDF


    Demikian pembahasan wacana bagaimana cara Daftar atau Mendaftar CPNS melalui online tahun 2018 dengan memakai website resminya sebagai perantara.Semoga sanggup membantu anda.Terimakasih telah membaca,see uu.
    Sumber http://www.pujihartono.id

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "✔ Cara Mendaftar Cpns September 2018 Via Online ( Lulusan Sma,D3 Dan S1 )"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel