iklan

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh

Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh


Sedulurtani.com. Dalam melaksanakan budidaya tumbuhan teh sering kali kita menghadapi hambatan sebab hadirnya hama yang sanggup mengurangi nilai produksi. Salah satu hama utama yang biasa menyerang tanamaan teh, yaitu Helopeltis atau disebut juga dengan penghisap pucuk daun teh.


Taksonomi helopeltis :


Kingdom         : Animalia


Filum               : Arthopoda


Kelas               : Insekta


Ordo                : Hemiptera


Famili              : Miridae


Genus              : Helopeltis


Helopeltis atau disebut juga dengan kepik merupakan hama yang menyerang dengan cara menghisap pucuk dan daun yang masih muda. Akibat dari serangan tersebut menciptakan daun tampak kotor dengan bercak berwarna kecoklatan dan pada balasannya tumbuhan akan mati.


Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh
Hama Penghisap Pucuk Daun Teh (Helopeltis spp.)

Serangan yang terjadi pada belahan ranting mengakibatkan pembengkakan pada cabang, sehingga pertumbuhanya tidak normal.


Hama betina meletakkan telurnya pada belahan pucuk daun secara bersembunyi dan juga dimasukan pada urat daun teh. Selain itu, telur ini juga dimasukkan pada belahan ujung cabang yang gres saja dipangkas. Jumlah telur berkisaran 80 butir.


Nimfa mempunyai warna oranye kemerah-merahan. Sedangkan remaja berwarna hitam putih menjadi hitam kemerahan untuk Helopeltis antonii, dan hitam hijau untuk Helopeltis theivera.


Helopeltis remaja mempunyai tiang kecil mirip jarum yang terdapat pada belahan tengah punggung. Jangka hidup nimfa dari menetas hingga dengan remaja yaitu 3-5 ahad saja.


Untuk mengatasi hama helopeltis perlu dilakukan pengendalian secara cepat dan sempurna agar sanggup meminimalkan tingkat kerugian tanggapan serangan hama tersebut.


Berikut ini yaitu cara pengendalian hama penghisap pucuk daun teh :

Pengendalian hama helopeltis ini sanggup dilakukan dengan cara kultur teknis, yaitu memetik daun dengan daur petik 7 hari, proteksi pupuk secara berimbang, sanitasi (membersihkan) kebun, dan mekanis.


Selain itu, gunakan predator dari Helopeltis, mirip Hierodula dan Tenodera. Pengendalian secara kimia sanggup dilakukan dengan melaksanakan penyemprotan insektisida berbahan aktif carbaryl 85% dan amitraz.


Baca juga:



Demikian artikel tentang, cara mengendalikan hama helopeltis pada tumbuhan teh. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda.

Follow juga saya diFacebook.



Sumber https://www.sedulurtani.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Hama Penghisap Pucuk Daun Teh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel