iklan

9 Ciri Makhluk Hidup

Bertemu lagi dengan gurugooblog, yang kali ini akan membahas perihal Ciri-Ciri makhluk hidup. Ada 9 ciri yang harus dimiliki, semoga sesuatu tersebut dikatakam makhluk hidup, diantaranya :

Bernapas atau Respirasi 
ialah proses memasukkan oksigen ke dalam badan dan mengeluarkan gas zat-zat sisa. Dimana oksigen tersebut dipakai untuk merombak kuliner menjadi energi dan sebagai hasil sampingnya ialah gas sisa berupa karbondioksida

Bergerak
ialah berpindahnya sebagian atau seluruh bab badan makhluk hidup alasannya adanya rangsangan internal atau pun eksternal.

Membutuhkan Makanan dan Nutrisi
Makanan dan Nutrisi ini dipakai makhluk hidup sebagai sumber energi.

Tumbuh dan Berkembang
Tumbuh merupakan perubahan bentuk tubuh  terjadi akhir sel-sel dalam badan jumlahnya semakin banyak, sehingga volume badan menjadi bertambah dan bersifat irreversibel (tidak bisa kembali ke ukuran sebelumnya). Contoh batang pohon semakin meninggi.
Berkembang ialah proses perubahan menuju kedewasaan. Contoh kemampuan pohon mangga dalam berbunga dan berbuah.

Berkembang Biak (Reproduksi)
Adalah serangkaian proses untuk menghasilkan keturunan. Ada dua macam reproduksi. Reproduksi Seksual dan Asecual. 
Reproduksi Seksual/Generatif merupakan cara berkembang biak yang diawali dengan tahap peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin. Contoh mamalia melahirkan, unggas bertelur, dan tumbuhan menghasilkan biji.

Reproduksi Asecual/Vegetatif merupakan cara berkembang biak tanpa diawali dengan tahap peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin. Contoh pisang bertunas, amouba membelah diri untuk menghasilkan keturunan.

Peka Terhadap Rangsang (Iritabilitas)
Contohnya secara impulsif kita akan memejamkan mata ketika ada benda yang tiba-tiba mendekat. Contoh lainnya kalau ada seekor lalat yang hinggap di belakang badan sapi, maka secara impulsif sapi tersebut akan mengibaskan ekornya. Pada tumbuhan putri aib akan mengatupkan dauunya ketika kita sentuh.

Melakukan Metabolisme / Regulasi
Metabolisme merupakan proses kimia yang terjadi di dalam badan makhluk hidup. Hal-hal yang terkait dengan proses metabolisme ialah sistem pernapasan dan ekskresi.

Proses metabolisme dibagi menjadi 2, yaitu anabolisme dan katabolisme.

Anabolisme ialah proses metabolisme yang merubah beberapa senyawa organik sederhana menjadi senyawa kompleks. Contohnya ialah proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
Sedangkan katabolisme ialah proses penguraian senyawa kimia kompleks. Contohnya penguraian zat gula menjadi air dan karbondioksida pada manusia.

Mengeluarkan zat sisa
Zat sisa dalam badan makhluk hidup harus dikeluarkan alasannya bersifat racun. Pada insan dan binatang zat sisa dikeluarkan melalui sistem eksresi sedang pada tumbuhan melalui stomata dan lentisel.

Beradaptasi
Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi dengan lingkungan semoga bisa bertahan hidup. Ada 3 macam adaptasi.
Adaptasi Morfologi (Adaptasi Bentuk Tubuh)
Contoh : bentuk paruh burung berbeda-beda sesuai dengan makanannya.
Adaptasi Fisiologi (Adaptasi Fungsi Tubuh)
Contoh : Kita akan mengeluarkan keringat lebih banyak ketika suasan panas.
Adaptasi Tingkah Laku
Contoh : secara periodik paus muncul ke permukaan untuk mengambil nafas.


Sumber http://gurugooblog.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Ciri Makhluk Hidup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel