iklan

4 Cara Pemasaran Hasil Pertanian Memakai Media Online

Pemasaran hasil pertanian – Saat ini banyak sekali macam bisnis sudah semakin menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi. Pola – rujukan bisnis konvensional sudah mulai banyak ditinggalkan oleh para pengusaha. Saat ini rujukan bisnis bergerak ke arah bisnis dengan memanfaatkan pemasaran melalui dunia internet. Banyak pebisnis atau perusahaan – perusahaan besar yang sudah mulai berbagi pemasaran produknya dengan berbasis web. Bahkan transaksinya pun melalui online.


 Saat ini banyak sekali macam bisnis sudah semakin menyesuaikan dengan kemajuan teknologi infor 4 Cara Pemasaran Hasil Pertanian Menggunakan Media Online
Produk pertanian

Banyaknya perusahaan – perusahaan beralih  untuk memanfaatkan internet  sebagai sarana pemasaran disebabkan lantaran pangsa pasar yang sanggup dijangkau sangatlah luas. Anda sanggup berinteraksi dengan orang yang berada diluar tempat Anda dengan sangat mudah. Bahkan beda Negara sekalipun sanggup berinteraksi secara langsung. Kondisi menyerupai ini sangat menguntungkan. Dengan menampilkan produk Anda melalui website maka jutaan orang dari penggalan bumi manapun berpeluang untuk mengaksesnya. Lalu sanggup saja kemudian menjadi konsumen dari produk Anda.  Dunia Internet yaitu solusi bagi Anda yang ingin memasarkan warta produk Anda ke pasaran.


Banyak produk – produk yang sanggup Anda pasarkan melalui internet atau media online. Bahkan produk – produk hasil pertanian sudah mulai banyak dipasarkan melalui internet dan bertransaksi secara online. Pemasaran hasil pertanian melalui media internet sudah banyak dilakukan Negara – Negara lain. Negara maju menyerupai Jepang, Amerika Serikat dan Negara maju lainnya sudah melakukannya.


artikel peluang usaha: Peluang Usaha Memulai Bisnis Tanaman Hias, Lengkap


Pemasaran hasil pertanian melalui online sanggup meningkatkan penjualan para petani. Dengan memakai internet Anda sanggup memantau pemasaran produk dengan memakai website yang dibentuk khusus sebagai tempat bertransaksi. Proses pembayarannya pun cukup mudah, kalau ada konsumen berminat dengan produk Anda maka tinggal transfer uangnya ke rekening Anda. Kemudian Anda tinggal mengirim pesanan ke alamat konsumen.  Bisnis yang sangat praktis.  Keuntungan yang Anda dapatkan dalam pemasaran hasil pertanian melalui online yaitu sanggup menghemat biaya pemasaran. Efisiensi dan efektivitas dalam bekerjasama dengan konsumen pun terjaga dengan baik.


Permintaan produk – produk pertanian tidak akan pernah mati dan akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan lantaran produk pertanian yaitu kebutuhan pokok bagi manusia.  Kelemahan pemasaran hasil pertanian yaitu posisi tawarnya yang lemah kalau dibandingkan dengan produk lainnya. Hal ini disebabkan lantaran karakteristik ketahanan hasil pertanian yang berbeda dengan hasil industri.


Langkah awal memasarkan produk pertanian melalui internet ada beberapa tahap. Tahapan tersebut juga biasa dilakukan oleh Negara – Negara maju untuk melaksanakan pemasaran hasil pertanian.


Menggunakan Website


Dengan memakai website pemasaran hasil pertanian Anda berasa lebih mudah. Website Anda hendaknya berisi warta produk pertanian, daftar produk pertanian, dan gambar produk pertanian yang Anda jual.


Menggunakan Weblog


Hampir serupa dengan penggunaan website. Bedanya yaitu pemasaran hasil pertanian dengan memakai weblog Anda tidak membutuhkan biaya. Dengan kata lain gratis. Jangan lupa untuk memperlihatkan warta lengkap produk yang Anda jual. Cantumkan juga kontak yang sanggup dihubungi oleh konsumen Anda.


Menggunakan Email


Jika Anda memakai cara ini sebagai sarana pemasaran hasil pertanian, Anda harus mempunyai website atau weblog terlebih dahulu. Kemudian gres Anda sanggup memakai email untuk mempromosikan website Anda. Promosi sanggup berupa seruan kepada alamat email yang Anda kirim dengan mencantumkan link website Anda. Sehingga peserta email Anda tinggal meng klik alamat website Anda dan eksklusif masuk ke halaman utama website. Diharapkan dengan berkunjung ke website Anda peserta email akan tertarik dengan salah satu produk yang ditawarkan.


 Saat ini banyak sekali macam bisnis sudah semakin menyesuaikan dengan kemajuan teknologi infor 4 Cara Pemasaran Hasil Pertanian Menggunakan Media Online
Langkah bisnis online pertanian

Menggunakan Media Sosial ( Facebook, Twitter, Instagram )


Saat ini fenomena media umum sedang marak. Selain menjalin korelasi dengan para kolega, Anda sanggup juga memakai facebook sebagai sarana pemasaran hasil pertanian Anda. Misal di facebook, ketika ini sudah banyak yang memasarkan hasil pertanian memakai facebook. Banyak grup – grup jual beli hasil pertanian di facebook. Jika Anda berminat, Anda sanggup eksklusif gabung ke grup tersebut sebagai media pemasaran hasil pertanian Anda. Jumlah yang bergabung dalam satu grup pun tidak sedikit, sanggup hingga ratusan bahkan ribuan orang. Sangat menjanjikan sekali.


Adapun kelebihan yang didapatkan kalau Anda memakai internet sebagai media pemasaran hasil pertanian Anda yaitu sebagai berikut:



  • Jangkauan pemasaran hasil pertanian yang luas. Tidak hanya dalam negeri saja, tetapi pangsa pasar luar negeri pun sanggup Anda jangkau.

  • Bisa Anda kerjakan dimana saja. Perkembangan pemasaran hasil pertanian sanggup Anda pantau di rumah, kantor atau dari mana saja. Tentunya memakai media handphone, laptop atau komputer rumah Anda.

  • Tidak menyerupai toko konvensional biasa dimana ada batasan waktu untuk penjualan produknya. Dengan internet Toko online Anda sanggup online 24 jam dalam melaksanakan pemasaran hasil pertanian Anda.

  • Biaya yang dikeluarkan relatif kecil tetapi laba yang didapat sanggup berlipat.

  • Perusahaan kecil pun sanggup mempunyai daya saing dalam pemasaran melalui internet.

  • Tenaga kerja yang diharapkan tidak banyak. Anda sanggup menghemat honor karyawan.

  • Mempermudah Anda dalam mendapat kolega bisnis. Dengan semakin banyak kolega maka pemasaran hasil pertanian Anda akan lebih gampang dilakukan.

  • Selain melaksanakan pemasaran hasil pertanian, Anda juga sanggup mendapat warta dan teknologi terbaru perihal dunia pertanian. Sehingga sanggup meningkatkan hasil pertanian Anda.


artikel terkait usaha: Tips Ternak Ayam Arab Keuntungan Besar


Masih banyak manfaat lain yang sanggup Anda dapatkan dengan memakai internet sebagai media pemasaran hasil pertanian. Sudah selayaknya petani di Indonesia dikenalkan dengan metode pemasaran dengan media internet. Untuk itu diharapkan segenap santunan dari pemerintah, LSM serta sarjana – sarjana pertanian untuk menambah pengetahuan perihal dunia internet kepada para petani.  


 Saat ini banyak sekali macam bisnis sudah semakin menyesuaikan dengan kemajuan teknologi infor 4 Cara Pemasaran Hasil Pertanian Menggunakan Media Online
Produk ekspor pertanian

Jika pemasaran hasil pertanian melalui internet sanggup dilakukan dengan baik tidak hanya petani saja yang diuntungkan tapi juga Negara. Pengoptimalan pemasaran memakai internet memungkinkan perjuangan pertanian sanggup semakin maju, menekan kemiskinan dan sanggup mensejahterakan petani di Indonesia.


sumber gambar: ditgo, langkahbisnis, sistempertanianterpadu


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Pemasaran Hasil Pertanian Memakai Media Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel